Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Jika Ingin Menerbitkan Buku Sendiri (Self Publishing)

Menerbitkan buku sendiri atau bahasa lainya self publishing menjadi sebuah topik bahasan yang kali ini akan pandbis bahas. Banyak dari kita yang memiliki kemampuan menulis dan mampu menciptakan karya tulisan yang menarik, namun masih bingung bagaimana cara membuat tulisan itu menjadi sebuah buku yang berhak cipta dan legal untuk kemudian dapat sahabat jual secara resmi. Dan terkait itu kali ini pandbis akan jelaskan poin-pon penting tentang langkah menerbitkan buku sendiri secara mandiri atau istilahnya yaitu self publishing.

Jika sahabat ingin menerbitkan buku sendiri (self publishing) tidak harus mengurus sendiri segala sesuatunya seperti percetakan dan penerbitan buku. Yang menjadi kewajiban kalian jika ingin menerbitkan buku sendiri yaitu memiliki tulisan atau naskan yang menjadi bahan utama untuk membuat buku itu. Dan jika mampu untuk urusan lainya bisa kalian urus sendiri, atau jika tidak mampu dapat dengan menyerahkan urusan lainya ke pihak penerbit.

Langkah menerbitikan buku secara self publishing

Saat ini telah banyak penerbit buku yang secara khusus menawarkan ke kita guna membantu menerbitkan buku secara self publishing. Pada dasarnya para penerbit buku itu melakukan proses yang sama sebelum menerbitkan buku, yaitu mengedit naskah, membuat layout, dan sampai soal mengurus ISBN.

Baik sahabat pandbis, untuk penjelasan tentang langkah-langkah menerbitkan buku secara self publishing semuanya telah terpaparkan dalam uraianberikut ini:

1. Membuat dan Menyiapkan Naskah

Keberadaan Naskah adalah wajib hukumnya jika ingin menerbitkan buku sendiri. Apa yang mau diterbitkan jika tidak punya naskah? 

Disini naskah yang dibutuhkan adalah sebuah naskah yang utuh, yaitu naskah yang urut membentuk sebuah kesatuan cerita. Di dalam naskah itu ada tema, plot/alur, tokoh-tokoh dan peristiwa-peristiwa yang semuanya membingkai dalam kesatuan cerita. Sebaiknya baca dan baca kembali naskah sahabat sampai betul-betul bisa disimpulkan bahwa naskah itu layak diajukan ke penerbit.

2. Penyuntingan Naskah

Proses penyuntingan dilakukan dengan cara menyunting naskah, meliputi penggunaan EYD, tata bahasa dan susunan cerita. Proses editing bisa dilakukan oleh Sobat sendiri jika Sobat menginginkannya. Tapi jika tidak, sekarang banyak editor freelance yang bisa disewa, atau Sobat menyerahkan semua proses editing ini pada pihak penerbit.

3. Membuat Layout

Layout disebut juga tampilan. Sebelum dicetak, sebuah naskah harus dibuatkan layout dulu, meliputi ukuran kertas, jenis kertas cover, jenis kertas isi, tebal halaman, bentuk font dan template yang digunakan. Jika Sobat mampu membuat layout buku, ini adalah sebuah keunggulan tersendiri. Dan tentunya akan meringankan beban biaya penerbitan nanti. Sobat bisa menggunakan aplikasi seperti Microsoft Word.

4. Membuat Design Cover

Cover atau sampul buku merupakan bagian yang tidak bisa dianggap main-main, karena bagian inilah yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli. Cover yang menarik pasti akan merangsang minat orang untuk membeli buku tersebut. Jadi, buatlah cover dengan design yang menarik dan mencerminkan isi buku. Sobat bisa membuat desain cover dengan menggunakan aplikasi Corel Draw atau Photoshop.

5. Mengurus ISBN

Setiap buku yang akan diterbitkan, harus mendapat nomer identitas terlebih dulu dari kantor layanan ISBN. ISBN adalah singkatan dari International StSobatrd Book Number. Untuk pengurusan ISBN di Indonesia bisa datang ke kantor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Secara online bisa mengunjungi website: http://www.pnri.go.id.

Mengurus ISBN tidak membutuhkan biaya. Sobat hanya perlu menyerahkan berkas-berkas seperti:
  1. Surat pengantar dari penerbit yang disertai stempel penerbit
  2. Surat permohonan untuk buku yang ingin diterbitkan
  3. Foto Copy sampul buku depan
  4. Foto Copy sampul buku belakang
  5. Foto Copy kata pengantar
  6. Foto Copy daftar isi
  7. Foto Copy bab 1


Kelima hal tersebut diatas menjadi suatu syarat yang harus sahabat penuhi jika ingin menerbitkan buku mandiri secara self publishing. Dan selanjutnya terkait pemasaran dan lainya juga membutuhkan teknik serta strategi marketing khusus yang juga sudah harus sahabat pikirkan. Untuk itu sahabat dapat membicarakannya dengan pihak penerbit. 

Itulah hal-hal yang harus dipenuhi sebagai syarat jika ingin menerbitkan buku pribadi secara mandiri, semoga apa yang pandbis bagikan kali ini memberikan manfaat untuk sahabat pandbis tercinta.