Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Alasan Penting! Mencintai Diri Sendiri (Love Your Self) Itu Wajib

Kalimat pegangannya begini “Jika kalian tidak mencintai diri sendiri, bagaimana mungkin bisa mencintai orang lain”. Jadi mencintai diri sendiri merupakan hal penting dan wajib yang harus kalian lakukan dalam hidup kalian. Kebahagiaan yang kalian rasakan juga bergantung dari bagaimana kalian mencintai diri sendiri dan hidup kalian. Jika kalian dapat mencintai diri sendiri (Love Your Self) dengan baik, maka akan lebih mudah bagi kalian untuk merasakan bahagia.


“Kebahagiaan itu tergantung pada bagaimana dirimu mencintai dan menikmati hidup, bagaimana dirimu bisa mensyukuri katunia Tuhan, dan bagaimana dirimu mencintai diri sendiri”,  Seorang Aristotle juga mengatakan demikian. 


Saya pernah membaca buku best seller dan didalamnya ada ungkapan yang menurut saya dalam banget maknanya. 

“Pohon itu tumbuh dari biji, jadi pada setiap biji sudah ada pohon, begitu juga dengan kebahagiaan ia inhern, menyatu dalam diri kita.


Maka penegasannya yaitu bagaimana seseorang bisa mencintai orang lain, jika dirinya sendiri tidak dia cintai? Disini kalian jangan berpikir negatif ya, karena ada anggapan bahwa orang yang lebih mencintai dirinya sendiri itu dianggap egois. Ini konteksnya berbeda dari sikap egois itu sendiri, sikap egois lebih kepada perilaku negatif, tidak mau menganggap orang lain itu ada, tidak mau mendengarkan kata orang lain, dan tidak memperdulikan orang lain.  Sedangkan “love your self” adalah sikap bagaimana kita belajar menerima keadaan diri kita, belajar mencintai diri, dan mensyukuri apa yang diberikan Tuhan untuk kita. 

Terkait apa itu egois dan bagaimana mengendalikannya silahkan kalian baca postingan tentang mengurangi sifat egois dan melatih kesabaran diri yang sudah lebih dulu pandbis bahas di blog ini.


Dan berikut adalah beberapa alasan yang mesti kalian tahu, bahwa mencintai diri sendiri itu bukan berarti bersikap egois.


sikap-mencintai-diri-sendiri-love-your-self

1. Tidak Mencintai Diri Sendiri Adalah Ego


Alasan pertama ini kebalikan dari anggapan yang ada. Justru tidak mencintai diri sendiri itu merupakan sebuah Ego. Sangat menusiawi jika seseorang menginginkan suatu hal yang belum di miliki atau menginginkan lebih dari apa yang telah di miliki. Tapi bukan berarti dengan kekurangan yang ada, lalu serta merta menganggap bahwa dirinya kurang ini kurang itu. Sehingga membuat kalian menjadi pribadi yang kurang bercaya diri bahkan kurang syukur dengan apa yang telah Tuhan angugerahkan. Tuhan menciptakan Kalian dengan sempurna, syukuri nikmat yang telah diberikan dengan mencintai diri. Jangan pernah berpikir Kalian adalah seseorang yang tak pantas dicintai, padahal Tuhan telah memberikan segala hal yang Kalian butuhkan, Tuhan mencintai Kalian. Mengapa Kalian tak bisa mencintai diri Kalian sendiri?

2. Mencintai Diri Sendiri Bukan Berarti Egois


Ini alasan penegasan dari penjelasan diawal bahwa mencintai diri sendiri bukanlah berarti egois. Cinta pada diri sendiri menjadi dasar bagi Kalian untuk mencintai orang lain. Mencintai orang lain tanpa mencintai diri sendiri berarti Kalian tidak benar-benar mencintai orang lain. Kalian justru akan membebaninya dengan pikiran negatif, penyesalan, dan perasaan Kalian karena tak mencintai diri Kalian sendiri.

3. Apa Yang Dipikirkan Orang Lain Bukan Urusan Kalian


Jika kalian membenci diri sendiri karena orang lain, sebaiknya segera berpikir ulang. Sebenarnya, apapun jalan yang Kalian pilih, pasti ada aja yang tidak sepaham atau sependapat dengan ilihan itu. Maka fokuslah untuk melakukan yang terbaik tanpa menghiraukan para haters yang hampir selalu ada dalam kehidupan. Kalimatnya begini “Bukan  tugas Anda untuk menyukaiku, ini tugasku (Byron katie)”. Memang terkadang dalam melangkah atau menentukan suatu pilihan kita membutuhkan nasehat dan pertimbangan dari pihak lain, namun bukan berarti kita kemudian melupakan kata hati sendiri. Dengarkan kata hati kalian dan melangkahlah dengan pilihan yang telah Kalian pilih.

4. Apa Yang Kalian Pikirkan Adalah Urusan Kalian

Pernah enggak kalian merasa bahwa kadang kalian lebih terlalu sibuk untuk mendengarkan saran orang lain sehingga melupakan kata hati sendiri. Meminta saran orang lain itu perlu namun jangan kalian terus terbuai dengan saran-saran tersebut. Jadikan saran sebagai masukan untuk bahan pertimbangan dan menambah wawasan pikiran, dan kalian tetaplah fokus pada hati dan keyakinan. Karena sejatinya pikiran kalian ada dalam kendali kalian sendiri. Tetapi seringkali kita tidak melatih kontrol tersebut dan membiarkan pikiran negatif menguasai diri. “Apa aku bisa melakukan ini?” “ bisa nggak ya, bisa nggak ya?”. Keraguan dan perasaan tidak yakin salah satunya. 


Cobalah mengontrol diri kalian untuk menjadi pribadi yang positif, singkirkan segala penghalang yang ada dalam pikiran, kemudian melangkahlah dengan keyakinan.


Itulah empat hal penting yang mendasari jika Love Your Self itu bukianlah sikap yang egois, dan justru kita harus dapat mencintai diri sendiri karena itu sebagai pondasi untuk kita bisa mencintai orang lain.

A Nur
A Nur Hanya manusia biasa yang suka menulis. Dengan sedikit pengetahuannya berharap dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada orang lain.