Tips Investasi Saham Yang Aman Untuk Investor Pemula

Sahabat tentu sudah sering mendengar istilah investasi, namun tidak jarang masih banyak yang belum memahami benar tentang arti investasi itu sendiri, dan juga bagaimana memulai investasi, dimana harus berinvestasi, kapan harus memulai, seperti apa strateginya, serta apa keuntungannya. 

Investasi sering dikaitkan dengan menabung dan hal itu ada benarnya, namun sejatinya antara menabung dengan investasi itu berbeda. Lalu apakah investasi itu?

Investasi sederhananya dapat diartikan aktivitas membeli barang modal seperti money capital (saham) dan capital investment (real asset/property/peralatan modal, dll.), sedangkan menabung mempunyai makna menahan diri dari pengeluaran untuk keperluan masa datang dan biasanya berhubungan dengan produk bank seperti tabungan, deposito dan lainnya.

Untuk investasi saham money capital terlebih dahulu harus mengenali macam-macam saham dan bentuknya.

Macam-macam cara investasi saham yang aman

Macam-macam saham

1. Saham biasa (common stock)

Hak pemegang saham biasa :

  • Hak kontrol: hak untuk memilih pimpinan perusahaan (hak untuk mengontrol siapa yang akan memimpin perusahaan. Hak kontrol dapat dalam bentuk veto.
  • Hak menerima pembagian keuntungan: jika perusahaan membagika dividen, semua pemegang saham biasa  mendapatkan hak yang sama. Pembagian dilakukan setelah perusahaan membayar dividen kepada pemegang saham preferen.
  • Hak preemptive: hak untuk mendapatkan presentase kepemilikan yang sama jika perusahaan mengeluarkan tambahan lembar saham. Tujuannya melindungi hak control pemegang saham lama dan melindungi harga saham lama dari kemerosotan nilai.


2. Saham preferen (preferred stock)

Merupakan saham yang mempunyai sifat gabungan antara obligasi dan saham biasa

Kharakteristik saham preferen
  1. Preferen terhadap deviden: pemegang saham preferen berhak menerima deviden terlebih dahulu dibanding pemegang saham biasa, saham preferen umumnya juga memberikan hak dividen kumulatif
  2. Preferen pada waktu likuidasi: pemegang saham preferen lebih dulu berhak atas aktiva perusahaan dibanding pmegang saham biasa.


Macam-macam saham preferen
  1. Convertible preferred stock (saham preferen yang dapat dikonversikan ke saham biasa)
  2. Callable preferred stock (saham preferen yang dapat ditebus)
  3. Floating atau adjustable-rate preferred stock: saham preferen dengan tingkat dividen mengambang
  4. Saham treasuri (treasury stock): saham milik perusahaan yang sudah pernah dikeluarkan dan  beredar yang kemudian dibeli kembali oleh perusahaan untuk disimpan sebagai treasuri yang nantinya dapat dijual kembali.


Tips investasi saham paling aman

Belakangan ini banyak sekali terjadi penipuan dalam bentuk investasi. Mereka banyak menawarkan keuntungan dan bunga besar untuk menarik minat para korbanya. Nah, untuk menghindari penipuan dalam bentuk investasi berikut ini ada kiat dan tips aman investasi saham untuk pemula yang bisa sahabat pahami dan dijadikan bekal pengetahuan serta persiapan diri sebelum menginvestasikan sahamnya.

  1. Jangan terlalu tergesa-gesa dalam berinvestasi karena peluang investasi terbaik tidak selalu tersedia sepanjang waktu.
  2. Jika ingin berinvestasi dalam bentuk saham kenali terlebih dahulu saham perusahaan yang akan kalian beli dan bisnis apa yang dijalankan perusahaan tersebut. Semakin banyak informasi yang didapatkan, semakin banyak pula bahan pertimbangan untuk menentukan keputusan jadi tidaknya berinvestasi di perusahaan tersebut.
  3. Walaupun saham suatu perusahaan sedang dalam posisi murah, jangan terlalu terburu-buru untuk membelinya. Harus diingat bahwa saham suatu perusahaan yang sedang dalam keadaan murah biasanya mengindikasikan jika perusahaan tersebut sedang bermasalah.
  4. Berpikirlah seperti seorang pengusaha yang rasional, logis dan realistis. Pertimbangkan selalu untung, rugi dan resiko yang dihadapi.
  5. Ketika kalian sudah terjun dalam bisnis ini, jangan hanya diam karena bursa tidak memberi jaminan bahwa investasi akan selalu naik.
  6. Jangan terlambat untuk memulai, terlambat berarti melakukan kesalahan karena Anda akan kehilangan kesempatan. Semakin awal memulai semakin baik.
  7. Jangan terlalu berspekulasi. Walaupun kalian orang yang termasuk super-berani, sebaiknya kalian tidak menempatkan semua uang pada satu investasi yang sangat spekulatif.
  8. Ihwal jenis investasi apa yang akan Anda pilih, bergantung pada di pasar/bursa mana Anda akan bermain.
  9. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi saham, kalian harus belajar terlebih dahulu cara mengelola keuangan pribadi dan bagaimana menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran.
  10. Jangan terlalu sering bertransaksi. Investor yang terlalu sering bertransaksi sering terjebak pada kondisi psikologis pasar sehingga terkadang membeli ketika harga mahal dan menjual ketika harga murah. Selain itu, investor juga akan terbebani biaya bertransaksi.
  11. Jika ingin berinvestasi yang aman, sebaiknya kalian menginvestasikan uang di berbagai macam investasi pada kurun waktu setahun pertama yang kemudian dapat dilanjutkan dengan investasi dalam jangka panjang, misalkan dalam waktu 5-10 tahun. Hal ini dilakukan karena semakin lama investasi, semakin minim risiko kerugiannya. 


Itulah beberapa kiat dan tips sukses investasi saham paling aman yang bisa sahabat jadikan tambahan pengetahuan dalam melihat peluang terbaik untuk menginvestasikan uang atau modal kalian, serta untuk menganalisa kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi nantinya. Berhati-hatilah untuk berinvetasi dan Jangan terburu-buru untuk mengeluarkan modal investasi, pahami dulu tentang keuntungan serta kemungkinan-kemungkinan terburuk, juga persiapkan strategi khusus dalam menjalankannya. Semoga uraian pandbis tentang tips investasi saham secara aman ini dapat berguna.

Sumber/referensi: Okezone.com, ilerning.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel