Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Disiplin Dan Menghargai Waktu Serta Cara Memanfaatkanya Dengan Baik

Untuk mencapai tujuan dan keberhasilan dalam hidup ini, ada dua hal penting yang harus kita perhatikan dan benar-benar diterapkan yaitu disiplin dan menghargai waktu. Ini penting karena setiap waktu yang ada ibarat peluang emas yang harus selalu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jika kalian ditanya oleh orang lain,  tentang hal apakah yang paling berharga dalam hidup kalian? Tentu jawaban yang paling tepat yang harus kalian katakan  adalah ‘WAKTU”.  Alasannya yaitu karena hidup ini selalu diatur dengan waktu, per detik, menit, dan jam sebagai bukti jika waktu terus berputar, waktu yang telah terlewat jelas tidak akan bisa lagi diulang kembali. Itulah kenapa jawaban waktu adalah hal yang paling berharga yang harus selalu kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Tanpa adanya sebuah waktu, maka roda kehidupan ini tak akan dapat berjalan dengan semestinya, karena waktulah yang mengatur semuanya.

Dalam Islam sendiri telah mengajarkan kepada pemeluknya untuk bisa hidup kreatif dan selalu menghargai waktu serta dapat menggunakan waktu tersebut sebaik-baiknya. Islam melarang kita untuk menunda-nunda suatu perkara yang baik.

menghargai-waktu

Dalam Al-Qur’an surat Al-A`shr , ayat 1-4, Allah telah berfirman mengenai pentingnya menghargai dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya:

“Demi masa, Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian. Terkecuali orang-orang yang beriman dan selalu mengerjakan amal saleh dan saling nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”.

Anjuran lainnya yaitu belajar menghargai waktu dan mengelolanya dengan sebaik-baiknya. Menghargai waktu sangatlah penting dilakukan oleh setiap manusia, bukan sekedar menghargai namun juga mengelola waktu dengan sebaik-baiknya. Kalian tahu bahwa mereka orang-orang yang hebat dan meraih sukses dalam hidupnya adalah mereka yang mampu memanage waktu secara baik.

Disini yang terbaik dan paling pas sebagai role model semua orang adalah beliau Rasul Muhammad SAW.  Beliau adalah sosok teladan terbaik untuk kita dalam urusan apapun, termasuk disiplin dan menghargai waktu. Catatannya kali ini yaitu “hargailah waktu luang sebelum datang masa sibuk dan jauhi angan-angan yang kosong”.

Nabi SAW. Telah menganjurkan menjaga 5 (lima) hal atas 5 (lima) hal pula, sesuai yang diriwayatkan oleh Ibnu Abas Ra berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda:
Kita diharuskan dapat “Memanfaatkan lima keadaan/kondisi sebelum datangnya lima, yaitu; (1) masa hidup sebelum datang matimu, (2) masa sehatmu sebelum sakitmu, (3) masa luangmu sebelum masa sibukmu, (4) masa muda sebelum masa tuamu dan (5) masa kayamu sebelum masa fakirmu”.

Note penting untuk diingat : * Satu hal sifat orang yang senang menunda-nunda pekerjaan adalah karena senang berangan-angan sehingga sukar sekali mewujudkan melalui tindakan nyata.

Sahabat Nabi Umar bin Khattab Radhiallau anhu (Ra) berkata : 
“Jika engkau di waktu sore, maka janganlah engkau menunggu pagi dan jika engkau di waktu pagi, maka janganlah menunggu sore dan pergunakanlah waktu dimasa sehatmu sebelum masa sakitmu dan waktu hidupmu sebelum kamu mati”. (HR Bukhari) 

Melihat dari perkataan Sahabat Umar bin Khattab Ra diatas dapat dipahami bahwa anjuran agar setiap mukmin menghargai waktu mempersedikit angan-angan. Janganlah menunda amal yang dapat dilakukan pada pagi hari sampai datang sore hari, tetapi hendaklah segera dilaksanakan.

Al-Qur’an banyak memberikan dalil-dalil kaitanya dengan ini. Ada keterangan yang menjelaskan bahwa Allah begitu mencela angan-angan dan kepada orang yang panjang angan-angan”  sebagaimana dalam Firman-Nya :
“Biarkanlah mereka (orang-orang kafir) makan dan bersenang-senang serta dilengahkan oleh angan-angan, maka kelak mereka akan mengetahui akibatnya”. (QS. 15 : 3)

Disini dapat dipahami bahwa kunci dari sebuah kesuksesan yaitu dari bagaimana kita mampu menggunakan setiap waktu yang ada dan tersedia ini sebaik-baiknya. Dengan dapat memanfaatkan waktu dengan baik, menerapkan hidup disiplin, dan selalu bekerja keras seseorang akan dapat mencapai impian-impiannya.

Terkait bagaimana cara memanfaatkan waktu dengan baik dan menerapkan hidup disiplin untuk membangun hidup ke level yang lebih baik, pandbis kali ini ada semacam rangkaian kalimat motivasi dan renungan yang mungkin dapat membantu kalian untuk mengerti arti sebuah kesuksesan dan bagaimana sebaiknya menggunakan waktu yang ada dengan perasaan yang tenang, damai, dan optimis.
Aku akan memulainya dengan ucapan rasa syukur dan senyuman, bukan dengan KRITIK. Aku akan menghargai setiap detik, setiap menit dan jam, karena tak sedetikpun itu dapat ditarik kembali.

Hari ini tidak akan kusia-siakan kembali seperti waktu lalu yang terbuang percuma. Hari ini juga takkan ku isi dengan rasa kecemasan tentang apa yang akan terjadi esok hari.

Sekarang akan ku pakai waktuku untuk membuat sesuatu yang kuidamkan dapat terjadi. Hari ini aku akan belajar lagi untuk mampu mengubah diri sendiri. Hari ini waktuku akan kuisi dengan sebuah KARYA. Akan kutinggalkan angan-angan yang selalu mengatakan: “Aku akan melakukan sesuatu jika nanti keadaan berubah”. Dan jikalau keadaan tetap sama saja, dengan kemurahanNYA aku tetap akan sukses dengan apa yang ada padaku.

Hari ini aku akan berhenti berkata: “Aku tidak punya waktu lagi”. Karena aku tahu, aku tidak pernah mempunyai waktu untuk apapun. Jika aku ingin memiliki waktu, aku harus dapat meluangkanya. Hari ini akan kulalui sebaik-baiknya seolah ini hari ahirku, akan kulakukan hal yang terbaik dan tidak akan ku tunda sampai esok.

Sedikit apapun waktu yang tersedia, merupakan kesempatan yang tak boleh di sia-siakan. Mari pergunakan waktu kalian sebaik-baiknya. Jangan tunda lagi shingga hari esok, mulailah saat ini dan sekarang juga, karena kita semua tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi esok, apakah masih ada waktu yang tersisa untuk kita esok hari? kita tak tentu tak dapat menjawabnya.
A Nur
A Nur Hanya manusia biasa yang suka menulis. Dengan sedikit pengetahuannya berharap dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada orang lain.