5 Tips Menjadi Sahabat Yang Baik

Sahabat adalah orang yang bisa menjadi teman ketika kita sendiri, menjadi penghibur ketika kita sedih, menjadi motivator ketika kita terpuruk, dan menjadi pengingat ketika kita sedang lupa. Sahabat menjadi salah satu orang yang penting untuk kehidupan kita. Memiliki sahabat sejati tentu sangat beruntung, krena itu tidaklah mudah. 

Selama ini kita selalu ingin mencari sahabat yang baik dan jujur untuk diri kita, namun kita kadang lupa untuk memiliki sahabat yang baik tentu kita harus bisa menjadi sahabat yang baik juga untuknya. Nah dalam artikel pandbis kali ini akan membahas tentang bagaimana sebaiknya kita mencari dan menjadi sahabat yang baik bagi orang lain. Heather Pryor mengatakan bahwa “Teman sejati adalah ia yang meraih tangan Anda dan menyentuh hati Anda”. ungkapan itulah yang menjadi dasar pemikiran disini. Memiliki teman yang baik dan pengertian tentu menyenangkan, namun untuk mendapatkan teman seperti itu tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi kita baru saja mengenalnya. Bukan masalah memilih teman saja yang menjadi poko bahasan disini, namun bagaimana kita memposisikan diri kita agar menjadi sahabat yang baik dan berguna bagi teman kita itu juga merupakan hal yang tidak mudah. Setiap orang memiliki ego, watak dan karakter yang berbeda, hobi dan cara pandangnya kadang juga berbeda. Hal-hal inilah yang kadang membuat perselisihan dan membuat hubungan persahabatan menjadi sedikit tegang dan kadang berahir tidak baik.

Cara memilih sahabat yang baik ini akan sedikit memberikan cara dan resep bagaimana sebaiknya yang harus kita lakukan dalam memilih dan menjadi sahabat yang baik dan bijak bagi teman kita.

Menjdi dan memilih sahabat baik untuk menjalin persahabatan

1. Jadilah sahabat yang ingin kamu miliki


Maksudnya yaitu sahabat yang bisa dipercaya dan mengerti dengan kita. Kita semua menginginkan sahabat seperti ini. sahabat yang tidak mudah menyebarkan gosip dan tidak cepat mempercayai isu-isu, dan tidak membuka rahasia. So! Jika kalian menginginkan sahabat seperti ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah bersikaplah menjadi sahabat seperti apa yang ingin kamu miliki. Misalkan kalian ingin memiliki sahabat yang baik dan pengertian, maka kalian juga harus baik dan pengertian kepada sahabat kalian.

2. Memiliki dengan bijaksana


Hati-hati dalam menilai seseorang, jangan sampai salah-salah. Menilai seseorang yang akan kalian jadikan sahabat karib harus dilakukan dengan bijaksana. Kita sering mendengar bahwa “Orang yang bergaul dengan orang bijak akan menjadi bijak, tetapi orang yang berteman dengan orang bebal akan menjadi malang”. Oleh karena itu, kalian harus melakukan penilaian yang baik dalam memilih sahabat dan teman dekat.

Persahabatan yang harus kalian jalin adalah persahabatan yang dapat membuat diri Anda kuat dan berkembang, yaitu persahabatan dengan orang-orang baik, positif, dan ceria. Persahabatan yang dapat memberikan kegembiraan dan keceriaan bagi semuanya. Juga persahabatan yang dapat memberikan kekuatan ketika yang lain sedang membutuhkan penghiburan. Maka, lakukan penilaian yang baik dan objektif sebelum memilih teman.

3. Jangan menilai secara sembarangan


Kita memang harus melakukan penilaian sebelum memutuskan atau memilih teman. Namun, jangan melakukan penilaian itu secara sembarangan. Maksudnya kita harus memilih dan menilai secara objektif. Jangan sampai penilaian kita justru menyepelekan orang lain. Misalnya kalian lebih memilih teman-teman yang cantik-cantik atau ganteng-ganteng dengan logat bicara menggunakan bahsa gaul, biar kalian masuk dalam kelompok orang cantik atau orang ganteng yang gaul, dan kalian menyepelekan orang-orang yang mungkin kurang menarik menurut kalian. Atau juga memilih teman yang tajir-tajir daripada teman yang dari ekonomi kelas bawah. Oh,.. Ingat.! Sungguh penilaian seperti ini tidak baik bagi kalian, karena membeda-bedakan teman dari rupa dan status sosial.

4. Tidak boleh berpura-pura

Setiap orang pasti menginginkan sahabat sejati yang erat dan akrab, maksudnya adalah kalian tidak boleh menjalin suatu hubungan dengan berpura-pura dalam hal apapun.

5. Persahabatan tidak bisa dibeli

Ini menjelaskan bahwa Sahabat sejati juga tidak memperhitungkan materi. Entah dia anak orang kaya ataupun anak orang miskin, itu bukan masalah. Kita tidak boleh bersahabat dengan orang tertentu dengan embel-embel karena dia anak orang kaya, anak seorang pejabat dsb. Sebagai sahabat yang baik adalah selalu ada satu sama lain, ketika berlebihan atau kekurangan, masing-masing harus selalu ada buat yang lain.

Apa yang pandbis bagikan diatas semoga dapat memberikan pemahaman yang baik dalam memilih dan menjadi sahabat untuk orng lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Tips Menjadi Sahabat Yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel