Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tanam Dan Budidaya Jahe Merah Serta Peluang Usahanya Saat Ini

Sahabat pandbis semua, salah satu peluang usaha budidaya tanaman paling mengungkan saat ini yaitu budidaya jahe merah. Semua tahu jika tanaman berbentuk rimpang ini memiliki banyak khasiat untuk Kesehatan. Pada jahe jenis ini terdapat kandungan senyawa kimia yang bagus untuk kesehatan, jahe ini juga memiliki banyak kandungan minyak atsiri yang tinggi. Karena itulah jahe lebih-lebih jahe merah banyak permintaannya.

Bagaimana Cara Menanam Jahe Merah?

Cara menanam jahe merah sebenarnya gampang kok, karena tanaman ini mudah untuk dibudidayakan. kalian yang tertarik untuk menanam jahe merah dapat menaruhnya di ladang, pekarangan rumah, atau didalam media tanam polybag ataupun pot tanaman. 


media tanam jahe merah


Untuk pemula kalian dapat membeli bibit jahe merah terlebih dahulu, cari petani jahe merah didekat kalian yang menyediakan bibit, atau kalian dapat membelinya secara online karena banyak yang sudah jual bibit jahe jenis ini di toko online terpercaya. Pilihlah bibit yang benar-benar kualitasnya bagus.

Dalam penanaman jahe merah yang ditanam yaitu rimpangnya. Pilihlah rimpang jahe merah yang sudah bertunas dan tanamlah di lahan yang sudah disediakan, dan atau di media tanam seperti polybag, karung beras atau pot yang sudah diisi dengan tanah yang subur. Biasanya untuk membuat tanah tempat menanamnya yaitu tanah hitam dicampur dengan pupuk kohe (kotoran hewan) sapi dicampur lagi dengan abu sekam padi.

Setelah jahe ditanam, tutup kembali dengan tanah kemudian siram dengan air secukupnya. Salah satu penyakit pada jahe merah yaitu munculnya jamur, untuk mencegahnya kalian dapat memakai obat jenis furadan sebagai antisipasi agar tidak muncul jamur.

Lakukanlah penyiraman tanaman secara rutin minimal sehari sekali, namun jangan terlalu banyak dalam penyiraman agar kelembapan tanah terjaga sehingga tunas jahe cepat tumbuh dan sehat. Biasanya dalam satu minggu tunas jahe sudah kelihatan tumbuh keluar, jika tidak juga tumbuh silahkan periksa dan ganti dengan bibit baru jika memang tunas benar-benar tidak dapat tumbuh.

Bagaimana Cara Perawatan dan Pemupukan Tanaman Jahe Merah?

perawatan tanaman jahe merah

Untuk perawatan kalian dapat melakukan penyiraman secara normal, sedangkan untuk pupuk dapat memakai pupuk kendang atau Kohe (kotoran hewan) dan jenis pupuk organik lainnya agar tanaman jahe sehat dan berkualitas.

Apa Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Jahe Merah?

Semua tanaman pasti memiliki hama dan penyakit tertentu yang dapat merusak kualitas tanaman tersebut. Beberapa hama pada jahe merah umumnya yaitu seperti ulat akar, kepik dan kumbang. Lakukan penanganan hama jahe merah ini dengan insektisida jenis organic yang memang dianjurkan.

hama-penyakit-pada-jahe-merah

Sedangkan untuk jenis penyakit umum pada jahe merah ini yaitu jamur, pembusukan pada rimpang jahe, bakteri yang menyebabkan layu dan juga penyakit bercak daun. Ara mengantisipasinya yaitu dengan menjaga kualitas benih dan sanitasi pada area tanam serta menjaga kualitas kelemaban tanah.

Kapan Usia Panen Jahe Merah?

Untuk jenis jahe merah ini rata-rata usia panen normal untuk konsumsi yaitu antara 7 – 8 bulan. Sementara jika mau dipakai untuk bibit maka bikin hingga usia antara 9 – 1 tahun. 

tanaman jahe merah

Apa Khasiat Jahe Merah?

Bicara tentang khasiat jahe merah sudah bukan rahasia lagi jika jenis jahe ini memiliki banyak sekali kandungan manfaat didalamnya yang berguna untuk Kesehatan tubuh. Untuk selengkapnya tentang khasiatnya silahkan baca jenis manfaat jahe merah untuk Kesehatan tubuh.

Bagaimana Peluang Bisnis Jahe Merah?

Dengan begitu banyaknya manfaat yang dimiliki jahe merah, jelas membuat harga jahe jenis ini tergolong tinggi dan tinggi permintaannya. Sementara pasar masih terbuka lebar untuk menjual hasil panen jahe merah. Untuk harga jual jahe merah per kilo gram saat ini berkisar antara Rp. 30.000,- s.d. Rp. 50.000,-. Bahkan bisa mencapai ratusan ribu rupiah, tergantung tingginya permintaan pasar jahe merah.

Kondisi ini jelas dapat kalian jadikan sebagai usaha sampingan di rumah atau jika serius dan memiliki lahan luas serta sudah memiliki pemasaran, kalian dapat fokus jadikan ini sebagai lahan bisnis menguntungkan.

Terkait peluang usaha jahe merah dan keuntungan bisnisnya, selengkapnya silahkan lihat review lengkapnya pada video berikut ini.


Itulah sedikit penjelasan tentang peluang bisnis budidaya jahe merah dan cara penanaman serta perawatannya. Semoga apa yang pandbis bagikan ini dapat memberikan manfaat untuk kalian yang memang membutuhkan referensi tentang usaha budidaya tanaman jahe merah.

A Nur
A Nur Hanya manusia biasa yang suka menulis. Dengan sedikit pengetahuannya berharap dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada orang lain.