Cara Ampuh Agar Blog Juara SEO dan Menempati Halaman 1 Google

Salah satu teknik optimasi blog yang mesti dipahami dan juga dilakukan agar suatu blog atau website kontenya bisa juara dengan postingan selalu menempati halaman 1 google search yaitu dengan melakukan optimasi blog sebaik mungkin. Nah teknik optimasi inilah yang sering disebut dengan Search Enggine Optimation (SEO).

Gambar Optimasi Blog Juara SEO di semua Search Engine

Memiliki blog yang selalu juara dari segi SEOnya tentu menjadi sebuah keuntungan untuk kita, dimana selain bisa terus berada di pages 1 search engine, secara otomatis akan dapat membuat visitor blog naik yang imbasnya tentu potensi mendapatkan penghasilan tinggi dari blog kita semakin terbuka lebar. Karena jelas dengan blog selalu jadi pemenang dan berada di halaman pertama google nilai tawar blog kita akan semakin tinggi.

Umumnya  blog yang SEO akan menjadi  blog juara, artinya artikelnya akan selalu menempati halaman pertama search engine, yang otomatis visitornya pun akan membludak setiap harinya. Lalu bagaimana agar blog selalu juara di search engine. Terkait itu semua kali ini pandbis akan berikan beberapa ulasan teknik agar blog bisa juara SEO dan selalu nangkring di halaman pertama search engine.

Gunakan judul blog dan deskripsi yang sesuai

Buatlah judul blog dan deskripsi blog yang sesuai dengan topik blog kalian. Jika membuat blog tentang kesehatan maka deskripsinya harus tentang kesehatan. Judul blog dan deskripsi merupakan hal yang sangat penting untuk membuat blog lebih SEO dan mudah dibaca oleh search engine.

Bikin alamat blog (domain) yang sesuai dengan judul blog

Alamat blog yang sering disebut sebagai domain harus dibuat sama dengan judul blog. Misalnya blog dengan judul ‘Tips Juara SEO’ maka buatlah domainnya  “tipsjuaraseo.blogspot.com” (contoh domain blogspot) atau “tipsjuaraseo.com” (domain TLD). Dengan begitu akan membuat blog bisa lebih SEO dan mudah di ingat oleh pengunjung blog. Bayangkan jika misalnya judul blog kalian Tips Juara SEO namun domainnya “cipikacipikipapamama.com” Selain terlihat lucu dan sulit diingat, serta teralalu panjang, juga tidak setopik dengan isi konten, jelas itu akan membuat blog kurang SEO dan terkesan amatiran. 

Daftarkan blog ke semua webmaster yang ada

Poin ini sangatlah penting dan menjadi kunci utama agar blog bisa muncul di mesin pencarian. Jika sahabat membuat blog jangan lupa untuk mendaftarkan blog ke webmaster. Ada beberapa webmaster utama yang wajib sahabat daftarkan blog disana yaitu; google webmaster, bing webmaster, yandex, baidu, dan Ask. Dan jangan lupa untuk submit sitemap blog kalian disitu juga agar webmaster mampu membaca semua link url yang ada. 

Gunakan template/theme yang SEO Friendly dan Fast Loading

Template juga menjadi poin penting untuk sebuah blog bisa mudah diindex dan dibaca oleh mesin pencari. Template yang bagus adalah yang sudah mendukung syarat SEO dan fast loading atau ringan. Untuk seperti apa template seo friendly dan cocok untuk optimasi blog kalian dapat membaca artikel yang sudah pandbis postingkan di blog ini. 

Disini pandbis bukan ingin berbagi template dan membahas tentang membuat template yang SEO loh, karena saya sendiri bukan ahlinya dibidang template. Namun hanya sekedar memberikan uraian tentang mana template yang bagus sesuai pengalaman yang saya tau. Saya masuk ke ini karena pandbis paham bahwa salah satu hal yang sangat penting untuk membuat blog juara SEO yaitu dengan adanya dukungan template yang SEO friendly pula. 

Umumnya template blog SEO Friendly adalah yang fast loading benar dalam pengaturan title tagnya mulai dari tag H1, H2, H3, H4,dst…. Gunakan juga template yang responsive serta mobile friendly alias mendukung tampilan di semua perangkat yang ada seperti desktop, tablet, dan mobile. Untuk mengetahui baik buruknya template silahkan baca cara memilih template seo untuk blog kalian.

Rajin update blog dengan postingan yang orisinil

Judul yang bagus, alamat yang bagus, template yang SEO tidak akan mampu membuat blog menjadi juara SEO jika tidak didukung dengan adanya artikel yang berkualitas, artikel harus orisinil dan unik, serta menarik dalam pembahasanya. Karena apapun bentuknya dalam blog konten adalah rajanya. Jadi konten 90% berperan dalam hal nilai baik-buruknya sebuah blog. Untuk itu agar blog kalian bisa dinilai berkualitas maka harus diisi dengan konten yang berkualitas pula.

Dan juga rajinlah update postingan secara teratur dan continue. Buat panjang artikel minimal 500 kata, akan lebih bagus jika bisa sampai 1000 bahkan 2000 kata. Jangan buat artikel hasil copas dari konten milik orang lain, kalau terpaksa copas maka editlah artikel tersebut dan tulis lagi dengan gaya Bahasa penyaampaian kalian. Jangan lupa minta ijin sama yang mempunyai artikel tersebut serta beri keterangan sumber secara jelas.  Selain itu update posting blog dengan artikel-artikel yang berkualitas secara berkala. 

Menurut pengalaman dari para master seo dan membaca di forum-forum yang mebahas masalah ini, khusus untuk blog baru updatelah minimal 2 postingan setiap harinya selama 3 bulan, setelah itu cukup 1 hari 1 posting atau 2 hari sekali.

Bikin artikel yang SEO dan berkualitas tinggi

Tidak semua orang memiliki bakat menulis yang baik, namun itu semua bisa dilatih. Asalkan ada kemauan dan terus mau belajar menulis yang baik dengan sungguh-sungguh, kemampuan menulis artikel berkualitas itu akan dapat dikuasai. 

Tulisan atau konten yang baik di website/blog adalah konten yang SEO dan banyak menarik perhatian orang dan tentu akan banyak pengunjung yang antusias untuk membacanya. Menulis adalah sebuah seni dan seni itu sedikit banyak berkaitan dengan hobi. Jadi untuk menjadi penulis yang baik kalian harus menyukai kegiatan menulis terlebih dahulu. 

Untuk menulis konten yang SEO dan disukai banyak orang ada hal-hal yang harus sobat perhatikan. Mulai dari judul artikel, isi, bahasa, dan manfaat artikel tersebut untuk pembaca. Jadi mari kita masuk ke inti pembahasannya.

1. Buatlah judul artikel yang menarik dan sedikit provokatif

Hindari membuat judul yang sudah ada di website atau blog orang lain. Judul seperti ini tentu akan sedikit membosankan dimata pembaca karena sudah pernah melihatnya di website atau blog orang lain. Buatlah judul yang unik dan sedikit provokatif. Ini maksudnya bukan provokatif dalam artian negative loh, namun tulislah judul yang mampu memaksa pembaca untuk masuk ke dalam artikel tersebut sehingga blog akan banyak pengunjung dan akan naik juga peringkat alexanya. blog yang memiliki peringkat alexa yang bagus tentu akan baik dimata search engine seperti google, yahoo, bing, ask dan lainya. untuk lebih jelasnya tentang alexa baca postingan kami sebelumnya yaitu cara jitu menaikkan peringkat alexa blog atau website.

Jadi tulislah judul yang menarik dan menyiratkan sisi artikel, jangan lupa untuk memasukkan keyword ke dalam judul artikel tersebut.

2. Fokus dan tetap pada topik bahasan

Pertahankan untuk tetap menulis dalam jalur dan rel yang ada. Ini memang kelihatanya mudah dan tidaklah sulit, namun sering juga yang terlena dan tulisan menjadi tidak pada topic dan nglantur kemana-mana.

3. Artikel harus memiliki kata kunci yang panjangnya ideal dan padat

Perhatikan juga panjang tulisan yang kalian buat paling tidak dengan panjang antara 500, 1000, hingga 2000 kata. Panjang dari artikel ini akan menentukan jumlah kata kunci yang bisa sahabat sisipkan pada bagian-bagian artikel.

4. Jangan Berlebihan Menggunakan Tag

Menggunakan cukup tag untuk konten kalian akan menunjukkan kepada Google dan mesin pencari lain bahwa artikel tersebut ditulis secara professional dengan kerangka yang baik. Pastikan kalian menggunakan h1 tag untuk judul dan h2 tag untuk subjudul.

5. Gunakan META Description di Postingan

Sahabat juga harus memastikan bahwa artikel yang sedang sahabat posting harus dikasih META descriptions setidaknya 150 karakter yang sesuai dengan keyword. Memasukkan META description adalah cara terbaik agar Google mengenali konten blog.

6. Gunakan gambar yang relefan pada postingan

Menggunakan gambar yang eye-catching dan berhubungan dengan konten kalian tentu akan lebih menarik perhatian pembaca. Untuk gunakanlah gambar yang bagus dan kasih title tag dan deskripsi gambar yang sesuai, jangan mencuri gambar yang berhak cipta milik orang lain. Itu bisa bahaya nantinya karena dianggap plagiat atau pencurian konten.

7. Sebarkan keyword ke seluruh artikel agar lebih terlihat organik

Apapun yang sahabat lakukan, baik menulis cerita untuk sebuah majalah atau men-submit artikel untuk online directory, sahabat mendapatkan peluang untuk menambahkan informasi biographical. Inilah kesempatan kalian untuk memasukkan unsure-unsur optimasi.

8. Hindari menumpuk keyword

Ini juga penting untuk menjadi perhatian, sebagian orang menjejalkan keyword artikelnya dalam satu paragraf di permulaan artikel. Hal ini tampaknya tidak professional karena semua linked keyword akan bekerja di dalam halaman. Jadi buatlah keyword yang sewajarnya dan usahakan keyword senatural mungkin.

9. Gunakan bahasa yang baik dan komunikatif

Hindari kesalahan mengetik dan gunakanlah bahasa yang baik dan benar serta komunikatif sehingga pembaca akan mudah memahami maksud atau isi dari tulisan kita. Jangan gunakan bahasa yang sulit dipahami dan berbelit-belit. Terakit tenik ini uraian lengkapnya silahkan baca teknik seo dasar yang mesti dikuasi blogger khususnya para pemula.

Promosikan blog 

Mengenalkan dan mempromosikan blog kepada banyak orang juga sangat membantu mendatangkan visitor blog. Blog yang banyak dikunjungi dari banyak IP komputer dari berbagai wilayah dan Negara akan dinilai baik oleh search engine karena menandakan blog kalian banyak diminati oleh pengunjung dari berbagai daerah dan negara. Langkah mempromosikan blog juga akan membuat blog mudah untuk dikenal orang. Promosi blog bisa menggunakan bebagai cara, yang paling murah dan umum digunakan yaitu melalui media social seperti facebook, twitter, pasang kotak langganan via email, pinterest, linkedin, Instagram, youtube, dan medsos lainya. 

Daftarkan blog ke situs social bookmark terbaik

Selain juga itu submit artikel sobat ke situs social bookmark terbaik yang mau menyertakan link dofolow. Silahkan sahabat dapat mencari sendiri mana-mana daftar situs social bookmark terbaik saat ini, cari referensi di mbah google banyak kok. 

Backlink berkualitas

Satu lagi yang bisa membantu dongkrak visitor dan kualitas blog yaitu adanya backlink berkualitas untuk blog kalian. Backlink yang berkualitas katanya dari situs dengan domain Gov, go.id, dan lainya. untuk selengkapnya silahkan baca uraian lengkapnya di Menaikkan Visitor Blog dengan Backlink Ajaib yang sudah pandbis postingkan di blog ini.

Itulah beberapa teknik optimasi SEO blog agar bisa juara dan menempati pages 1 search engine. Jika ada salah dalam uraian serta penyampaian, bisa sahabat bisa menambahi di kolom komentar karena saya sendiri masih dalam proses belajar. Kuncinya tetap semangat ngeblog dan niatkan ikhlas berbagi hal-hal yang bermanfaat bagi banyak orang. Dan jangan lupa banyak berdo’a agar blog kita ramai dan barokah. Terimakasih sudah mau meluangkan waktu untuk mengunjungi dan membaca artikel di blog ini, semoga kita semua mendapatkan manfaat atas apa yang kita lakukan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel