Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Faktor Penghambat Kreativitas Seseorang

Faktor penghambat kreativitas seseorang bisa di sebabkan oleh beberapa hal, mungkin dalam keseharian sobat kreatif bisa melihat sendiri di sekitar pergaulan sobat, banyak hal permasalahan yang dapat di temui disitu, misalnya ada teman yang pemberani, ada juga yang penakut, pemalu, egois, pintar, cerdas,bodoh, senang, sedih dan sebagainya. 

Baiklah mari kita lihat bersama faktor penghambat kreativitas Remaja di bawah ini. Terkait hal tersebut, ternyata terdapat banyak sekali hambatan untuk dapat menjadi pribadi yang kreatif, beberapa hal yang menjadi hambatan kreativitas akan pandbis uraikan berikut ini. 

Faktor penghambat kreativitas otak

Baik sahabat, mari kita kenali hambatan tersebut berdasarkan apa yang dikemukanan Hallman dalam penelitianya. Hallman mengemukakan ada 4 ( empat) faktor - faktor yang menyebabkan remaja terhalang atas kreativitasnya.  Faktor yang menyekat atau penghambat kreativitas seseorang yaitu :

1. Tekanan supaya mengikuti kebiasaan-kebiasaan yang ada

Ini adalah penyekat utama dimana individu digalakkan dan diarahkan supaya mematuhi kaidah-kaidah dan peraturan-peraturan yang sudah ada. Orang – orang tua dan guru yang memiliki sifat-sifat pribadi kuku besi, yang mementingkan disiplin, serta mendidik anak-anak agar patuh pada arahan adalah factor utama yang menyekat perkembangan kreativitas mereka. Didikan agar anak-anak mematuhi peraturan-peraturan tidak  menggalakkan kreativitas yang bermakna.

2. Tidak menyukai sikap bermaain-main

Pahami bahwa Kkreativitas dan inovasi itu perlu adanya sikap suka bermain-main dengan berbagai ide-ide, pribadi harus mau berfantasi dan berangan-angan, serta sanggup menolak dan juga mengabaikan ide- ide yang sudah ada. Individu-individu yang suka melakukan perbuatan itu , sering dipandag tidak serius, tidak matang, suka membuang- buang waktu, dan ada kalanya di anggap tidak sadar. Dan Itu merupakan sebuah anggapan saja karena tanpa adanya aktivitas-aktivitas tersebut menjadikan krativitas tersebut tidak akan berbuah hasil yang baik.

3. Terlalu memikirkan kemenangan dan pamrih

Dalam persaingan untuk menang, seringkali seringkali seseorang itu dikehendaki untuk mematuhi syarat-syarat dan peraturan-peraturan yang menentukan strategi kemenangan yang hendak dicapai. Sedangkan syarat dan peraturan tersebut dibuat oleh orang lain dan nanti ganjaran-ganjarannya pun juga disediakanya. Dalam jangka panjang keadaan ini memberikan gambaran yang berkenaan dengan kehidupan nyata. Ia juga melemahkan ciri-ciri pribadi yang diperlukan untuk menjadi kreatif, yaitu sifat tidak tergantung pada dorongan dan imbalan/reward dari luar.

4. Takut ditertawakan

Kreativitas menghasilkan ide-ide yang lari dari kebiasaan. Ini dengan mudah mengundang sikap negative dari orang lain yang akan meremehkan, mencemooh, dan mentertawakan kelainan ide tersebut. Perkara itu dapat menyebabkan seseorang merasa terhina, lalu bersikap defensif dan kompulsif. Ia dapat mematikan semangat untuk terus menghasilkan ide-ide kreatif lain. 

Dengan keempat faktor penghambat kreativitas tersebut, silahkan sahabat coba pahami dan mengenalinya dari hambatan yang ada kemudian ambil langkah dan strategi untuk menghadapinya agar diri menjadi pribadi yang lebih kreatif dan selalu mampu menghadirkan ide-ide segar dan kreatif. 

Dengan sedikit uraian dalam halaman ini semoga sahabat mendapatkan suatu yang bermanfaat.