Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Jeruk keprok Manis, Peluang Usaha & Prospek Bisnisnya Di Indonesia

Salah satu peluang usaha dibidang pertanian yang memiliki prospek bagus dari sisi bisnisnya adalah budidaya jeruk keprok manis. Untuk di Indonesia sendiri permintaan pasar akan jeruk keprok ini sangatlah tinggi sehingga jelas menjadi peluang menarik nan menguntungkan jika dikembangkan menjadi lahan bisnis.

Jeruk keprok adalah salah satu jenis jeruk yang sering dibudidayakan di Indonesia dan Negara lainya yang memiliki iklim tropis dan subtropis yang stabil, umunya lebih bagus ditanam di dataran tinggi dan tidak tergenang air. Jeruk keprok atau dalam bahasa latin disebut Citrus nobilis Lour ini memiliki ciri-ciri fisik yaitu tekstur kulit yang tipis, ketika buah sudah menua kulitnya akan semakin menipis namun daging jeruknya bisa tetap segar dan rasanya manis. 

Peluang usaha budidaya jeruk keprok manis

Untuk jenis Jeruk keprok memang tergolong k dalam kelompok buah yang sering dihidangkan diatas meja atau sebut6an lainya yaitu jeruk meja. Jeruk ini sangat populer dijadikan buah penutup santapan, karena itulah permintaan pasar jeruk ini sangatlah tinggi dan ini banyak dilirk oleh para petani untuk dibudidayakan sebagai peluang bisnis potensial.

Cara Menanam (budidaya) Jeruk Keprok Manis


1. Memilih kondisi tanah tempat pertumbuhan Jeruk Keprok

Sebelum memutuskan untuk membudidayakan jenis jeruk keprok manis ini, terdapat beberapa hal yang harus kalian perhatikan benar-benar, salah satunya yaitu kondisi tanah sebagai tempat membudidayakan jeruk. Secara umum jeruk ini memang bisa tumbuh di beberapa lokasi dan kondisi, namun jika jenis jeruk yang satu ini dibudidayakan ditempat yang tepat maka akan menghasilkan rasa yang manis dan segar serta akan tumbuh subur buahnya. 

Hal pertama yang mesti kalian perhatikan ialah memilih karakteristik tanah sebagai media tanam jeruk keprok manis. Untuk jenis tanah yang baik yaitu tanah jenis latosol dan juga andosol, serta lokasinya tidak boleh tergenang air, untuk pH tanah antara 5-7,5 dengan pH optimum yaitu 6, sementara jeruk keprok manis ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki kemiringan sampai 30° (tiga puluh derajat).

Selain hal pertama tersebut, yang perlu diperhatikan dalam membudidayakannya ialah ketinggian dataran tempat menanam dari permukaan laut. Memang pada dasarnya untuk jenis jeruk ini bisa mudah tumbuh di dataran rendah ataupun tinggi. Namun dari segi kualitas buah akan jauh lebih baik jika jeruk keprok ditanam pada dataran tinggi.

Budidaya Jeruk keprok manis ini akan tumbuh subur ditanam pada daerah beriklim tropis dan subtropis, dengan kisaran suhu antara 25 sampai 30°C, dan dengan curah hujan berkisar antara 1.250-1.900 mm per tahunnya. Untuk segi kelembaban udaranya antara 70 - 80 % dan dengan penyinaran matahari berkisar 50-60 % (jeruk jenis ini tidak bagus ditanam di tempat yang terlindung). 

2. Pemilihan bibit jeruk keprok

Jika sahabat sudah memiliki lokasi tanam yang dirasa sesuai, selanjutnya yaitu memilih dan menentukan bibit jeruk yang bagus untuk sahabat budidayakan. Pastikan lagi untuk semua komponen tanam sudah siap benar. Untuk bibit jeruk keprok terdapat dua jenis bibit yang berbeda tergantung tempat budidayanya, di dataran rendah atau dataran tinggi. Pilihlah bibit yang berkualitas baik dan sesuai dengan lokasi sahabat untuk menanamnya.

3. Teknik pemeliharaan tanaman Jeruk Keprok Manis

Terkait perawatan tanaman jeruk ini harus dilakukan dengan teknik yang benar dan tepat agar dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas nantinya. 

Pertama, karena tanaman ini tidak suka pada tempat dengan air tergenang maka lokasi tanam harus dibuat sistem drainase yang baik. Bisa diantisipasi dengan membuat semacam guludan kira-kira ukurannya 1x1x1 m berlaku untuk setiap pohon jeruk kerpok.

Sementara untuk jarak tanam untuk jeruk keprok manis ini idealnya yaitu 5×5 meter sehingga nantinya dalam 1 hektar tanah dapat ditanami sekitar 400 pohon jeruk. 

Sedangkan untuk pemupukan tanaman jeruk, dapat dilakukan menggunakan pupuk sintetik, pupuk ksobatang, atau juga bisa di kombinasikan keduanya. Jika kalian menggunakan jenis pupuk sintetik, perhitungannya untuk sampai tahun ke-5, lakukan pemupukan dengan frekuensi antara 2 - 4 kali pemupukan pertahun dengan menggunakan pupuk urea, ZK, dan TSP.

Pemeliharaan tanaman jeruk lainya yang tidak kalah penting untuk dilakukan yaitu pemangkasan. Proses pemangkasan perlu dilakukan berguna untuk meningkatkan produktifitas pohon jeruk, karena dengan dilakukan pemangkasan bisa meningkatkan jumlah cabang, juga dapat mengurangi jumlah daun yang efeknya dapat merangsang pertumbuhan buah tanaman yang lebih banyak lagi.

Proses pemangkasan juga dapat menghambat pertumbuhan hama dan penyakit pada jeruk. Pemangkasan pertama dapat dilakukan pada saat tanaman mempunyai tinggi sekitar 60 cm untuk mendapatkan percabangan tanaman dan bentuk pohon yang lebih baik.

Untuk melakukan tahapan pemangkasan dasar yaitu melakukan pemotongan batang utama, pemeliharaan tunas, dilanjut ke pemilihan dan pemeliharaan cabang utama. 

Pemeliharaan lainya yaitu proses penjarangan buah jeruk keprok. Penjarangan disini dapat dilakukan pada pohon yang mempunyai buah yang leba. Tujuan penjarangan ini yaitu untuk memperbaiki kualitas buah dan juga menjaga kestabilan pada musim panen berikutnya.

4. Langkah pengendalian Hama pada tanaman Jeruk Keprok

Jika kaitannya dengan tanaman, maka langkah penting yang tidak bisa dilewatkan yaitu pengendalian hama. Jika langkah ini dilakukan dengan baik dan benar maka tanaman akan dapat mencapai produktifitas maksimum. 

Untuk tanaman jeruk keprok, jenis hama dan penyakitnya lumayan banyak maka perlu langkah pengendalian dengan usaha yang intensif dan terkadang bisa rumit. Jenis hama yang sering menyerang tanaman jeruk keprok manis seperti hama ulat peliang daun, kutu loncat, kutu daun, kutu penghisap, tungau, kumbang, penggerek buah, dan lain-lainya yang juga masih banyak. Maka perlu melakukan identifikasi sedini mungkin akan potensi hama, kemudian lakukanlah pembasmian hama dengan memberikan obat hama jika terdapat hama yang menyerang.

Langkah antisipasi pengendalian hama dapat dilakukan mulai dari proses pemilihan bibit, proses tanam yang benar, proses pemelihraan, dan pemupukan yang tepat. Jika itu dilakukan secara benar dapat meminimalisir terjadinya serangan hama tanaman pada jeruk keprok manis ini.

5. Waktu memanen Jeruk Keprok

Masa yang paling menyenangkan dibidang pertanian yaitu masa panen. Begitu juga dengan tanaman jeruk keprok ini, masa panen menjadi hal yang jelas dinantikan.

Untuk jeruk keprok manis ini, produksi pertama dapat dimulai setelah tiga tahun atau tahun ke-3. Namun untuk tujuan bisnis dan keberlasungan produksi yang lebih panjang, buah pertama kali dari jeruk keprok biasanya dihilangkan untuk tujuan memperpanjang masa produksi jeruk. Sedangkan produksi pertama dari jeruk keprok yang diambil untuk tujuan bisnis atau komersial yaitu pada tahun ke-4 dan bisa terus bertahan hingga tahun ke-20 terhitung setelah tanam.

cara menanam jeruk keprok yang baik dan benar, mulai perawatan sampai berbuah dan panen

Penting untuk diperhatikan yaitu jeruk termasuk jenis buah non-klimakterik, yaitu buah yang tidak dapat melanjutkan kematangannya setelah buah dipetik dari pohonnya. Karena itulah dalam budidaya jeruk keprok ini masa memanen buah harus dilakukan pada saat buah sudah matang di pohon, yaitu buah sudah umur sekitar 28-36 minggu, ini bertujuan agar rasa manisnya tercapai dan tetap terjaga dimana sesuai dengan karakteristik asli rasanya.

Memanen buah jeruk harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan masa kematangan buah, ini untuk menghindari adanya buah yang belum masak sehingga rasanya akan masam.

Cara Memulai Bisnis Jeruk Keprok Manis


Jeruk menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan gizi dan vitamin tinggi didalamnya. Karena itu buahy jeruk sangat di gemari semua orang dan menjadi buah yang sangat populer di dunia. Dan jika kita berfikir bisnis maka bisnis jeruk keprok menjadi pilihan logis untuk sahabat jalani.

Bisnis budidaya tanaman buah-buahan saat ini memang gak ada matinya, begitu juga dengan bisnis budidaya salah satu jenis jeruk yang dikenal namanya dengan jeruk keprok manis, ini jelas akan menjadi sebuah peluang besar dan merupakan lahan bisnis yang menguntungkan dengan prospek menjanjikan. 

Untuk memulai bisnis ini jika kalian memiliki keterbatasan lahan dan modal, jangan berkecil hati sebab kalian dapat memulai dengan modal yang kecil dengan lahan seadanya dulu. Intinya jika kalian benar-benar memiliki niatan lakukanlah dengan baik dan tekun serta terus kembangkan. 

Intinya budidaya jeruk keprok ini dapat dilankan oleh semua orang yang memiliki niat, dan tidak ada batasanya.

Kesulitan dan kekurangan bisnis budidaya jeruk keprok manis

Walau tanaman jeruk keprok bisa tumbuh di daerah dataran tinggi dan rendah dengan iklim tropis dan subtropis, namun tantangan akan serangan hama yang banyak serta dengan masa panen yang relatif lama akan sedikit membuat kalian lama menunggu hasilnya. Sementara itu juga untuk memasarkannya persaingan para pebisnis yang tinggi juga menjadi rintangan tersendiri.

Peluang pasar dan konsumen bisnis jeruk keprok manis

Untuk pasar jelas jeruk kerpok menjadi salah satu jenis jeruk dengan permintaan tinggi dan erlatif stabil. Sementara untuk konsumen juga tidaklah sulit, konsumen jeruk keprok manis cukuplah besar mulai dari pelaku bisnis itu sendiri yang membutuhkan bahan jeruk keprok manis sebagai bahan baku produknya, dan tingginya konsumsi masyarakat akan buah jeruk.

Untuk pemasaranya kalian dapat menjualnya langsung ke pasar atau menawarkannya ke penjual-penjual buah. Sedangkan untuk skala besar dengan produksi besar bisa bekerjasama dengan perusahaan atau pebisnis jeruk skala besar. 

Harga jual budidaya jeruk keprok manis

Bisanya harga jual jeruk keprok ini patokan harganya adalah per kg. untuk harga saat ini berkisar mulai Rp. 20.000,00 hingga Rp. 25.000,00. Harga ini bisa naik dan turun tergantung stok buah jeruk dipasaran yang jelas akan membuat pergeseran harga nantinya.

Jadi jelas jika sahabat memiliki lahan yang cukup dan ideal bisa membuat langkah tepat untuk menjalankan bisnis budidaya jeruk keprok ini. dengan permintaan pasar yang tinggi dan harga yang relatif stabil jelas ini adalah peluang bisnis yang menguntungkan untuk ditekuni.