Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memiliki Toko Online Gratis Dan Bebas Jualan Produk Paling Mudah

Toko Online merupakan tempat dimana kita dapat menjual dan membeli produk paling mudah saat ini. Kita dapat jual beli baik berupa barang ataupun jasa secara online dengan memanfaatkan internet. Sekarang ini Online Shop bukan lagi hal yang asing di telinga semua orang, karena dengan semakin canggihnya teknologi digital yang di support dengan murahnya internet menjadikan semua orang dengan mudah dapat akses internet dan membuat akun media sosial. Bahkan perkembangannya sudah masuk ke daerah perdesaan paling dalam sekalipun.

Membuat website toko online memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, selain itu pengelolaanya juga tidaklah semudah yang dibayangkan. Dan hal tersebutlah yang menjadi penghalang seseorang untuk berjualan dan memiliki toko online. Namun banyak jalan menuju roma, jadi sahabat tidakperlu berkecil hati masih ada cara lain untuk bisa memiliki toko online dengan mudah dan bahkan gratis.

Cara memiliki toko online gratis untuk tempat berjualan produk bukanlah hal yang sulit dan sebatas omonga saja. Dengan banyaknya layanan website dan sosial media yang ada memudahkan anda untuk membuka lapak di internet atau toko online sendiri secara gratis dan tentunya menguntungkan.

Online Marketing menjadi salah satu cara efektif dalam memasarkan produk berupa barang atau jasa yang sahabat miliki. Selain caranya relatif mudah dan simple serta memiliki jangkauan pasar yang sangat luas, jualan di internet juga dirasa lebih efesien dan mungkin lebih efektif.

Perkembangan dunia digital yang semakin maju berdampak besar terhadap kehidupan masyarakat luas. Dampak positif yang sangat signifikan dalam perkembangannya yaitu memberikan kemudahan dalam segala aktivitas kehidupan kita. Berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memudahkan kita dalam berinteraksi jauh, lintas kota, pulau bahkan lintas negara dan benua sekalipun.

toko_online

Dampak nyata lainya yang terjadi akibat arus informasi yang semakin masif dan mudah di dapatkan, membuat mobilitas manusia dituntut semakin cepat. Itu berlaku pada semua hal tanpa terkecuali. Contoh nyata ada di dunia marketing. Hal inilah yang menumbuhkan kreatifitas banyak orang dalam berbisnis yang tadinya ofline menjadi online. 

Saat tahun 1990-an banyak orang langsung akan mengerutkan dahi jika ditanya mengenai content manager, marketing online, content marketing, web editor, ataupun online shop. Kok tahun 90-an, bahkan tahun 2000-an awalpun semua profesi tersebut masih terasa tidak akrab di telinga kita. Namun berbeda dulu dan sekarang, dengan laju perkembangan dunia teknologi informasi saat ini, itulah profesi-profesi utama dalam dunia digital.

Dengan keyataan yang ada seperti sekarang ini, maka banyak orang berlomba-lomba untuk dapat memanfaatkan TIK untuk mendatangkan pundi-pundi uang, salah satunya dengan cara bisnis online dan mendapatkan uang dari internet baik melalui berjualan online ataupun online trading.

Tentu untuk berjualan di internet anda harus memiliki toko online, terserah mau toko online sendiri atau nitip ke milik orang lain yang jelas ketika orang mau berjualan tentu harus punya lapak.

Mungkin ketika anda mendengar toko online langsung terbayang dengan modal yang besar untuk membuatnya, butuh keahlian di bidang website, dan lainya. Tapi nanti dulu karena sahabat dapat memiliki dengan membuat toko online gratis sehingga nantinya kalian bisa pakai untuk menjual produk secara online di internet.

Lalu gimana caranya?

Kalau pepatah bilang, banyak jalan menuju roma.. hehe. Ketika anda belum bisa membuat toko online sendiri secara mandiri. ada banyak cara yang bisa dijadikan alternatif seperti dan berikut ini ulasanya.

1. Media Facebook

Selain sebagai media mencari pertemanan di internet, medsos dapat anda manfaatkan untuk berjualan secara online. Contohnya facebook yang saat ini banyak dipakai karena memang memudahkan kita dalam promosi produk ke banyak orang, dan gartis pula. Sahabat bisa membuat halaman facebook / Fanpage untuk mempromosikan produk anda. dan kaish informasi kontak yang jelas dan lengkap sehingga teman anda yang tertarik membeli produk kalian akan bisa dengan mudah menghubungi kalian selaku penjual.

Saat ini layanan facebook terbaru juga memudahkan kita dalam membuat toko online karena sudah menyertakan layanan store disitu. Kita dengan mudah dapat upload produk yang bisa kita jual kemudian share ke orang sebanyak-banyaknya. Facebook juga sudah terintegrasi dengan Whatsapp dan Instagram, jadi jangkauan marketing akan lebih luas.

Untuk memudahkan dan meyakinkan pembeli kalian juga dapat menambahkan tombol contact whatsapp di akun FB ataupun fanpage kalian. Dan jika ingin omzet lebih banyak lagi, kalian dapat mengeluarkan sedikit uang untuk beriklan di fb agar produk kalian semakin dikenal luas.

2. Media Instagram

Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak penggunanya saat ini. Mulai kalangan pejabat negara, politikus, birokrat, artis, hingga masyarakat biasa saat ini banyak yang menggunakan Instagram.

Instagram sendiri menjadi aplikasi berbagi foto yang paling populer karena kemudahan dalam penggunaanya. Kalian sebagai pelaku bisnis tentu harus memanfaatkan media ini untuk mempromosikan bisnis kalian. Instagram dapat sahabat jadikan sebagai media jual beli barang karena memang disitu mudah sekali upload gambar ataupun foto barang yang akan kalian jual. Silahkan tawarkan produk kalian dan cantumkan contact person disitu, sehingga jika ada orang tertarik dapat dengan mudah menghubungi kalian.

3. Layanan Blog Gratis

Banyak layanan blog gratis yang bisa anda manfaatkan untuk memasarkan produk anda. Sebuat saja seperti Blogspot.com, Wordpress.com, tumblr.com, dan lainya. Buatlah blog toko online gratis di layanan tersebut untuk memasarkan produk anda.

4. Buka Lapak Online Di Website Penyedia Lapak Gratis

Sekarang ini banyak website toko online yang menyediakan layanan gratis kepada para pedagang yang ingin menjual produknya. Sebut saja seperti Bukalapak.com, Olx, Elevenia, Dan tokopedia. Semua website tersebut memberikan peluang kepada anda untuk berjualan.

Anda bisa membuat akun disitu untuk membuat lapak, kemudian masukkan produk anda untuk dijual disitu

5. Jualan di Forum Jual Beli

Satu lagi layanan yang dapat anda manfaatkan untuk berjualan yaitu dengan bergabung ke forum jual beli. Sebut saja seperti Kaskus dan lainya. Disitu anda bebas berjualan produk barang atau jasa dengan catatan mematuhi aturan yang diterapkan dalam forum tersebut.

6. Grup WhatsApp

Kelebihan whatsapp adalah bisa langsung terkoneksi ke daftar kontak di handphone kita. Selain itu whatsapp penggunaanya relatif mudah dan tidak njelimet. Itulah mengapa semakin hari pengguna WA semakin bertambah.

Whatsapp juga memudahkan kita untuk membuat grup hingga ratusan anggota, nah di grup itu kita dapat menawarkan produk kita ke teman-teman tanpa harus bayar alias gratis.

7. Membuat Grup dan Channel di Telegram

Selain melalui media sosial seperti Fb, Ig, dan Wa. Telegram yang saat ini mulai banyak penggunanya di Indonesia juga dapat kalian jadikan media untuk berjualan produk. Buatlah Grup di Telegram ataupun channel dan tambahkan semua kontak telegram kalian ke situ. Lalu upload atau kirim dan promosikan produk baik jasa ataupun barang ke grup atau channel yang tadi kalian buat. Dengan begitu jika ada teman kalian yang tertarik akan order barang dengan kalian dengan mudah.

Dengan mengikuti panduan dalam artikel cara mudah berjualan online tersebut, sahabat akan bisa memiliki toko online gratis dan bisa bebas menjual produk apapun di internet. Asalkan jangan menjual produk yang dilarang secara hukum ya misalnya saja Nark*ba dll. Good Luck dan selamat mencoba peruntungan kalian.