Ungkap Rahasia Sukses Orang Tionghoa Dalam Bisnis Dan Karirnya

Kita selalu bertanya-tanya mengapa orang Tionghoa selalu sukses dalam bisnis yang ia jalani, padahal mereka juga berbisnis normal seperti orang lainya. Pertanyaan tersebut selalu muncul dan membuat banyak orang penasaran, strategi bisnis apa yang ia pakai, dan bagaimana cara ia mengelola bisnisnya sehingga bisa sukses dan kuat.

Kita tentu mengenal sosok orang terkaya di Indonesia Eka Tjipta Widjaja, Robert Budi Hartono, dan Bambang Hartono. Ketigannya merupakan keturunan Thionghoa yang ada di Indonesia. Tahukah kalian apa latar belakang kehidupan mereka, dan perjuangan seperti apa yang mereka lakukan sampai menjadi sesukses seperti saat ini. Ternyata kesuksesan yang ia raih harus melalui perjuangan yang keras dan panjang. Mereka terus berjuang dan seolah tanpa lelah, selalu serius dan fokus untuk menggapai impiannya.

Ada beberapa hal yang membuat kenapa orang cina selalu kaya dan sukses dalam kehidupannya. Nah kali ini pandbis akan bagikan rahasia sukses orang Tionghoa baik dalam hal karir atau bisnis yang ia jalani. Dalam uraian kali ini juga akan dijelaskan bagaimana cara orang cina bisa menjadi kaya dan mencapai semua impiannya.


Strategi dan rahasia sukses Orang Tionghoa/Cina dalam bisnis

Selalu yakin dan percaya diri

Orang cina memiliki keyakinan dan rasa percaya diri yang tinggi. Ketika dia menginginkan dan melakukan sesuatu dia Dia selalu optimis bahwa dia akan mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Berani bermimpi

Walau dalam keadaan yang serba susah dan dibawah. Orang cina selalu berani bermimpi untuk menjadi orang yang sukses dalam karir dan bisnis. Disamping memiliki optimisme yang tinggi Dia melakukan sesuatu dengan ulet dan tekun. Tidak mudah putus asa dan selalu mencoba dengan semangat tinggi. Orang cina tak malu dan segan meniti karir dari bawah untuk mencapai impiannya. Orang cina selalu percaya bahwa roda kehidupan selalu berputar. Mungkin saat ini ia dibawah,  namun ia yakin bahwa suatu saat ia pasti akan berada diatas.

Selalu bekerja dan bekerja tak pernah bosan

Memiliki semangat tinggi dan menghasilkan suatu karya dalam dirinya adalah sebuah kewajiban dan tugas yang harus dilakukan. Orang cina akan merasa malu jika dalam hidupnya tidak ada hal berarti yang ia lakukan. Dia menggunakan waktu-demi waktu untuk berkarya dan bekerja. Ia sadar waktu begitu singkat dan kesempatan yang datang dihari ini belum tentu ia dapatkan esok hari.

Hidup hemat dan tidak suka foya-foya

Orang cina selalu berhemat dan tidak suka berfoya-foya menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang tidak penting.  Ia selalu berfikir untuk tiga keturunan. Ia selalu memikirkan masa depan keluarga, istri, anak dan cucunya. Jika ia memiliki uang R. 100.000, maka ia tidak akan membelanjakannya lebih dari separo uangnya itu. Paling hanya 20.000 – 30.000 saja yang dipake belanja, sisanya ditabung untuk masa depan anak dan cunya.

Tak kenal menyerah

Orang Tionghoa selalu sadar bahwa untuk menggapai sesuatu yang tinggi itu tidak mudah. Masalah dan rintangan akan selalu hadir mengiringi perjalanannya. Dan orang tentu memiliki cara dan gaya yang berbeda dalam menyikapi rintangan dan hambatan tersebut. Orang Cina percaya, setiap rintangan dalam kehidupan ini akan membawa dirinya pada kondisi yang lebih baik dan kuat. Ibarat ujian kenaikan pangkat, Jika berhasil dilewati maka ia akan memperoleh hasil  yang lebih besar. Ada pepatah klasik yang sejalan denganhal ini yaitu, kehidupan seseorang hendaknya seperti “ikan mas yang berhasil melompati jembatan naga”. Di Jepang dan Cina, ikan mas adalah lambangn kekayaan dan kesejahteraan. Di sungai mereka berenang menentang arus dari hilir ke hulu, untuk menangkap makanan. Walau sesekal terbawa arus, mereka berenang kembali menuju arah semula. Untuk menangkal kuatnya arus, ikan mas berenang menepi. “Pelajaran yang bisa ditarik adalah setiap orang harus mau berusaha untuk mencapai sesuatu. Kalau menemukan masalah, jangan lekas menyerah dan berusahalah mencari solusinya. Kemudian, maju lagi menuju tujuan semula yang telah direncanakannya.

Selalu memberikan pelayanan/service terbaik

Dalam menjalankan bisnisnya orang cina selalu memberikan pelayanan dan service terbaik. Mereka selalu menjaga reputasi dan image baik kepada siapapun. Ini adalah poin penting yang harus di jaga. Ia selalu menepati janji, meyelesaikan tugas pekerjaan pada waktunya, selalu bersikap ramah dan baik kepada semua orang. Inilah prinsip yang dilakukannya. Ia akan menjaga kepercayaan yang diberikan kepadannya dan begitu sebaliknya ia tak akan mudah percaya dengan orang yang baru dikenalnya. Terkait denga hal ini, dalam kebudayaan Tionghoa, ada pepatah yang berbunyi “Jika tidak pandai tersenyum, janganlah membuka toko.” Kira-kira maksudnya adalah dalam berkarir ataupun berbisnis, kemampuan kerja seseorang bukanlah hal utama yang dijadikan penilaian, faktor yang tak kalah penting adalah menyangkut kemampuan membawa diri dan kesediaan untuk memberika pelayanan yang terbaik setiap kali mengerjakan sesuatu. Jadi jelas bahwa orang cina selalu menjaga hubungan baik dengan klien dan semua orang serta selalu memberikan service yang terbaik kepada pelanggan/konsumen.

Menguasai bisnis dari hulu ke hilir

Menguasai bisnis dari hulu ke hilir adalah suatu hal yang harus dilakukan bagi orang cina. Dalam buku “Resep Kaya Ala Tionghoa” karya Lie Charlie, agar lebih hemat, seorang pengusaha Tionghoa akan berusaha memangkas biaya produksi dengan cara menangani sendiri keseluruhan proses produksinya. Misalnya, seorang pengusaha mie instan akan membuat sendiri semua bahan baku mie. Tepung terigu, bumbu-bumbu bawang, cabai, atau tmat diusahakan dibuat sendiri atau dengan menggandeng pemasok yang sudah dikenal, sehingga bisa member nya harga ‘miring’. Jadi selain berkonsentrasi pada bisnis hilir, pengusaha Tionghoa juga akan mengembangkan bisnis di hulu untuk mendukung keseluruhan usahanya. Meski cara yang biasa ditempuh pengusaha Tionghoa ini secara ilmu ekonomi bisa berbahaya karena rawan tindak monopoli, Anda bisa mengambil sisi positifnya. Misalnya, sebagai pegawai, Anda juga bisa menerapkan tips ini dengan cara mengenal dan (kalau bisa) mengusai seluruh pekerjaan yang berkaitan dengan posisi Anda di kantor. Misalnya, sebagai seorang staf marketing suatu perusahaan penerbitan, Anda juga perlu mengetahui proses pembuatan naskah, layout, hingga pemasarannya. Bekali pula diri Anda dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat dari pelbagai sumber. Selain itu orang cina selalu serius menjalankan bisnis yang ia geluti.

Memelihara mitra dan relasi bisnis

Relasi bisnis menjadi salah satu hal yang selalu dibangun dan dipelihara oleh orang cina. Mereka sangat mementingkan kekerabatan dan membangun mitra. Mereka percaya bahwa tidak ada orang yang memapu hidup sendiri tanp bantuan orang lain. Dengan memiliki relasi, peluang bisnis terbuka lebar. Alam hal ini pelaanggan juga merupakan relasi yang harus dijaga.

Tidak malas dan mudah bosan dengan pekerjaan

Orang cina merupakan pekerja yang ulet dan tekun.  Sikap malas an bosan akan pekerjaan merupakan musuh yang harus dihilangkan dari dirinya. Ia selalu memberikan pekerjaaannya yang terbaik. Jika ia ditawari lembur maka dengan cepat mereka akan bilang iya. Sabar, ulet, tekun dan pekerja keras adalah sikap yang harus dimiliki oleh mereka.

Itulah alasan kenapa orang Tionghoa selalu sukses dalam bisnis dan karir yang ia jalani. Mereka selalu serius bekerja dan berjuang tanpa lelah untuk terus berusaha menggapai impiannya. Dengan apa yang pandbis uraikan kali ini, semoga kita bisa dapatkan informasi positif dan tambahan pengetahuan untuk kebaikan hidup kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ungkap Rahasia Sukses Orang Tionghoa Dalam Bisnis Dan Karirnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel