10 Tips Menulis Konten Blog Lebih SEO dan Nangkring Di Halaman 1 Google

Tidak semua orang memiliki bakat menulis yang baik, namun kemampuan menulis yang baik dan dengan bahasa yang baik serta komunikatif itu semua dapat dilatih. Asalkan ada kemauan untuk terus belajar dengan sungguh-sungguh maka kemampuan menulis itu akan dapat dikuasai dengan baik. 

Lalu apa kaitanya kemampuan menulis dengan judul postingan ini? jelas sangat berkaitan, karena memang untuk bisa meningkatkan kualitas blog itu butuh sajian konten yang berkualitas juga, dan jika konten blog berkualitas maka otomatis akan mendapatkan rating yang baik dimata search engine atau mesin pencarian seperti google search, bing search, ask, dan lainya.

Dalam membuat artikel blog yang baik secara kualitas dalam segi SEO, tentu dibutuhkan kemampuan menulis yang baik pula. Untuk itu kali ini pandbis akan bagikan beberapa tips dalam membuat konten blog berkualitas dan lebih SEO serta di sukai banyak orang, silahkan sahabat baca uraianya secara lengkap. 

Tulisan atau artikel yang baik untuk blog/website adalah konten yang memberikan manfaat bagi pembacanya dan baik dari segi SEO serta banyak menarik perhatian orang (konten unik) sehingga akan banyak pengunjung yang antusias untuk membacanya.  Menulis sendiri adalah sebuah seni dan seni itu sedikit banyak berkaitan dengan hobi. Jadi untuk menjadi penulis yang baik sahabat harus menyukai kegiatan menulis itu terlebih dahulu. Karena ketika kita sudah menyukai dengan apa yang kita lakukan maka secara otomatis kegiatan itu akan kita upayakan semaksimal mungkin agar hasilnya juga maksimal. Dan ini berlaku juga untuk tips menulis di majalah, menulis di surat kabar, website dan blog sekalipun. 

Kembali kedalam uraian judul postingan ini yaitu tentang trik agar konten blog lebih SEO dan di sukai banyak orang sehingga akan banyak mendatangkan pengunjung blog. Itu berarti kita akan meninggalkan tentang menulis di surat kabar atau majalah, dan kita sementara akan fokus membahas mengenai cara menulis artikel SEO untuk blog atau website agar mampu menjadi pemenang di search engine serta dapat membuat blog menempati ranking 1 di google search atau paling tidak ada di halaman pertama. 

Memang untuk mewujudkan hhal tersbut tidaklah mudah, dibutuhkan latihan serta penguasaan teknik menulis yang baik, mulai dari pembuatan judul artikel, kualitas isi, bahasa tulisan, dan nilai manfaat dari artikel itu sendiri untuk para pembacanya. Baik sebagai pengantar awal untuk sahabat dalam belajar menulis artikel blog yang SEO dan berkualitas, mari kita masuk ke inti pembahasannya.

Gambar Teknik cara menulis artikel blog yang SEO

1. Bikin Artikel Panjang dengan Pembahasan Yang Tuntas

Panjang artikel juga berpengaruh terhadap SEO konten serta penilaian goole, artikel yang baik yaitu antara 1000 – 2000 kata atau lebih. Selain panjang itu artikel harus membahas secara tuntas topik yang jadi fokus bahasannya. Pengalaman membuktikan bahwa artikel dengan tipe ini memiliki SEO yang baik karena kaya kata kunci dan rata-rata berhasil nangkring di page 1 google search.

2. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Komunikatif

Hindari kesalahan mengetik dan gunakanlah bahasa yang baik dan benar serta komunikatif sehingga pembaca akan mudah memahami maksud atau isi dari tulisan kita. Jangan gunakan bahasa yang sulit dipahami dan berbelit-belit.

3. Fokus Dan Tetap Dengan Topik Pambahasan

Penting sekali untuk tetap fokus dalam topik pembahasan suatu artikel, dalam menulis pertahankan diri kalian agar tetap menulis pada jalur pembahasannya. Ini memang kelihatanya mudah dan tidaklah sulit, namun sering juga yang terlena dan tulisan menjadi tidak pada topic dan nglantur kemana-mana.

4. Buatlah Judul Artikel Yang Menarik Dan Sedikit Provokatif

Hindari membuat judul yang sudah terpakai di blog orang lain. Judul seperti ini tentu akan sedikit membosankan dimata pembaca karena sudah pernah melihatnya di website atau blog orang lain. Buatlah judul yang unik dan sedikit provokatif dan unik serta tidak terlalu panjang namun mudah dipahami. Provokatif disini maksudnya bukan yang negative, tapi hanya menggiring pembaca untuk tertarik membaca tulisan kalian, buatlah judul yang mampu memaksa pembaca untuk masuk ke dalam artikel blog sahabat. Tulislah judul artikel yang menarik dan menyiratkan sisi artikel,namum jangan terus membuat judul artikel yang menyesatkan pembaca misalnya judul yang tidak sesuai dengan isi pembahasanya. Jelas itu tidak dianjurkan dan bisa membuat pembaca marah dan kecewa serta memberikan nilai buruk terhadap blog kalian. Dalam mebuat judul artikel juga jangan lupa untuk memasukkan unsur keyword ke dalamnya.

5. Artikel Harus Memiliki Kata Kunci Yang Panjangnya Ideal Dan Padat

Perhatikan juga panjang tulisan yang kita buat. Tulisan yang SEO adalah yang memiliki panjang antara 500 – 1500 kata. Panjang dari artikel itu sendiri akan menentukan jumlah keyword yang bisa sahabat sisipkan, Usahakan menyisipkan keyword untuk di setiap paragraph yaitu antara 150 - 300 kata dalam konten blog.

6. Jangan Berlebihan Menggunakan Tag

Menggunakan cukup tag untuk konten akan menunjukkan kepada Google dan mesin pencari lain bahwa artikel tersebut ditulis secara professional dengan kerangka yang baik. Namun jangan terlalu banyak memakai tag judul pada artikel, pastikan menggunakan h1 tag untuk judul dan h2 tag untuk subjudul. Pemakaian tag berlebihan justru akan mengurangi daya tarik artikel tersebut dan juga dinilai buruk oleh mesin pencari.

7. Gunakan Meta Description di Setiap Artikel Postingan

Pastikan setiap memposting artikel di blog kalian juga menyisipkan meta description di psotingan tersebut. Buatlah Meta Descriptions setidaknya 150 karakter di setiap konten yang sesuai dengan isi bahasan postingan serta mengandung unsur kata kunci (keyword). Memasukkan deskripsi artikel ini menjadi cara terbaik untuk SEO konten agar Mesin Google mengindex konten blog dengan baik.

8. Pilih Gambar Yang Relefan untuk Artikel

Menggunakan gambar yang menarik atau sitilahnya eye-catching merupakan hal penting untuk daya tarik konten, pakailah gambar psotingan yang berhubungan dengan konten kalian, selain bisa untuk optimasi SEO gambar juga akan dapat menarik perhatian pembaca.

9. Sebarkan Keyword Ke Seluruh Artikel Agar Lebih Terlihat Organik

Apapun yang sahabat lakukan, baik menulis cerita untuk sebuah majalah atau mensubmit artikel untuk online directory, disitu sahabat akan mendapatkan peluang untuk menambahkan informasi biographical. Maka pakailah kata kunci untuk mendongkrak postingan blog kalian, perkayalah keyoword dan jangan fokus pada satu saja, dan atur agar terlihat organik atau alami. Disinilah sebenarnya kesempatan untuk memasukkan unsur-unsur optimasi konten blog.

10. Hindari Menumpuk Keyword

Ini juga penting untuk menjadi perhatian kita. Sebagian orang menjejalkan keyword artikelnya dalam satu seksi di permulaan artikel. Hal ini tampaknya tidak professional karena semua linked keyword akan bekerja di dalam halaman. Jadi buatlah kata kunci di artikel yang sewajarnya dan usahakan senatural mungkin.

Itulah sahabat, artikel ini sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya yang sudah pandbis bagikan tentang teknik dasar seo yang harus blogger kuasai. Dan pandbis rasa apa yang teruraikan di pembahasan ini cukup jelas dan mudah untuk dipahami. Dan barangkali ada hal yang perlu ditambahkan atau didiskusikan bisa melalui form komentar yang tersedia dibawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel