Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Kerja Part Time Paling Cocok Untuk Siswa dan Mahasiswa

Banyak dari para mahasiswa yang membagi waktu kuliahnya dengan bekerja part time. Ada beberapa alasan para mahasiswa melakukan pekerjaan part time ini. Dan kebanyakan bagi mereka yang dari keluarga sederhana melakukan pekerjaan sampingan ini untuk mencari uang tambahan untuk biaya kuliah dan membantu meringankan beban orang tuanya. Jika kalian memiliki niat untuk membantu meringankan beban orang tua tentu hal tersebut perbuatan yang baik. Alasan lainnya mahasiswa kerja part time yaitu hanya untuk sekedar mencari kegiatan dan pengalaman.

Harus dipahami bahwa kuliah sambil kerja itu baik kok, asalkan bisa membagi waktu kerjanya dengan jadwal perkuliahan. Jika kalian berniat atau sedang mencari peluang kerja part time dan masih bingung jenis kerja part time yang cocok untuk kalian para mahasiswa ataupun siswa di sekolah menengah, kali ini pandbis akan bagikan beberapa contoh lowongan kerja part time untuk kalian para mahasiswa yang ingin kuliah sambil kerja. 

Gambar peluang kerja Part Time untuk Mahasiswa (Part Times Jobs)

Sebelum memilih lowongan kerja apa yang cocok untuk kalian, pastikan dulu diri kalian dapat membagi jadwal kuliah dengan pekerjaanmu nantinya. Maka sebaiknya lihatlah dulu seberapa nyaman bentuk pekerjaan itu untuk kalian lakukan. Oke berikut ini silahkan kalian pilih sendiri daftar pekerjaan part time terbaik yang paling cocok untuk kalian jalani.

#Menjadi Youtuber

Sudah bukan rahasi lagi jika situs berbagi video seperti youtube ini memberikan peluang buat para creatornya untuk memperoleh penghasilan dari videonya. Sudah banyak youtuber sukses yang mampu meraup ratusan milyar rupiah setiap bulannya hanya dari upload video di youtube. Bahkan banyak orang yang banting setir dan berhenti bekerja di perusahaan dan memilih fokus jadi youtuber aja. 

Namun tentu ada syarat-syarat khusus agar kita dapat menghasilkan uang dari youtube seperti misalnya harus memiliki cahnnel, minimal 1000 subscriber, channel sudah di approve monetisasi, serta syarat lainya seperti jenis konten yang boleh dan tidak boleh diupload yang semuanya itu diatur dalam kebijakan youtube.

Kalian yang memiliki bakat dalam mengolah konten video dapat mencoba peruntungan untuk menjadi youtuber. Memang pertama mesti agak bersabar, namun jika kalian mampu membuat channel berkualitas dan berhasil dimonetisasi serta memiliki banyak viewer jelas itu akan jadi lading penghasilan yang nyata untuk kalian. 

#Jadi Blogger atau Menulis di blog 

Jadi seorang penulis blog atau juga seorang blogger juga salah satu profesi menjanjikan jika kalian giat dan dapat memberikan informasi berupa konten yang berkualitas, jika konten kalian dilihat bagus oleh banyak orang tentu pengunjung blog kalian akan banyak. Dengan begitu kalian bisa menyediakan jasa iklan online di blog tersebut buat para perusahaan yang ingin promosi produknya.

Iklan bisa memakai iklan mandiri atau bergabung dengan layanan iklan popular seperti google adsense dan jasa publisher iklan lainya. Dari iklan yang tampil di blog kalian inilah nanti kalian akan mendapatkan uang setiap bulannya. 

Saat ini banyak layanan gratis untuk membuat blog. Kalian dapat memanfaatkan layanan blog gratis tersebut untuk meraih penghasilan online. Blog yang bagus dan berkualitas tentu akan banyak menarik minat perusahaan dan orang untuk menitipkan iklannya. Dari situ kita bisa buat tarif iklan dan mendapatkan uang.

#Bekerja Part Time di Restoran

Saat ini sudah banyak berdiri restoran cepat saji yang menawarkan pekerjaan khusus part time untuk siswa sekolah dan para Mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan. Biasanya restoran akan membayar para siswa sekolah atau mahasiswa yang bekerja di restoran dengan hitungan per jam, sistim bayar perjam dari restoran ini tentu memiliki beberapa keuntungan karena tidak harus bekerja penuh 8 jam sebagaimana aturan kerja. Jadi walau setiap hari kerja 1 jam saja kalian masih dapat menerima upah. Disini sahabat dapat bekerja sebagai seorang pelayan/pramusaji atau bahkan sebagai kasir untuk restoran cepat saji. Atau mungkin sahabat dapat juga bekerja sebagai seorang petugas bersih-bersih meja atau membantu cuci piring. Dan jika sahabat memiliki skill atau pengalaman soal pekerjaan di dapur, dapat bekerja sebagai asisten koki di restoran tersebut.

#Bekerja Part Time di Perpustakaan

Salah satu kerja part time yang bagus dan memberikan banyak wawasan serta cocok dilakukan oleh pelajar dan juga mahasiswa yaitu di perpustakaan. Pekerjaan ini akan cocok dengan mahasiswa yang tertarik dalam karya sastra dan suka membaca buku sains atau lainya. Para mahasiswa ini dapat bekerja jadi asisten perpustakaan dan pekerja perpustakaan serta untuk membantu pustakawan sekaligus bisa sebagai pemelihara buku perpustakaan. 

Bekerja di perpustakaan tentu sangat bagus bagi kalian karena tentu selain dapat penghasilan kalian akan banyak tahu daftar buku-buku yang bagus dan berkualitas untuk di baca dan menambah wawasan. Juga akan cocok buat kalian yang ingin mengejar karir sebagai librarian dan ingin tahu lebih banyak tentang deskripsi pekerjaan pustakawan, sehingga bekerja part time di perpustakaan mungkin bisa membantu kepada siswa tersebut.

#Jasa Antar-Jemput

Jika kalian memiliki kendaraan, bisa menawarkan diri ke tetanggamu untuk mengantarkan anaknya sekolah tiap pagi dan menjemput mereka sepulang sekolah atau menawarkan mengantar mereka ke kantor dengan meminta upah perbulan. 

#Kerja Part Time di Taman asuhan

Pekerjaan part time Penitipan anak mungkin menyenangkan jika sobat menikmati kebersamaan dengan anak-anak atau bayi. Beberapa tugas pengasuh, mengurus makanan bayi, tidur, jika sobat memiliki anak di sekolah akan membantu anak-anak dengan PR, dll.

#Jasa Marketing

Bagi kalian yang ingin berwirausaha selepas kuliah, pekerjaan marketing ini cocok banget loh. Apalagi jika kalian lakukan saat kuliah, dan didukung dengan diri kalian yang memang suka jualan atau menawarkan barang, maka disini otomatis mental marketingmu akan terasah. Ajukan dirimu sebagai marketing officer, selain waktu kerja yang fleksibel, kalian juga dapat menambah jaringan juga pastinya.
Sebagai Tutor

Kalian bisa juga memilih kerja sampingan dengan mengajukan lamaran ke tempat belajar non formal seperti tempat kursus, les, atau lainnya. Selain bisa mendapatkan dana tambahan, kalian  juga bisa mendapat banyak pelajaran. Konon semakin kita mentransfer ilmu yang telah kita miliki maka akan semakin membuat kita merasa kurang, itulah yang membuat kita semakin giat mencari pengetahuan untuk menunjang transfer ilmu selanjutnya. 

#Menjadi penulis Online

Tenaga penulis online saat ini banyak yang membutuhkannya. Media berita besar banyak yang memberikan bayaran tinggi dan menggiurkan. Pekerjaan ini tentu akan cocok dilakukan oleh para mahasiswa karena selain tidak asing dengan gaya hidup dalam jaringan (daring/online) sangat dekat dengan kehidupanmu, kalian juga akan menjalaninya dengan senang. Untuk menjadi penulis online kalian dapat melamar ke portal berita online atau menjadi penulis konten website di satu perusahaan.

Sekarang perusahaan-perusahaan sedang gencarnya melakukan promosi melalui media sosial, pekerjaan ini sangat fleksibel dan tidak akan banyak mengganggu jadwal kuliah kalian. Selain itu menjadi penulis online gajinya juga cukup besar dan bsia untuk menambah tabungan bukan.

#Kerja Sebagai Penyiar Radio atau Master of Ceremony

Mejadi penyiar radio selain membuat kalian banyak dikenal orang pekerjaan ini juga sedikit enjoy dan tidak jenuh. Tentu kalian bisa menikmatinya karena akan asik berinteraksi dengan para audien kalian.

#Driver Ojol

Sudah bukan rahasia lagi jika Ojek Online (Ojol) menjadi salah satu pekerjaan yang memberikan penghasilan bagi para drivernya. Ojol saat ini sedang menjadi tren, khususnya di Indonesia dan Asia Tenggara. Selain antar jemput orang, ojol sekarang juga memberikan pelayanan jasa lainya seperti pesanan makanan dan minuman, antar barang, bersih-bersih rumah, belanja barang, dan layanan jasa lainya.

Ojol menjadi salah satu pekerjaan yang tidak terikat waktu, jadi kapanpun kalian ada waktu bisa narik dan bekerja untuk menghasilkan uang. Kalin yang mahasiswa dapat narik disaat setelah jam kuliah atau hari libur kuliah. Inilah enaknya jadi driver ojol yang ramah dengan waktu.

Di Ojol gaji akan kalian dapat dari setiap pesanan jasa yang kalian terima, disitu kalian akan diberikan biaya antar yang dihitung berdasarkan jauh dekatnya. Biasanya tariff dasar dikenakan per 1 kilometer, sedang besaranyapun masing-masing perusahaan ojol berbeda-beda.

Selain sebagai Ojol dengan sepeda motor, kalian juga dapat bergabung di layanan Online Cara seperti misalnya Gocar, Grabcar, Uber, dan perusahaan lainya. Disini syaratnya memang harus memiliki mobil dengan kondisi sehat. Namun bagi kalian yang belum memiliki mobil dapat menyewa dengan memberikan setoran setiap harinya ke pemilik mobil. Untuk tarif mobil tentu lebih mahal dan berbeda dengan sepeda motor. 

Banyak sekali para pelajar dan mahasiswa yang bekerja part time menjadi driver ojol, sebab memang saat ini penghasilannya masih menjanjikan.

Pekerjaan-pekerjaan Part Time tersebut diatas juga menjadi peluang usaha sampingan untuk PNS dan karyawan lainya yang ingin menambah penghasilan.

Itulah beberapa lowongan kerja part time menjanjikan dan cocok untuk siswa sekolah dan mahasiswa yang ingin mendapatkan tambahan uang jajan dan juga biaya kuliahnya. Semoga informasi yang pandbis berikan ini bermanfaat.