Tips Membangkitkan Kembali Mood Menulis

Menulis merupakan kegiatan sederhana yang banyak manfaatnya. Namun menulis juga bukan pekerjaan yang mudah, menulis butuh keterampilan dalam merangkai dan memadupadankan kata menjadi sebuah kalimat, kalimat menjadi paragraph, paragraph menjadi beberapa paragraph untuk dijadikan sebuah artikel dengan bahasan yang lengkap. 

Untuk menjadi seorang penulis yang handal dan tidak kehilangan mood menulis, jurus utama yang mesti kalian miliki yaitu sebuah kemauan dengan didasari rasa suka atau hobi. Dengan begitu kalian akan lebih enjoy dalam membuat tulisan. 

Kehilangan mood dan tidak semangat dalam menulis artikel

Bagaimana cara tetap semangat dan mudah dalam membuat tulisan?

Untuk tahap awal kalian dapat mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran lebih dulu, tentang apapun itu. Mewujudkan ide maupun gagasan juga dapat dijadikan media untuk curhat, semisal menulis di buku diary tentang kegiatan sehari-hari yang telah di lalui dan sebagainya. Namun menulis tak semudah menggerakkan pena seperti apa yang kita bayangkan saat melihat orang lain menulis, juga tak semudah menekan tombol keyboard yang ada pada laptop maupun komputer kalian. Kadang ada saatnya terlintas begitu banyak ide yang dapat kita jadikan bahan tulisan, ada juga saat ketika telah beraksi untuk menulis tiba-tiba macet ditengah jalan karena kehabisan ide atau kalimat yang membuat aktivitas menulis berhenti di tengah jalan, padahal belum sepenuhnya ide atau gagasan yang ada dapat tertuangkan sepenuhnya. Nah ketika hal itu terjadi tentu sangat menjengkelkan, bukan?

Banyak para penulis dan mereka yang punya hobi nulis juga mengalami hal demikian. Tak aneh memang, karena masing-masing pribadi memiliki caranya sendiri dalam menulis dan memiliki waktu terbaik untuk menjadikan idenya dalam bentuk tulisan. Ada yang ketika senang, mereka begitu bersemangat untuk menulis, ada juga yang ketika sedih, -pada saat galau melow misalnya- seperti ini yang menginspirasi sebagian orang untuk menjadikan inspirasi pada tulisannya. Sah-sah saja, tak ada yang membatasi kreatifitas. Hanya saja satu hal  yang perlu di di perhatikan yaitu kehilangan semangat atau gairh untuk menulis. Wah, bahaya bila hal ini bisa terjadi.

Kehilangan semangat atau mood dalam menulis bukan tanpa alasan atau sebab, dan sebelum hal yang tak di inginkan itu tarjadi, sebaiknya kita tahu apa penyebabnya. Apa akar dari pohon yang dapat menumbuhkan rasa malas atau kehilangan semangat dalam menulis ini. Kembali pada diri sendiri, karena setiap orang berbeda antara satu dengan yang lainya.

Salah satu yang sering mengganggu adalah mood. Suasana hati  (bahasa Inggris: mood) adalah suatu bentuk keadaan emosional. Munculnya berbeda dari emosi karena cenderung tidak spesifik, tidak intens, dan tidak selalu muncul oleh stimulus atau kejadian tertentu. Karena tak ada yang tahu kapan mood menulis muncul dan kapan mood untuk menulis hilang itu datang, maka ada baiknya kita yang harus pandai-pandai dalam menyikapinya.

Hal pertama yang harus kalian perhatikan untuk menjaga mood menulis supaya tetap baik yaitu bisa dengan melakukannya secara terus menerus, jangan berhenti menulis sebelum apa yang ingin kalian tuliskan benar-benar selesai pembahasanya. Tentu kita tidak mau dong jika berjam-jam di depan layar monitor tapi malah tak ada satu kata pun yang dapat kita tulis.

Selanjutnya untuk membangkitkan kembali mood menulis yaitu dengan tetap fokus pada apa yang hendak kalian tulis, meski kadang ada saja kegiatan lain yang tiba-tiba mengganggu dan menghentikan sejenak kegiatan menulis kalian.

Dalam menulis khususnya para pemula jangan pernah merasa minder dengan tulisan kalian, terus aja menulsi dengan percaya diri. Yang penting tulisan kalian tetap dalam pembahasan yang benar.

Usahakan tulisan kalian mengalir dan tidak mandek ditengah jalan, artinya setiap kata yang ditulis tidak tersendat-sendat, kalimat demi kalimat saling susul menyusul dan berkesinambungan.

Hindarilah kebiasaan tidak baik misalnya mengkritik sebelum tulisan kalian selesai, dengan tidak membaca berulang-ulang dari awal tulisan yang kalian buat. Kerena hal itu dapat membuat kalian kehilangan ide atau gagasan pada tulisan selanjutnya. Kegiatan menulis akan terhenti karena fokus kalian telah teralihkan pada tulisan terdahulu, sehingga ide tulisan berikutnya jadi terpending bahkan bisa hilang.

Beberapa hal tadi bisa dipraktikkan sendiri ketika kalian mengalami patah semangat dan macet ide dalam membuat tulisan.

Jangan berhenti menulis saat mengalami macet ide atau keinginan menulis berhenti. Karena tak ada cara yang dapat di tempuh untuk menjadi seorang penulis yang baik selain terus menulis. 

Untuk tambahan kalian sebagi pelengkap artikel ini, silahkan baca artikel lainya di blog ini tentang Solusi saat kehabisan ide membuat artikel.

Itulah sedikit uraian tentang cara meningkatkan kembali mood menulis. Semoga pa yang pandbis bagikan kali ini bermnfaaat untuk sahabat semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel