Mengenal Tentang Apa Itu Depresi ? Dan Cara Mengatasinya

Sering kita mendengar kata depresi atau sering melihat seseorang yang sedang mengalami depresi, namun sebenarnya Apasih pengertian dan definisi dari depresi itu ?. Dari sumber bacaan yang ada menyebutkan bahwa depresi adalah suatu keadaan atau kondisi medis-psikiatris dan bukan hanya sekedar suatu perasaan sedih saja, dan jika kondisi dimana kesedihan seseorang sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya maka hal itu disebut sebagai suatu gangguan depresi. 

Cara mengatasi depresi dan pengertian depresi

Gejala Depresi

Tentang gejala-gejala depresi yang muncul ketika seseorang mengalami gangguan depresi adalah adanya perasaan sedih, mengalami rasa lelah yang berlebihan setelah aktivitas rutin yang biasa saja, hilang minat dan semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Hati-hati jika kalian mengalami gejala tersebut, tetap kontrol diri dan segera sadarkan diri kalian dan coba memotivasi diri sendiri agar kembali bangkit. Lakukan juga langkah yang baik untuk menenangkan jiwa kalian bisa dengan meditasi atau hal positif lainya. Perlu sahabat tahu jika depresi menjadi salah satu penyebab utama kejadian bunuh diri pada seseorang.

Penyebab suatu kondisi depresi meliputi:
  1. Factor organobiologis karena ketidak seimbangan neutrotransmiter di otak terutama serotonin.
  2. Factor psikoedukasi karena tekanan beban psikis, dampak pembelajaran perilaku terhadap suatu situasi social.
  3. Factor sosio-lingkungan misalnya karena kehilangan pasangan hidup, kehilangan pekerjaan, paksa bencana, dampak situasi kehidupan sehari-hari lainya.


Cara mengatasi depresi

Cara mengatasi dan langkah menanggulangi terjadinya depresi bisa berbeda-beda, jadi sesuai dengan keadaan pasiennya, namun biasanya merupakan gabungan dari obat, spiritual healing dan terapi suportif. Dukungan dari keluarga dan teman juga sangat membantu dalam penyembuhan.

Kebanyakan remaja belum mempunyai pertahanan yang kuat dalam menghadapi depresi karena pengalaman yang belum cukup banyak. Bagi orang dewasa mungkin bisa belajar dari pengalaman yang sudah berkali-kali dialami dan cara-cara untuk mengatasinya.  

Kebanyakan remaja keadaan emosinya masih labil, dia masih lemah dalam berfikir tentang jangka panjang, yang dilihat adalah keadaan sekarang  dan saat ini. Remaja masih belum memiliki pengalaman yang banyak dalam menjalani gejolak permasalahan hidup. Dia masih lemah dan butuh bimbingan dari orang-orang yang dewasa atau orang tuanya.

Remaja merasakan penderitaan dan kegembiraan jauh lebih mendalam dibandingkan orang dewasa. Hal ini mungkin disebabkan karena masih begitu baru dirasakanya. Salah satu alas an remaja melakukan bunuh diri karena kecenderungan memsahabatng segala sesuatu secara ekstrem.

Gejala-gejala depresi yang sering dialami seseorang

Berikut ini adalah tsahabat-tsahabat depresi yang sering terjadi pada diri seseorang.

#Kesedihan

Para remaja kebanyakan menjadi lebih murung dibandingkan dengan masa kanak-kanak yang penuh dengan kegembiraan dan keceriaan. Kesedihan ini akan tampak dari luar, akan kelihatan mimik mukanya. Kesedihan juga akan mempengaruhi penampilan sesorang.

#Gejala-gejala fisik

Ketika jiwa dilsahabat depresi maka tubuh juga akan ikut menderita. Tubuh, jiwa dan roh merupakan tiga hal yang saling berkaitan. Gejala-gejala fisik yang dialami penderita depresi adalah:
  1. Imsomnia; Insomnia adalah mengalami masalah tidur. Bisa berupa sulit tidur, tidur selalu gelisah, tidur tidak nyenyak, sering terbangun di tengah malam dan gak bisa tidur lagi.
  2. Nafsu Makan ini berkaitan dengan pola makan yang tidak teratur, orang yang mengalami depresi biasanya pola makanya amburadul. Bisa seharian tidak makan sama sekali dan hanya minum dan ngemil, bisa juga seharian makan samapi berkali-kali.
  3. Kesehatan orang yang depresi mungkin akan mengalami masalah diare, sembelit, sakit kepala, atau jantung yang berdebar-debar. Dan juga di sebabkan karena kondisi emosinya yang tidak stabil.
  4. Kegelisahan orang yang depresi lebih sensitive dan mudah sekali tersinggung. Ada saat dimana dia tidak dapat duduk diam, tetapi sebenarnya ia tidak sedang melakukan sesuatu yang berarti. Jika ia aktif, aktivitasnya bukan merupakan aktivitas yang produktif.
  5. Pikiran yang menyakitkan merasa dirinya bodoh dan tidak mampu melakukan sesuatu yang berarti juga merupakan tsahabat-tsahabat depresi.
  6. Kesedihan yang mendalam . perasaan gundah dan menangis berlama-lama merupakan tsahabat kesedihan yang mendalam.
  7. Instrospeksi.  Instrospeksi berarti merenungkan sesuatu secara jauh lebih dalam.
  8. Konsep diri. Orang depresi biasanya tidak pernah memikirkan hal atau sesuatu yang baik tentang dirinya.Putus asa. Dia selalu berpikiran bahwa sudah tidak ada harapan lagi bagi dia untuk selamanya. Dia sangat psimis dan patah semangat.


#Pikiran mengkhayal (delusi)

Pikiran-pikiran menyakitkan dan tak terkendali dapat memburuk menjadi delusi. Sehingga hidupnya dipenuhi dengan khayalan yang sangat bertentangan dengan realita. Apa yang mereka percayai sudah tidak sesuai dengan hal-hal yang sesungguhnya.

Itulah sekelumit penjelasan tentang Apa itu Depresi yang sering hinggap pada diri manusia khususnya para remaja yang masih labil dan belum banyak pengalaman dalam menjalani roda kehidupan ini.

Apapun kondisi kalian, tetaplah semangat dan optimis yakinlah bahwa semua masalah merupakan sebuah tantangan yang harus di selesaikan. Baiklah sahabat semoga uraian ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel