Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Dan Cara Menjadi Seorang Pendengar Yang Baik

menjadi pendengar yang baik

Hallo sahabat pandbis tercinta, apa kabar semua, semoga sahabat dalam keadaan baik dan diberikan kesuksesan dalam setiap usaha.

Tahukah sahabat jika salah satu cara mendapatkan informasi yang benar dan lengkap tentang suatu hal, maka kita harus mau dan bisa menjadi pendegar yang baik. ini sudah pakem dan mesti kita pahami. 

Menjadi Pendengar yang baik memang tidak mudah, karena ini berkaitan dengan posisi dan perasaan lawan bicara. Banyak orang yang bagus menjadi seorang penasehat dan pembicara namun tidak bagus menjadi seorang pendengar.

Pendengar yang baik hendakya mampu membuat seorang yang sebagai sumber pendengar menjadi yakin/tidak ragu untuk mengatakan hal-hal yang ingin di dengarkan sehingga dia lebih rileks, nyaman, dan menyukai sahabat sebagai pendengarnya.

Sebagai pendengar harus memperhatikan kondisi, waktu, perasaan lawan bicara, dan menghargai apa yang di dengarkan.

Bagaimana cara menjadi pendengar yang baik? Untuk menjadi seorang pendengar yang baik, berikut ini pandbis ada sedikit tips yang bisa sahabat terapkan.

1. Kita harus fokus pada lawan bicara

Sesibuk apapun sahabat, hentikan sementara sifat multitasking saat sedang mendengarkan lawan bicara. Tunjukkan bahwa sahabat benar-benar fokus pada apa yang sedang dibicarakan. Simpan dulu ponsel sahabat, abaikan dulu bunyi ringtone yang mengganggu pembicaraan (kecuali jika itu benar-benar urgent dan penting), dan pastikan sahabat tidak melewatkan sedikitpun bahan atau materi obrolan.

2. Jangan memotong pembicaraan. Hindarilah ini !

Bereaksi dengan memotong atau menyela ditengah saat teman sedang berbicara, ini bukan hal yang baik untuk dilakukan, terutama saat suatu obrolan semakin serius. Selain tidak menunjukkan etika yang baik, memotong pembicaraan juga terkesan tidak menunjukkan hormat pada lawan bicara. Maka jika ada hal yang perlu ditanyakan, tahan dan bersabarlah sampai lawan bicara menyelesaikan kalimatnya.

3. Cobalah Untuk Menunjukkan Reaksi Sahabat

Ini penting dilakukan, cobalah sahabat tunjukkan sikap fokus mendengarkan ceritanya dengan menjaga kontak mata dan melihat langsung pada lawan bicara. Tunjukkan pula reaksi sahabat dengan ekspresi wajah, seperti mengangguk atau mengernyitkan dahi.

4. Mencoba Untuk Membuka Pikiran

Disini sahabat perlu mencoba untuk memposisikan diri sebagai lawan bicara. Rasakan apa yang dialaminya. Dan ingat juga untuk menghindari sikap terlalu banyak berasumsi atau bahkan menghakimi dengan pola pikir yang sempit. Cobalah membuka pikiran sahabat atas kondisi yang teman alami secara keseluruhan, tidak hanya obrolannya saja. Jangan menyimpulkan hanya dari satu sudut pandang saja, cobalah lihat dari berbagai sudut. Dan juga hindari sikap lebib fokus pada diri sendiri, fokuslah pada permasalahan teman bicara.

5. Jangan Curhat Balik Dengan Masalah Sendiri

Saat ada lawan bicara dan mengeluarkan keluhannya, sahabat mungkin akan terdorong untuk menceritakan pengalaman yang sama yang pernah sahabat alami. Ingat bahwa dalam hal ini fokus pembicaraan ada pada masalah lawan bicara sahabat, bukan pada diri sahabat. Jangan sampai rekan sahabat yang mau curhat, malah balik menerima curhatan dari sahabat.

6. Bersikap Aktif Dalam Merespon Obrolan

Ketahuilah bahwa diri seorang pendengar yang baik itu tidak akan hanya menyediakan telinganya untuk lawan bicaranya. Namun dalam mendengarkan suatu obrolan, seorang sahabat juga harus aktif memberi respon. Jangan hanya sekedar berkata “Oh…” dan “Ya, kemudian bilang "lalu?” tapi sampaikan juga penilaian dan pendapat sahabat tentang apa yang sedang dibicarakan.

7. Berikan Motivasi Dan Masukan

Sahabat yang baik biasanya dia yang objektif dalam menilai sesuatu. Ketika teman bicara kita kalian anggap kurang tepat atas menyikapi suatu hal, maka sampaikan dengan kata-kata yang tidak menyinggung jika prnilaian dia itu kurang tepat. Ingatkan dia ketika lupa dan berikan motivasi kepadanya saat dia sahabat lihat membutuhkannya.

Itulah beberapa 7 tips tentang cara menjadi seorang pendengar yang baik, semoga  apa yang pandbis bagikan ini dapat bermanfaat.

A Nur
A Nur Hanya manusia biasa yang suka menulis. Dengan sedikit pengetahuannya berharap dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada orang lain.