Cara Merubah Background Gambar, Foto Menjadi Transparan Cepat Dan Mudah Tanpa Photoshop

Mengubah background gambar foto menjadi transparan diperlukan ketika kita ingin menggabungkan dua foto atau lebih menjadi satu background yang utuh. Background gambar transparan juga dibutuhkan ketika kita ingin memasukkanya kedalam file presentasi atau misalnya kalian ingin memakainya ke dalam blog agar background gambar menyatu dengan template blog kalian.

Bagaimana cara mengubah background gambar foto menjadi transparan? 

Caranya mudah kok, cara agar background menjadi transparan kita tetep butuh bantuan aplikasi, namun kali ini kita tidak memakai photoshop atau corel yang memang sedikit ribet dan butuh skill khusus. Namun pandbis disini akan memakai aplikasi Paint yang cukup ringan dan mudah dalam menggunakannya. Selain itu aplikasi pengolah foto Paint.NET ini juga gratis lhoh. Keunggulan software Paint.NET ini bila dibandingkan dengan aplikasi pengolah foto gratis lainnya adalah program ini memungkinkan kita bekerja dengan banyak layer serta ringan walau komputer RAM kecil bisa membukannya.

Untuk melakukanya silahkan ikuti langkah-langkah yang pandbis bagikan berikut ini;

Jika belum punya silahkan download dulu software aplikasinya. Downloadnya cari saja di search Google dengan keyword Paint.NET karena memang aplikasi ini freeware dan bisa kalian gunakan sepuasnya.

Setelah selesai mendownload aplikasinya, silahkan Install aplikasinya dan jalankan lalu Open file gambar yang mau kalian rubah backgroudnya .

Cara mudah membuat background gambar dan foto jadi transparan

Silahkan klik "Tool" lalu pilih "Magic Wand",

Tutorial mengubah background foto jadi transparan

Selanjutnya geser tool bar "Tolerance" ke angka 20% saja.

cara bikin background gambar transparan

Kemudian klik mouse pada bagian background gambar yang akan kalian buat menjadi transparan.

Mengubah background gambar jadi transparant

Kemudian hapus/deleted bagian tersebut yang akan dibuat transparan dengan menekan tombol DEL pada keyboard. Untuk bagian-bagian tertentu kalian juga dapat menggunakan tool "Ellipse select", dan klik DEL.

Panduan ubah background latar foto transparan

Apabila background gambar sudah menjadi transparan, maka kalian dapat menyimpannya melalui SAVE AS gambar dengan ektension PNG/GIF. Ingat harus dengan extensi PNG/GIF agar background foto tetap transparan. Dan di jendela yang muncul dibagian Bit Depth pilih Auto-Detech lalu klik OK.

Teknik cara ubah background gambar menjadi transparan

Nah selesai, sekarang background gambar foto kalian sudah menjadi transparan dan siap untuk di gunakan gabungkan dengan foto lainya.

Tutorial mengubah background gambar atau latar belakang foto menjadi transparan tersebut semoga dapat membantu kalian yang ingin mengedit gambar/foto dengan latar transparan dengan mudah dan cepat tanpa harus memakai software photoshop atau corel draw. Terimakasih sudah mampir ke halaman ini dan mudah-mudahan apa yang pandbis bagikan bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel