Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kiat Hidup Hemat Agar Uang Tak Lewat Dan Habis Begitu Saja

Berhemat dengan membelanjakan uang sesuai dengan kebutuhan paling utama merupakan hal yang perlu dilakukan karena biar bagaimanapun terkait keuangan, kita itu harus dapat membuat skala prioritas kebutuhan, jadi harus dilihat mana kebutuhan dan mana keinginan.

Hemat pangkal kaya, begitu kata pepatah. Tapi hemat disini bukan berarti hidup pelit dan sama sekali tak rela membelanjakan uang ya. Hemat adalah berhati-hati dalam menggunakan uang untuk keperluan yang memang benar-benar butuh dan sangat di perlukan. Bukan untuk hal-hal yang sekedar ingin dan menuruti nafsu. Banyak yang ingin menerapkan kebiasan hemat dengan memiliki anggaran bulanan yang telah ditentukan di awal bulan. Namun sayang, walaupun sudah dibuat seperti itu tetap saja meleset. Alias kebobolan, budget yang sudah ditentuak sekian membengkak tak karuan. Kalau sudah demikian, apa daya yang mesti dilakukan. Gigit jari deh jadinya.

Untuk mengatasi problem keuangan anda, berikut ini pandbis.com akan bagikan kiat cermat berhemat dalam keuangan agar uang tak habis cuma-cuma dan tak ada guna. Kita harus pahami bahwa kebiasaan hidup boros menjadi salah satu penyebab seseorang susah kaya dan kesulitan dalam keuangan.

hidup_hemat


1. Hindari Impulsive Buying

Impulsive buying atau belanja sembarangan memang kerap kali tidak disadari.  Jalan-jalan sebentar atau browsing sebentar lihat barang-barang lucu langsung tergoda untuk membeli. Jika kita tidak mempunyai “pertahanan diri” yang kuat bisa-bisa uang kita lewat begitu saja. Tahu-tahu sudah terlanjur dan tinggal penyesalan yang menyusul di belakang. Nggak mau kan hal ini kejadian? Nah untuk mengatasi impulsive buying ini, usahakan tunggu sampai satu minggu. Setelah satu minggu pikirkan kembali barang yang akan anda beli. Jika anda ingin membeli barang itu, belilah. Namun jika anda tidak punya ketertarikan lagi dengan barang tersebut, berarti keinginan anda hanyalah impulsi.

2. Jangan belanja saat stres

Jangan jadikan belanja sebagai obat dikala stres jika tidak ingin uangmu terkuras habis dengan sukses. Stres memang kerap kali menimpa seseorang terutama perempuan. Dan saat stres melanda pengennya hunting menghibur diri katanya. Pengen nongkrong diluar cari angin segar, atau nggak jajan diluar sama teman-teman. Percaya-nggak percaya belanja saat sedang stres akan menguras dompet. Saat belanja sih perasaan berbunga-bunga, habis belanja tiba-tiba dompet kempes, malah tambah stres. Bukannya berkurang atau sembuh, eh malah makin menjadi. Rugi kan?

3. Cari alasan yang lebih rasional

Saat kamu tergoda untuk membeli sesuatu, pikirkan kembali mengapa kamu ingin membelinya. Temukan alasan rasional yang mendukungmu untuk menguatkan keinginanmu. Jangan Cuma satu alasan tapi tiga. Setelah kalian sudah menemukan alasan pendukungnya, temukan juga satu alasan yang dapat mencegahmu untuk tidak membeli barang itu. 
“ih, sepatunya lucu ya!”  Alasan pertama
“Harganya murah lagi, diskon 15 %. Budgetnya cukup nih.  Alasan kedua
“sabtu depan kan mau ada acara resepsi, ntar bisa dipakai”  Alasan ketiga
“emang sih bagus, murah lagi. Tapi apa harus hanya untuk resepsi pakai sepatu baru. Kan yang lama masih bisa bisa dipakai. Masih bagus juga”  alasan kenapa sebaiknya kamu tidak membeli barang itu.

4. Buka tabungan jangka panjang

Jika kamu khawatir tentang kebiasaan borosmu yang sudah tidak bisa direm lagi, sebaiknya mulailah buka tabungan jangka panjang. Dengan memiliki tabungan jangka panjang keinginanmu bolak-balik ambil uang di bank akan berkurang. Karena berbeda dari rekening biasa, deposito berjangka tidak bisa diambil seenaknya.uang tabunganmu bisa kembali saat depositomu  telah dicairkan oleh pihak bank. Jadi kamu akan lebih belajar berhemat deh.

Nah itulah empat hal tersebut diatas merupakan kiat dan cara ampuh untuk berhemat agar uang kalian tak habis begitu saja. Semoga apa yang pandbis bagikan ini bermanfaat dan mari selalu budayakan hidup hemat.
A Noe
A Noe Hanya manusia biasa yang suka menulis. Dengan sedikit pengetahuannya berharap dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada orang lain.