Memahami Tentang pengertian CC Di Mesin Motor

Istilah CC pada mesin motor tentu bukan hal asing ditelinga kita semua. Semua mesin bermotor memiliki spesifikasi salah satunya yatu ukuran CC yang ada di mesin itu. Terkadang orang jika ingin membeli atau melihat mesin motor selalu menanyakan ukuran cc-nya. Lalu sebenarnya apasih pengertian CC di mesin kendaraan bermotor yang dimaksudkan tersebut?

Untuk menjawab tentang pengetian cc motor, mari pandbis ajak kalian untuk memahaminya secara runtun. Setiap jenis motor tentu memiliki ukuran cc, dan besaran ukurannya tentu berbeda-beda antara jenis dan type mesin motor satu dengan mesin kendaraan lainnya.  

Perlu pandbis jelaskan bahwa besar kecilnya ukuran CC dalam mesin ini yang nantinya menentukan berapa kemampuan atau kekuatan tenaga yang dimiliki mesin itu sendiri. semakin besar cc suatu mesin kendaraan, maka akan semakin besar pula kekuatan atau tenaga mesin tersebut. Dan karena itu secara sederhana cc ada yang menyebutnya sebagai ukuran kekuatan suatu mesin kendaraan. Ini tidaklah salah, namun sebenarnya kurang tepat.

Mungkin jika sahabat yang memiliki latar belakang pendidikan atau yang berprofesi seagai montir atau mekanik, sudah memahami arti dan pengertian cc ini. Namun pandbis yakin buat teman-teman yang tidak ada background pendidikan mesin dan pengalaman dibidang mesin sedikit sekali yang memahami arti istilah cc ini. Untuk itu walau sebenarnya bukanlah istilah asing dan hal baru lagi, dalam artikel kali ini pandbis bagikan pengertian cc pada mesin kendaraan bermotor untuk kalian sahabat pandbis yang memang belum mengetahuinya. 

Gambar pengertian cc pada mesin motor

Kembali mengingatkan bahwa dalam artikel sebelumnya pandbis juga sudah pernah membahas tentang mesin kendaraan bermotor, tepatnya yaitu menjelaskan tentang perbedaan motor 2 tak dan mesin motor 4 tak secara rinci dan detail, dan seaga artikel sabungan sekaligus melengkapi pembahasannya berikut ini pandbis jelaskan tentang pengertian CC dalam mesin motor.

CC sendiri adalah singkatan dari kalimat Cubical Centimeter (Cm3), dan yang dimaksudkan ini yatu mengenai isi/volume cylinder dalam satuan Cm3, sehingga hasilnya membentuk sebuah ukuran cylinder mesin, sedangkan besar cylinder = CC mesin motor. Isi cylinder yang nantinya akan menentukan banyaknya gas yang masuk kedalam cylinder sendiri, sewaktu sutu mesin mobil/motor melakukan gerak isap. Disini kesimpulannya yaitu setiap motor jika semakin besar CC yang dimilikinnya maka akan semakin besar pula tenaga yang bisa ditimbulkannya. 

Untuk leih detalnya kalian dapat membaca referensi terpercaya lanya. Dan biasanya dalam suatu buku yang membahas tentang petunjuk spesifikasi suatu motor/kendaraan, besarnya isi cylinder kan ditulis dengan Displacement ….. CC. Untuk isi volume cylinder sendiri bisa dihitung apabila diameter Cyl (Bore) dan panjang gerak Zuiger (stroke) dapat diketahui ukurannya, yang nanti hasilnya dapat diketahui dalam ukuran CC tidak akan jauh dari type kendaraan bermotor yang bersangkutan itu.

Mari kita lihat rumus menghitung cc motor dan bagaimana perpaduannya.

Contoh:

Suatu motor memiliki Bore = 50 mm,
Stroke = 45 mm.
Maka volume cylinder dapat dihitung sebagai berikut:
V = IID2.S.x1/4
= 3,14 x (5)2x4,5 Cm2
               4
= 353,25 CC  = 88,31 CC
          4

Jadi diketahui volume cylindernya yaitu = 88,31 CC dan terbukti volume icylinder ni bisa didapati pada kendaraan pabrikan Honda type S90z.

Untuk pabrikan motor saat ini, seperti merek Honda, Yamaha yang memang paling besar jangakaun pasaranya di Indonesia sudah berlomba mengeluarkan motor dengan cc tinggi walau type matic. Seperti halnya Honda Vario dengan 150 CC, dan Yamaha N Max yang juga dengan cc 150. 

Walau kedua motor tersebut memiliki ukuran CC sama besarnya, namun untuk segi kecepatan kemampuannya akan berbeda karena cc hanya untuk mengukur kekuatan/tenaga bukan untuk kecepatan suatu kendaraan.

Itulah penjelasan tentang pengertian cc pada mesin kendaraan bermotor yang dapat pandbis uraikan. Memang penjelasan ini belum sedetail mungkin, namun paling tidak dengan inti uraian tesebut sudah dapat memberikan pemahaman kepada kalian mengenai pengertian dan arti istilah cc dalam mesin motor. Seilahkan lanjut baca dengan artikel lainya, semoga semua tulisan yang pandbis bagikan di blog ini dapat memberikan manfaat untuk semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel