Gak Usah Galau! Ini Solusi Blog Ditolak Adsense Agar Bisa Diterima Kembali

Jika sahabat seorang blogger yang sudah lama bermain adsense tentu tidak kaget lagi mendengar pengajuan blog ditolak oleh adsense. Sebab memang sekarang ini adsense menerapkan kebijakan dan aturan ketat bagi para publishernya. Selain itu jika dulu sedikit longgar proses peninjauan situs, namun sekarang adsense melakukan verifikasi menyeluruh tentang kualitas situs yang diajukan utuk dapat menayangkan iklannya. 

Secara umum program adsense terbuka untuk siapapun yang ingin bergabung dan menjalankan kerjasama periklanan, namun untuk dapat menayangkan iklan adsense di blog haruslah lebih dulu mengajukan situs dan akan dilakukan seleksi atau peninjauan situs terlebih dahulu untuk memastikan apakah situs sesuai dengan kebijakan dan kriteria atau tidak. Jika blog sesuai dengan ketentuan dan kebijakan tentu akan mendapatkn approve dari pihak adsense,dan jika tidak sesuai kebijakan tentu blog ditolak adsense dan harus dilakukan perbaikan dan diajukan kembali.

Google adsense sendiri terbagi menjadi dua macam jenis akun, yaitu adsense hosted dana kun adsense non hosted. Secara umum keduanya sama yaitu sebagai akun publisher untuk mendaftarkan situs, mengelola, mengatur, dan melihat pendapatan, mengontrol, dan mengambil kode iklan. Namun dari segi cakupan dan kegunaanya sedikit berbeda. 

Akun adsense hosted hanya dapat dipakai untuk menampilkan iklan di video youtube dan blog dengan domin blogspot saja. Sementara untuk akun adsense non hosted dapat dipakai di semua domain dan jenis platform blog dan website, termasuk untuk youtube dan domain blogspot.

Dan akun Non Hosted juga terbagi menjadi dua jenis yaitu adsense non hosted tanpa review site, dimana pemilik jenis akun ini bebas menambahkan situs dan memasang iklan adsense di situsnya tanpa melaui proses review atau peninjaun lebih dulu. Namun disini tetap situs yang dipakai untuk pasang iklan haruslah yang tidak melanggar kebijakan adsense, dan jika pihak adsense mendeteksi adanya konten yang melanggar kebijakan, otomatis iklan adsense tidak tampil di blog, dan adsense akan memberikan teguran ke pemilik akun yang meminta untuk melakukan perbaikan situs agar sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan.

Sedangkan yang kedua yaitu adsense non hosted review site, dimana akun ini membebaskan pemiliknya untuk mendaftarkan semua jenis dan platform blog atau website, namun harus melalui proses review manual dari pihak adsense untuk memeriksa apakah situs layak diterima atau tidaknya. 

Lalu bagaimana cara daftar akun adsense sendiri? 

Untuk bagaimana cara daftar adsense ada beberapa hal yang harus sahabat siapkan. Tentu syarat awal yang harus sahabat penuhi yaitu memiliki blog atau channel youtube. Untuk lebih jelasnya baca persiapan wajib sebelum daftar google adsense untuk pemula yang sudah pandbis postingkan di blog ini.

Baiklah sahabat kembali lagi ke topik pembahasan awal yaitu solusi mengatasi blog ditolak adsense, baik yang baru daftar awal atau yang sudah memiliki akun adsense dan ingin menambahkan situs baru untuk menampilkan iklan adsense namun juga ditolak. 

Kenapa blog ditolak adsense?

Gambar email penolakan adsense untuk blog

Jelas alasan blog ditolak adsense karena terdapat beberapa hal terkait situs yang tidak sesuai dengan kebijakan adsense. Misalnya saja konten yang mengandung p*rnografi, menyinggung SARA, konten yang menjerumuskan, adu domba dan memfitnah, konten perjudian, perdagangan illegal, dan lainya. 
Selain itu blog download, konten hasil copas atau jiplakan dari situs lain, umur blog belum memenuhi syarat untuk daftar adsense, blog yang hanya memuat sedikit konten, menjerumuskan pengunjung, dan masih banyak lainya. 

Lalu bagaimana solusinya jika blog ditolak adsense?

Jika sahabat ingin bermitra dengan adsense menjadi publishernya maka penuhi ketentuan yang diterapkannya. Patuhi kebijkanya dan lakukan cara-cara berikut ini:

Saat situs ditolak adsense, janganlah psimis dan berkecil hati. Tetap semangat dan terus berusaha dan perbaiki situs untuk diajukan kembali.

Lihat hal mendasar apa yang dijadikan alasan adsense menolak blog kalian, memang soal penolakan ini dalam email pemberitahuaanya adsense tidak spesifik memberitahukan tentang alasan penolakannya, namun disitu akan disinggung hal-hal yang mengarah ke alasan penolakan. Untuk itu lakukan analisa kesalahan apa yang membuat blog ditolak, apa yang kurang, dan apa yang tidak sesuai kebijakan.

Saya sendiri pernah ditolak adsense sebanyak 5 kali saat mendaftarkan blog. Awalnya juga bingung kenapa bisa ditolak padahal menurut pengamatan, blog baik-baik saja dan tidak ada yang melanggar. Beberapa kali saya lakukan perbaikan mulai dari memperbanyak konten, dan berupaya menaikkan visitor blog, namun masih saja ditolak. Setelah keempat kali ditolak ahirnya saya berhasil menemukan permasalahanya. Solusi disini ditemukan dan dalam kasus blog saya, berikut ini tindakan yang saya lakukan hingga ahirnya untuk pengajuan ke-5 blog saya di approve adsense.

1. Memperbaiki navigasi situs

Adsense secara jelas meminta agar situs yang didaftarkan memiliki navigasi yang mudah dan tidak njelimet sehingga pengunjung dengan mudah menemukan halaman atau artikel yang dicarinya. Dalam kasus ini blog saya navigasinya saya lihat kurang dan blog juga tidak ada form penelusuran yang memudahkan pembaca mencari topik artikel yang ada. Maka saya lakukan perbaikan navigasi dan menambah kotak penelusuran di blog.

2. Mengedit dan menghapus potingan yang melanggar kebijakan 

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi yaitu menghilangkan kata atau kalimat yang ada unsur p*rnografi, hasutan, fitnah, dan jenis konten lainya yang tidak sesuai ketentuan seperti konten hasil copas atau jiplakan dari situs lain, dan konten file untuk di download yang mencantumkan link download aktif.

3. Menghapus dan mengganti gambar yang berhak cipta dari pihak lain

Penting untuk sahabat ketahui bahwa selain konten copas yang tidak boleh, ternyata konten juga tidak boleh ada gambar berhak cipta dari pihak lain. Untuk itu hati-hati dalam memberikan gambar dalam postingan, jangan asal comot dari google atau situs lain. Sebab bisa saja gambar tersebut dilindungi hak cipta. Dan hal ini juga yang menyebabkan situs ditolak adsense. Untuk itu ganti atau hapus gambar yang ber hak cipta di blog atau postingan kalian.

4. Menghilangkan sisipan video youtube milik orang lain

Di sebagian artikel blog saya yang saya ajukan peninjauan memang terdapat frame video youtube milik orang lain yang sengaja saya sisipkan. Tujuan saya disini yaitu memberikan iformasi kepada pembaca referensi video tutorial yang lengkap, namun ternyata ini juga saya anggap menjadi permasalahan yang menyebabkan blog saya ditolak. Sebab dalam pemberitahuan di akun adsense dibagian situs yang ditolak menyebutkan yang garis besarnya bahwa situs tidak boleh ada konten milik pihak lain, atau diarahkan (redirect) dari pihak lain. Dan kebetulan sebagian postingan saya juga saya impor dari blog saya yang lain dan saya lakukan redirect dari domain blog lainya yang mengarah ke blog saya. Dan ternyata menurut saya ini tidak boleh berdasarkan pemberitahuan tersebut.

5. Memperbaiki error dan kesalahan index di webmaster google

Langkah selanjutnya yang mesti dilakukan yaitu memperbaiki error atau kesalahan index di webmaster. Hal ini penting, selain untuk kebaikan blog di index search engine, adsense sendiri juga tidak suka dengan situs yang banyak error dalam pengindekan, seperti link tidak valid, dan banyak error 404. Maka perbaiki kesalahan tersebut dan lakukan validasi. 

Setelah lima langkah perbaikan diatas sahabat lakukan, tunggu sampai 1 atau 2 x 24 jam, sambal menunggu waktu tersebut lakukan update postingan dengan artikel yang orisinil murni hasil tulisan sahabat sendiri. Bikin artikel yang sedikit panjang dan berkualitas. Selanjutnya daftarkan atau ajukan kembali blog ke adsense untuk ditinjau, dan insyaallah blog akan lulus peninjauan dan diterima adsense sehingga sahabat akan menerima email “Kabar Baik! Kini situs anda siap menampilkan iklan adsense…. dst.

Gambar email kabar baik diterimanya pengajuan blog oleh adsense

Itulah sedikit pengalaman dari saya yang sengaja saya bagikan untuk sahabat barangkali dapat menjadi informasi yang berguna.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel