Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik-Teknik Dasar Fotografi Pemula Yang Wajib Dikuasai Seorang Fotografer

Menyalurkan bakat untuk menjadi seorang fotografer merupakan pilihan menarik yang harus terus dikembangkan. Fotografer sukses dan profesional adalah mereka yang mau terus berusaha dan belajar untuk menghasilkan foto unik dan menarik juga jadi yang terbaik. Kedengaranya memang enak dan mengasikkan, namun perlu kalian pahami bahwa ada beberapa teknik dasar fotografi yang harus dikuasai ketika seseorang ingin belajar menjadi fotografer.

Hobi dan kegemaran sahabat jeprat-jepret menggunakan kamera tentu harus menjadi dasar sahabat untuk terus mengembangkannya menjadi sebuah bakat yang membawa berkah nantinya. banyak orang yang sukses menjadi fotografer terkenal dengan penghasilan tinggi.

Penting untuk diketahui bahwa menjadi seorang fotografer harus tahu dasar-dasar photography yang benar. Sebagai bahan tambahan belajar,  di kesempatan ini kami bagikan Teknik Dasar Fotografi pemula buat kalian yang ingin serius menekuni dunia fotografi atau hanya sekedar hobi saja juga gak papa.

teknik-dasar-fotografi

Setidaknya ada lima hal penting yang harus dikuasai seorang fotografer pemula sebagai dasar pengetahuanya dibidang ini. apa sajakah kelima dasar itu? Silahkan simak uraian berikut ini:

1. Posisi Memegang Kamera

Cara memegang kamera yang benar yaitu; Tangan kanan memegang kamera bagian kanan, sedangkan jari telunjuk menempel pada tombol pelepas rana dan tangan kiri menahan kamera supaya bobot kamera seimbang dan tidak terjadi goncangan. Sedangkan pada jenis kamera yang masih manual maka pastikan jempol dan telunjuk tangan kiri memegang gelang pengatur jarak untuk penajaman obyek dan kamera di dekatkan pada mata.

2. Posisi Membidik Yang Benar

Dalam membidik sebaiknya sahabat perhatikan posisi membidik yang benar dan tepat. Selalu perhatikan akan kestabilan pemotretan agar kamera diam dan tidak goyang yang mengakibatkan gambar kabur. Membidik objek dapat dilakukan dengan posisi berdiri, jongkok dan posisi tiarap. Cara membidik objek dengan kamera pada posisi berdiri yaitu pastikan kaki kiri pemotret agak maju, lalu posisi tangan harus memegang kamera baik secara horizontal maupun vertical. Jika posisi kamera terlalu tinggi terhadap objek, lutut kaki agak di tekuk. Jangan menundukkan kepala atau membungkukkan badan ke depan.

Untuk posisi jongkok, kaki kanan pemotret berlutut di tanah atau lantai. Kaki kiri membentuk siku-siku untuk sandaran siku tangan kiri. Pada posisi tiarap posisi pemotret tidur menelungkup dengan kedua siku bersandar pada tanah atau lantai. Kedua tangan memegang kamera dengan cara seperti yang telah disebutkan tadi.

3. Memotret Objek Foto

Ada banyak hal yang bisa menjadi objek foto.beberapa diantaranya akan dibahas dibawah ini. dalam memotret yang paling penting yaitu melihat objek, apa dan bagian objek mana yang mau dibidik. Gambar yang adapun harus tampak menjadi satu kesatuan utuh. Lalu bagaimana cara menempatkan objek pada saat memotret? Jawabanya yaitu dengan menempatkan objek utama yang jadi target bidikan berada ditengah foto.

4. Memotret Manusia

Selain memotret objek, bidikan selanjutnya yaitu memotret manusia. Mungkin saat memotret objek seperti pemandangan alam akan terlihat lebih mudah jika dibanding dengan memotret manusia. Namun agar hasil pemotretan objek manusia hasilnya memuaskan kalian harus memahami teknik dan pengaturan kamera dengan benar. Untuk memotret manusia sebenarnya dapat dilakukan dalam berbagai suasana dan juga pengaturannya, tergantung dari sifat foto yang mau diambil. Kalian dapat langsung memotret adegan tanpa mereka itu sadar atau kita sengaja melakukan pengaturan tertentu. Foto yang baik adalah yang dapat menangkap suasana dalam suatu adegan. Jika foto itu diatur, jangan sampai pose jadi kehilangan spontanitas atau tampak kaku. Yang terpenting jika foto objek itu diatur, pastikan agar semua orang yang difoto harus dalam posisi memandang ke kamera (kecuali jika dikehendaki berbeda). Hubungan antar orang dalam suatu hasil jepretan juga harus tampak. Perhatikanlah selalu supaya gambar tampak sebagai suatu kesatuan adegan dan tampak seimbang.

5. Memotret Pemandangan

Pemandangan alam dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu pemandangan darat, pemandangan laut dan pemandangan kota. Yang terpenting harus jeli melihat sudut-sudut yang indah atu menarik dari pemandangan alam itu. Pusat perhatian dalam foto tidak harus di tengah, tapi gambar harus tetap terlihat seimbang.

Kelima teknik dasar photografi diatas harus dikuasai oleh seorang fotografer dan terus dikembangkan agar nantinya bisa mahir dalam mengatur serta menyesuaikan lingkungan dan kondisi objek foto. Teruslah berkarya dan jangan pernah menyerah, semoga sahabat yang uka dengan fotografi dan ingin jadi fotografer profesional dapat terbantu dengan adanya postingan ini. Selamat belajar dan berkarya untuk semua.