Membuat Hidup Lebih Kreatif Dengan 9 Langkah Pengembangan Diri

Apa kabar sahabat pandbis, semoga kita tetap diberikan energy positif dan selalu mendapatkan keberuntungan, kemudahan, dan kesuksesan dalam setiap aktivitas yang kita lakukan. Topik pembahasan yang akan pandbis uraikan kali ini yaitu tentang bagaimana membuat hidup lebih kreatif dan efektif. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dapat dicapai dengan 9 langkah pengembangan diri yang dapat sahabat pahami penjelasanya diparagraf selanjutnya. 

Siapapun yang menginginkan kualitas hidup yang lebih baik dari sebelumnya dapat mengikuti langkah-langkah untuk mengembangkan diri sesuai kiat dibawah ini. Untuk itu silahkan baca dan pahami semua uraian yang pandbis bagikan kali ini.

Langkah pengembangan diri untuk hidup yang lebih kreatif

Hidup dijaman milenial seperti sekarang ini kita dituntut agar bisa kompetitif, mampu bersaing dengan yang lain dalam segala bidang kita. Apalagi pasar bebas sudah digulirkan dan didukung teknologi yang makin canggih sehingga seakan membuat jarak, batasan negara, wilayah kedaulatan, dan lainya tidak berarti lagi. Kita akan selalu ketinggalan jika kita hanya meneruskan perjalanan hidup sama seperti orang lain. Apakah kita masih harus bekerja keras tanpa bekerja cerdas? coba renungkan lagi. 

Mungkin zaman dahulu tetua kita lebih menghargai masyarakatnya yang bekerja keras, tapi zaman sekarang beda, maikin banyak  kebutuhan dan persaingan, usaha tidak cukup hanya mengandalkan kerja keras saja, tetapi harus diikuti suatu yang kreatif dan inovatif.

Para orang tua pasti menginginkan anak mereka bisa lebih kreatif dan dinamis sehingga muncul sisi-sisi inovasi yang bisa di jadikan keahlian. Dengan keahlian itulah mereka bisa menjadi sosok yang selalu percaya diri dan bisa eksis. Tetapi apakah melahirkan inovasi dan menumbuhkan kreatifitas semudah membalikkan telapak tangan? tentu tidak semudah itu, sebab butuh penempaan yang benar serta continue. 

Menurut Carol K Bouman, ada orang yang sudah dilahirkan cenderung kreatif dan ada pula yang tidak. Tingkat kreatifitas seseorang biasanya tergantung kepada kebiasaan asuhan orang tuanya terhadap anaknya.

Nah dibawah ini adalah tips cara membuat hidup lebih kreatif yang dapat sahabat terapkan.

9 Langkah Pengembangan Diri
  1. Percaya diri, dan berfikir positif, ini penting untuk menumbuhkan mental yang baik dalam diri.
  2. Biasakan untuk menulis diary, dan didalamnya mengandung suatu pertanyaan yang nanti akan kamu jawab sendiri.
  3. Belajar merenung, dan biasakan menulis hal-hal yang berkesan dalam diri kamu.
  4. Lakukanlah kegiatan yang kamu suka ( apakah itu hobi dan kegiatan yang positif)
  5. Jangan malu memberikan pendapat pada orang lain dan berlatih berargumen.
  6. Isi waktu dengan mencari pengalaman – pengalaman baru atau mencari teman baru yang optimis  dan kreatif.
  7. Tingkatkan rasa penasaran kamu dan hindari rasa malas.
  8. Berfikirlah fleksibel, atau jangan terlalu idealis dan kaku terhadap suatu aturan-aturan.
  9. Jika kamu gagal dalam sesuatu hal, jangan mudah menyerah. Lakukanlah instropeksi terhadap kegagalan itu dan coba lagi usaha kamu dengan awal yang lebih baik.


Menurut Carol K Brouman ( Creativity in Business), setiap orang memiliki kreativitas. Bahkan mereka yang sudah diatas 45 tahun sekalipun masih di anugerahi kemampuan untuk menjadi kreatif. Yang jelas selama otak masih berfungsi, kreativitas masih mengalir dalam diri seseorang. Maka tetaplah semangat dan jangan mudah menyerah. 

Itulah kiat-kiat dan tips membuat hidup lebih kreatif dan inovatif dengan cara menerapkan 9 langkah untuk pengembangan diri. Untuk sahabat pandbis makasih telah mampir dan sudi membaca artikel kami. Semoga semua postingan yang pandbis publishkan dapat memberikan manfaat nyata untuk pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel