Cara Membuat Sabun Cair Cuci Tangan (Hand Sanitizer) Sendiri

Sabun cair untuk cuci tangan atau Hand Sanitizer penting untuk selalu kita sediakan dirumah atau dikantor, apalagi saat ini lagi marak wabah covid-19 yang telah banyak menginfeksi ribuan orang dan tidak sedikit yang meninggal karena serangan virus ini. Dunia saat ini seakan sedang berduka akibat wabah ini, semua orang dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta menjaga kesehatan agar terhindar dari covid-19 ini. Salah satu langkah pencegahan yang harus dilakukan setiap saat yaitu melakukan cuci tangan dengan sabun cuci tangan khusus untuk melumpuhkan virus yang menempel di tangan tanpa kita sadari.

Gambar sabun cuci tangan cair anti virus (hand sanitizer)

Sahabat pandbis semua, mengingat kebutuhan sabun cuci tangan yang tinggi dan meminimalisir kehabisan stok, maka membuat sabun cair cuci tangan sendiri kadang perlu dilakukan, namun tentu ini harus dilakukan oleh orang yang sudah mengerti teknik dan cara membuatnya, dan jangan sembarangan dalam membuat campuran bahannya karena jika salah efeknya justru akan tidak baik nantinya. 

Terkait hal tersebut dalam kesempatan ini sedikit akan pandbis jelaskan tentang cara membuat sabun cair untuk cuci tangan skala kecil yang dapat sahabat gunakan untuk kebutuhan cuci tangan dirumah.
Untuk proses membuat hand sanitizer untuk cuci tangan di butuhkan sikap ketelitian dan ketepatan dalam memilih bahan-bahan karena kebanyakan bahan sabun cuci tangan yang di gunakan mengandung bahan kimia.

Dalam proses pembuatan hand sanitizer untuk cuci tangan, berikut ini bahan-bahan yang harus sahabat persiapkan lebih dahulu;

1. Emal – 70 C

Bahan ini (Emal – 70 C) menjadi bahan inti untuk produk sabun cuci tangan cair. Emal-70 C termasuk dalam golongan surfaktan alkil sulfat. Bahan ini berbentuk pasta tidak berwarna dan bening.

2. Alkopal N 100

Berfungsi sebagai surfaktan pelengkap. Berbentuk cairan sedikit kental, kering, dan berwarna kekuning-kuningan dan mudah di larutkan.

3. Larutan Garam (sodium Chlorida )

Bahan ini berfungsi sebagai pengental. Jenis garam yang dipakai yaitu garam biasa atau sering disebut dengan garam dapur yang kemudian dilarutkan dengan air hingga mencapai konsentrasi tertentu.

4. EDTA2Na

EDTA merupakan singkatan dari Ethylen Diamine Tetra Acetic. Bahan ini merupakan sejenis pengawet yang memang banyak dipakai untuk produk jenis household (produk untuk keperluan rumah tangga sehari-hari) bahan ini harganya cukup mahal usahakan penggunaanya se efesien mungkin. Karena sifatnya hanya sebagai bahan pengawet saja, maka penggunaannya tidak begitu diharuskan.

5. Parfum

Parfum yang dipakai biasanya yang beraroma buah-buahan.

6. Pewarna

Silahkan pilih warna yang berfareasi sesuai selera.

7. Air

Gunakanlah air yang tidak mengandung jenis ion tertentu agar tidak mengakibatkan efek negatif pada produk hand sanitizer. Air disini fungsinya yaitu sebagai bahan pelarut.

Baik sekarang setelah semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat sabun cair cuci tangan sudah tersedia semuanya, sekarang lanjut ke penyiapan alat-alatnya.
Alat-alat yang digunakan

1. Timbangan

Untuk sekala kecil dan keluarga gunakanlah timbangan kecil

2. Wadah atau Tempat Reaksi

Wadah untuk sekala kecil cukup siapkan ember kecil saja, yang kira-kira bisa menampung  cairan 1 kg.

3. Pengaduk

Berfungsi untuk menghomogenkan campuran atau adonan. Dapat menggunakan sendok makan atau lainya.

4. Tempat Menampung Hasil

Tempat ini untuk menampung hasil campuran sabun cair, setelah dipastikan proses pencampuran bahan sabun cair berhasil dengan baik sesuai takaran dari segi kualitas, dan sebelum sabun cair di kemas ke wadah sebaiknya ditampung dahulu pada tempat tersendiri. Untuk penampung carilah tempat yang bersih dan tertutup.

5. Peralatan control kualitas

Berupa alat yang sangat sederhana, seperti botol plastic bekas air minum.

6. Peralatan Pelengkap

Seperti kain lap, dan ciduk/gayung

Baik sahabat, sekarang untuk langkah berikutnya yaitu proses penyusunan Formula untuk pembuatan sabun tangan cair.

Gambar produk hand sanitizer buatan sendiri

Untuk menyusun formula berikut ada contoh table yang bisa sahabat jadikan patokan.

Gambar tabel formula untuk handa sanitizer, sabun cuci tangan cair
Keterangan:
Trace : sangat sedikit
L.G : Larutan garam

Langkah Membuat Sabun Cair Cuci Tangan Skala Kecil

Berikut ini silahkan pahami tahapan cara membuat sabun cair untuk cuci tangan skala kecil ukuran 1 kg dengan menggunakan formula 1

1. Membuat larutan garam 20% sebanyak 20 gr

Bahan
  • 20% Garam = 0,2 x 200 g = 40 g
  • 80% air = 0,8 x 200 g = 160 g
Alat
  • Timbangan
  • Wadah /gelas
  • Pengaduk
Cara Membuat Larutan Garam
  1. Pertama silahkan timbang garam dan juga air, masing-masing banyaknya  40 gr dan 160 gr.
  2. Selanjutnya masukkanlah garam kedalam air, dan aduklah hingga garam larut.
  3. Setalah garam larut, maka siap untuk digunakan dalam pembuatan sabun cair cuci tangan ukuran 1 kg.
2. Langkah dalam membuat sabun  cuci tangan cair ukuran 1 kg

Bahan
  • Emal-70 C 18 % (= 0,18 x 1 kg = 0,18 kg = 180 g)
  • Arkopal N 100 1% (= 0,01 x 1 kg = 0,01 kg = 180 g)
  • Larutan garam (20%) 18 % (= 0,18 x 1 kg = 0,18 kg = 180 g)
  • EDTA2Na  0,4% (= 0,004 x 1 kg = 0,004 kg = 4 g)
  • Parfum 0,4% (= 0,004 x 1 kg = 0,004 kg = 4 g)
  • Pewarna = sangat sedikit (trace)
  • Air 62,2% (= 0, 622 x 1 kg = 0, 622 kg = 622 g)
Gambar langkah cara membuat sabun cair cuci tangan sendiri

Langkah cara Membuat sabun cuci tangan 
  1. Pertama silahkan sahabat timbang semua bahan -bahannya sesuai dengan kebutuhan, dan jangan lupa tempatkan kedalam wadah berbeda yang lebih dulu sudah disediakan.
  2. Selanjutnya masukkanlah air ukurannya sekitar 2/3 bagian kedalam wadah (dan sisa air nanti untuk membilas bahan lain)
  3. Kemudian masukkanlah bahan pewarna kedalam tempat/wadah (namun sebelumnya pewarna sudah dilarutkan dengan sedikit air), dan aduklah sampai larut semua.
  4. Masukkan bahan EDTA2Na sesuai ukuran kedalam tempat/wadah (bahan harus juga dilarutkan terlebih dahulu dengan sedikit air sisa tadi), dan aduk juga hingga larut semua.
  5. Lanjut dengan memasukkan  bahan Emal-70C. dan bilas sisa bahan Emal-70 C dengan air sisa tadi, lalu masukkanlah bahan kedalam wadahm dan aduk sampai larut semua.
  6. Kemudian masukkan bahan alkopal N 100. Dan bilas mengguakan sisa air, dan juga lanjut untuk memasukkannya kedalam wadah, aduklah hingga bahan larut semua.
  7. Lanjut lagi dengan memasukkan larutan garam secara perlahan-lahan, dan aduk lagi sampai membentuk larutan kental.
  8. Dan masukkan parfum sebagai pewangi kedalam wadah, dan aduk lagi hingga semua larut.
  9. Selanjutnya sahabat diamkan hasil produk sabun cuci tangan hingga berkurang busa yang terbentuk.
  10. Untuk langkah terahir yang perlu sahabat lakukan yaitu melakukan kontrol atas kualitas produk. Jika sipastikan produk berhasil dibuat dengan kualitas bagus, maka produk sabun cuci tangan cair buatan sahabat siap untuk dikemas, produk ini juga dapat sahabat jual dengan harga yang sesuai kepada orang lain yang membutuhkan.

Penting diperhatikan dalam pembuatan sabun cuci tangan ini yaitu lakukanlah semua proses step by step secara benar dari mulai bahan, alat, dan takaran, serta proses pencampuran. Lakukan dengan teliti dan selalu cek ketepatan bahan dalam pencampuran. Selalu jaga juga kesterilan bahan yang digunakan agar mendapatkan hasil yang benar-benar bagus sesuai yang diinginkan.  Silahkan sahabat coba membuat hand sanitizer ini sesuai langkah diatas, semoga apa yang pandbis bagikan kali ini memberikan suatu manfaat untuk banyak orang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel