Kenapa Pendapatan Adsense Blog Indonesia Turun Drastis Dan Visitor Susah Naik?

Pertanyaan pada judul artikel ini sering dilontarkan oleh para blogger, khususnya blogger Indonesia yang masih mengandalkan konten blognya dengan Bahasa Indonesia. Sekarang ini memang masanya dimana pengguna adsense blog Indonesia sedang dalam kondisi turun penghasilannya. Memang tidak semuanya sih, namun kebanyakan mereka mengeluhkan hal ini. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan blog Indonesia tidak dihargai mahal oleh adsense, dan tentu bagi para master adsense dan blogger senior tentu sudah dapat membaca penyebabnya. Namun untuk teman-teman yang masih belum paham dan tetap mengandalkan konten Indonesia untuk adsennya tentu dibuat puyeng dengan kondisi tersebut. Palagi kontennya biasa-biasa saja dan visitornya masihlah dibawah 1K setiap harinya. Tentu berat banget untuk bisa nerima bayaran (PO) adsense setiap bulannya.

Mungkin untuk tahun 2015 kebawah blog Indonesia masih dapat diandalkan untuk dapat Po setiap bulannya, namun di tahun 2016 hingga saat ini rasanya cukup berat. Kecuali dengan blog yang sudah populer dengan konten yang berkualitas sehingga mampu mendatangkan visitor ribuan setiap harinya. 

Penyebab utama penghasilan nilai klik adsense Indonesia kecil sekali

Lalu apa penyebab blog Indonesia seakan tidak dihargai mahal dan terkesan dikucilkan oleh Adsense?

1. Belum banyak pengiklan dari Indonesia yang mempercayakan iklannya di Adsense

Dalam analisa saya, ada beberapa  factor yang mendasar sehingga membuat konten blog Indonesia sekarang ini tidak menghasilkan iklan dengan bayaran mahal. Yang pertama adalah alasan geografis, dimana untuk besaran bayaran klik iklan adsense dari visitor Indonesia masih dibawah dari negara lain seperti negara-negara dengan Bahasa Inggris, Amerika, Eropa, dan bahkan dengan Malaysia dan Singapura saja masih kalah. Tentu penyebabnya adalah pengiklan dari Indonesia yang masihlah sedikit dan juga harga tawarnya masihlah rendah sementara pengiklan luar masih belum mempercayakan iklannya ditayangkan pada blog dengan konten Bahasa Indonesia. Jadi wajar saja ketika penghasilan blog Indonesia sangat kecil.

2. Google belum percaya blogger Indonesia

Salah satu alasan pendapatan adsense blog Indonesia kecil banget yaitu google belum mempercayai blogger Indonesia. Ini mungkin disebabkan karena banyaknya blogger Indonesia yang masih melakukan copas artikel milik orang lain dan itu jelas tidak disukai goole. Dan melanggar kebijakan adsense itu sendiri. Sebagian blogger Indonesia masih suka comot tulisan orang lain tanpa ijin dan tidak memberikan link sumber yang jelas. Padahal itu jelas perilaku yang tidak dibenarkan dan akan merusak reputasi blognya sendiri. 

Secara jelas google dan adsense tidak suka dengan kegiatan plagiat tersebut. Dan jika terus dilakukan tidak lama google pasti akan mengucilkan blog hasil copas tersebut dan bisa-bisa kena pinalti, masuk sandbox dan deindex seluruh kontennya. Jadi jika masih ingin blog dinilai berkualitas dan mendapatkan banyak visitor sehingga dapat menaikkan penghasilan adsense bikin blog dan konten yang orisinil dan berkualitas.

3. Hukuman bagi publisher adsense di Indonesia

Kenapa saya sebut hukuman yang diberikan google untuk publisher adsense di Indonesia. GA menjadi salah satu sumber pendapatan blogger yang paling diminati saat ini. Dan google adsense sendiri menerapkan persyaratan yang ketat untuk blog Indonesia bisa lolos verifikasi dan disapprove untuk dapat menayangkan iklannya. Kesulitan untuk daftar adsense tersebut menjadikan sebagian bahkan banyak blogger mengambil jalan pintas dengan membeli akun adsense yang sudah jadi. Keadaan tersebut juga dimanfaatkan oleh mereka publisher adsense nakal yang memiliki kemudahan untuk daftar adsense dengan menjual belikan akun adsense ke mereka yang butuh akun. Kenapa saya sebut publisher nakal, sebenarnya lebih tepat bukan disebut publisher sih, karena mereka hanya bikin akun dan jual saja, lebih tepatnya kita sebut makelar dan biangkerok. Karena akibat ulahnya kini pemain adsense di Indonesia di cap buruk oleh google dan kini daftarnyapun semakin dipersulit. Parahnya itu berimbas dengan penurunan kualitas publisher Indonesia dimata google adsense sehingga imbasnya yaitu menurunnya nilai klik di indonesi.

4. Karena Youtube

Loh kok nyalahin youtube sih, sebenarnya bukan nyalahin youtube si namun semenjak youtube muncul adsense youtube untuk memonetisasi video di youtube sekarang creator (Youtuber) berlomba-lomba membuat konten di youtube, sehingga sekarang ini konten tentang apapun dapat dilihat dan dicari di youtube. Keadaan ini didukung oleh harga kuota yang semakin murah sehingga orang lebih suka lihat youtube daripada harus capek-capek membaca artikel di blog atau website, sedangfkan di youtube sudah ada semua dan tinggal play, lihat, dan dengerin tanpa harus repot baca dan gulir-gulir serta klik link artikel di halaman blog.

Parahnya lagi karena semua bahasan di konten blog sudah dapat ditemukan di youtube membuat visitor blog turun drastic karena kalah dengan youtube. Hal inilah yang kemudian juga membuat pendapatan adsense dari blog makin sulit. Jelas tanpa adanya visitor tidak mungkin ada klik, dan k arena tidak ada klik dan visitor yang membuka blog jelas penghasilan google adsense tidak akan ada, dan jika begitu bagaimana bisa merasakan penghasilan dari internet dengan blog yang kita kelola.

5. Banyaknya aplikasi berita di playstore

Perkembangan teknologi gadget membuat semuanya mudah diakses hanya dari smartphone yang setiap hari ada dalam genggaman kita. Keadaan ini membuat banyak situs portal berita menciptakan aplikasi untuk smartphone dan bisa di download gratis di playstore. Hanya dengan buka aplikasi saja semua update berita dan materi konten apapun dapat ditemukan disitu. Jelas kondisi tersebut membuat blog semakin sulit bersaing dan makin tenggelam tanpa visitor. Imbasnya yaitu menurunya penghasilan dari blog kita. Kecuali blog yang memang memiliki konten unik dan berkualitas serta berbeda dari topik bahasan umum yang ada di situs portal. 

Untuk itu sarannya jika masih bertahan ngeblog, maka buatlah konten yang benar-benar unik dan berkualitas serta menjual. Jadi blog kalian terlihat berbeda dan orang akan mendapatkan sesuatu yang menarik dan memberikan manfaat nyata ketika membaca artikel kalian. Jika itu tidak dilakukan maka sulit rasanya untuk bisa menarik visitor diatas 1000 setiap harinya.

6. Banyak pesaing adword yang menawarkan harga lebih murah untuk pengiklan

Sekarang ini banyak sekali media yang melayani advertiser untuk beriklan di situsnya. Salah satunya yaitu fb ads. Kita tahu bahwa facebook menawarkan pengiklan untuk memasang iklannya di situsnya dengan harga yang sangat murah, dan didukung dengan potensi pengguna facebook yang begitu banyak membuat para pengiklan lebih memilih beriklan di fb daripada di adsense. Inilah juga yang sedikit banyak mempengaruhi nilai penghasilan adsense blog Indonesia karena pengiklan lebih memilih beriklan di facebook dan sedikit sekali yang pasang iklannya di adword untuk ditampilkan di blog melalui jaringan adsense. Dan pun jika ada yang masih memakai adsense itupun harga penawarannya sangatlah rendah.

Itulah beberapa penyebab dan alasan mengapa penghasilan adsense blog Indonesia sangat kecil dan susah sekali menaikkan visitor blog. Semoga keadaan ini segera dapat pulih kembali dan para blogger di Indonesia bisa kembali tersenyum lebar. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel