11 Macam Jenis Kertas Dan Ukurannya

Kita sering menggunakan berbagai macam tipe ukuran dan jenis-jenis kertas dalam mendukung aktifitas sehari-hari, seperti urusan surat menyurat, belajar mengajar di sekolah, pekerjaan kantor, dan urusan-urusan lainya. Kebutuhan akan kertas begitu besar dan sangat penting kegunaanya bagi kehidupan ini.

Hampir setiap hari kita memegang kertas, namun apakah kalian tahu jenis-jenis kertas dan kegunaan nyayang sebenarnya?, Sekitar 50% masyarakat kita belum tahu tentang hal ini.

Gambar jenis-jenis kertas dan ukurannya

Macam-macam kertas banyak sekali, beragam tipe warna dan ukuran kertas selalu mengiasi kehidupan kita sehari-hari. Dari yang paling tipis hingga yang terbal, yang kasar dan yang halus semua memiliki kegunaanya sendiri-sendiri. Dan untuk kalian yang belum mengetahuinya, berikut ini pandbis bagikan jenis-jenis kertas lengkap dengan ukuran dan kegunaannya.

1. Kertas Dupleks

Secara fisik kertas dupleks memiliki tekstur yang sedikit kasar dan tebal, biasanya memiliki warna berbeda setiap sisi, satu sisi putih dan sisi lainya berwarna abu-abu. Sisi putih ada yang coated dan ada juga yang non coated. Kertas ini umum dipakai untuk pembuatan kardus packaging makanan maupun obat-obatan.

Untuk gramatur atau berat kertas dupleks ini mulai dari  berat 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr, 450 gr, sampai berat tertinggi yaitu 500 gr.

2. Kertas CWB (Coated White Board) atau duplex putih

Jenis ketas CWB secara umum sama seperti duplex cuma disini yang membedakan yaitu bagian dalamnya berwarna putih sehingga kelihatan lebih bersih. Kertas CWB ini banyak digunakan untuk box atau Dus dan juga untuk kemasana makanan.

Sedangkan untuk gramatur atau berat dari kertas CWB ini mulai dari berat 230 gr, 250 gr, dan 300 gr

3. BC/BW/Manila

Jenis kertas satu ini tentu sudah sering sahabat temui, kertas jenis BC/BW atau biasa dikenal dengan kertas Manila memiliki tekstur permukaan yang lebih halus namun tidak coated. Tersedia dalam beragam warna. Kertas Manila ini biasa digunakan untuk bahan mencetak kartu nama, sertifikat, piagam, dan lainya.

Sedangkan untuk berat atau ukuran gramatur dari kertas BW/BC/Manila ini mulai dari berat 160 gr, 220 gr, sampai berat tertinggi yaitu 250 gr.

4. Samson Craft Paper

Samson Craft dibuat dari bahan kertas yang berasal dari proses daur ulang, memiliki warna coklat. Kertas ini biasanya dipergunakan untuk membuat paperbag dan bungkus.

Kertas Samson Craft Paper memiliki ukuran berat/Gramatur yaitu 70gr dan 80 gr.

5. Yellow Board Paper

Kertas Yellow Board menjadi salah satu jenis kertas yang ada di tengah-tengah kita, kertas ini mudah ditemukan. Kertas Yellow Board dari segi fisik memiliki ukuran yang cukup tebal, kertas ini biasa digunakan untuk rangka dalam pada undangan hard cover. Kertas YB ini sendiri tak bisa dicetak offset, dan biasanya kertas YB ini dilapis dengan art paper atau juga dupleks.

Ari segi ukurannya, ada dua jenis kertas Yellow Board ini, yang dibedakan berdasarkan ukuran ketebalannya, yaitu dengan sebutan YB 30 gr dan YB 40 gr.

6. Corugoated/Kertas Karton

Kertas Corugoated atau lebih kita kenal dengan kertas karton yaitu jenis kertas dengan tekstur bergelombang, biasanya dipakai untuk kardus packing seperti kardus kemasan air mineral, makanan ringan dari pabrik, untuk kardus alat elektronik seperti komputer, TV, dan lainya. sifat kertas karton mirip dengan Yellow Board yaitu biasanya penggunaanya ditempel juga dengan kertas lain dan hanya dicetak dengan warna yang minimal. Sedangkan dari segi ukuran ketebalan dari kertas Corugoated ini yaitu dibedakan sebagai berikut:
  • White Double Wall Craft Medium
  • Double Craft Wall Medium Craft
  • Double Wall Craft Medium-Medium
  • Single Wall Craft Medium-Medium
  • Single Wall Craft Medium Craft
  • Efloat
7. Ivory Paper

Satu lagi dari jenis kertas yang mungkin bisa dibilang sama dengan art carton yaitu Ivory Paper, namun bedanya dengan art carton disini yaitu ivory hanya mempunyai satu sisi/bagian yang licin, sedangkan sisi lainya dari Ivory tanpa coating. Kertas Ivory sendiri banyak dipakai untuk membuat paperbag, kardus atau kotak kosmetik. Sedangkan dari segi karkteristiknya kertas ini cukuplah tebal.

Dari segi ukuran berat/gramaturnya, kertas Ivory memiliki ukuran berat mulai dari 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, hingga tertinggi yaitu 400 gr.

8. Kertas HVS

Untuk kertas HVS ini tentu sangat populer ditelinga kita semua dan bahkan setiap hari kita memegangnya. Kertas dengan bagian permukaan sedikit kasar ini biasa kita gunakan untuk mencetak dokumen seperti surat menyurat, makalah, skripsi, buku, dan dicetak melalui printer, dan juga mesin fotocopy atau mesin cetak lainya.

Sedangkan dari ukuran berat atau gramatur dari kertas HVS ini yaitu mulai dari berat 60 gr, 70 gr, 80 gr, sampai tertinggi yaitu 100 gr.

9. Art Paper

Art Paper yaitu Jenis kertas yang mempunyai tekstur permukaan yang licin dan halus. Kertas ini biasanya sering dipakai untuk mencetak lembar brosur, majalah, kalender, dan catalog, dan lainnya.

Untuk berat atau ukuran gramatur dari kertas Art ini yaitu mulai dari 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr sampai tertinggi yaitu 150 gr.

10. Art Carton

Kertas Art Carton merupakan salah satu jenis kertas yang krakteristiknya hampir sama dengan art paper, namun disini kertas Art Carton sedikit lebih tebal dari art paper. Kertas art carton ini sering dipakai untuk bahan mencetak kartu nama, sampul buku, brosur, paperbag , map, kalender, company profile, dan lainnya. 

Sedangkan untuk berat/gramatur dari kertas art carton ini yaitu mulai dari berat 190 gr, 210gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr, sampai yang tertinggi yaitu 400 gr.

11. Fancy Paper

Satu lagi jenis kertas yang perlu kita tahu yaitu Fancy Paper, kertas ini teksturnya sangat cantik dan memiliki beragam warna yang sangat menarik. Fancy Paper biasa digunakan sebagai kertas untuk membuat kartu undangan pernikahan. Kertas Fancy ini dari segi macamnya ada banyak, misalnya seperti jenis millennium, java emboss, jasmine, Hawaii dan lain-lainnya.

Untuk ukuran gramatur atau berat dari kertas fancy ini sendiri yaitu mulai dari 80 gr, 100 gr, 220 gr, hingga tertinggi 300 gr.

Macam-Macam Ukuran Kertas yang ada saat ini

Jika uraian diatas tadi kita bahas tentang jenis kertas berdasarkan nama, karakteristik dan ukuran tebalnya, maka kurang lengkap rasanya jika kita tidak menyinggung dari segi ukurannya.

Ukuran kertas sendiri sangat banyak, namun berdasarkan standart ISO ukuran kertas secara resmi terbagi kedalam 11 jenis yaitu mulai dari ukuran A0 hingga A10. Jenis ukuran kertas ini saat ini menjadi ukuran kertas standart bisnis, awalnya hanya dipakai di negara-negara yang memakai bahasa inggrism namun untuk saat ini hampir dipakai di semua negara dunia.

Untuk seri A disini saya katakan berdasarkan standar formal yang berlaku di dunia bisnis saat ini, ukuran kertas yang paling lebar yaitu A0, kemudian A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan terkecil yaitu A10.

Dan berikut ini pandbis sajikan dalam gambar ukuran kertas berbagai seri yang ada.

Gambar macam-macam ukuran kertas standart internasional

Ukuran kertas seri R

Jenis-jenis kertas, kegunaan dan ukurannya ini sangat penting untuk kitan ketahui, seiring berkembangnya teknologi maka secara tidak langsung membuat dunia grafis menjadi terus maju dan kebutuhan akan kertas sebagai penunjang kebutuhan usaha dan lainya juga meningkat. Itulah sahabat, semoga postingan kali ini memberikan manfaat buat kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel