7 Usaha Budidaya Sayuran Termudah, Cepat Panen Dan Menguntungkan

Budidaya sayuran menjadi salah satu peluang usaha yang memiliki prospek bagus dan memberikan keuntungan besar serta cepat panen. Sayuran sendiri memiliki kandungan gizi yang komplit yang dibutuhkan oleh tubuh kita, kesadaran masyarakat akan pentingnya sayuran segar membuat permintaan pasar kian meningkat dan ini berimbas pada harga sayuran yang terus mengalami kenaikan. itulah mengapa usaha budidaya sayuran memiliki prospek yang bagus dan menjanjikan keuntungan besar.

Usaha dibidang pertaniaan khususnya jenis sayuran saat ini banyak diminati, bukan hanya dari kalangan petani saja bahkan kalangan pegawai kantoran juga banyak yang menjadikan waktu luangnya untuk membudidayakan dengan memilih jenis sayuran yang cepat panen, mudah untuk penanaman dan perawatannya. 

Sayuran apa sajakah yang mudah dibudidayakan dengan masa panen cepat serta menguntungkan? 
Jenis sayuran seperti kangkung, bayam, sawi, selada, kacang panjang, dan jenis lainya dapat menjadi pilihan kalian untuk dibudidayakan. Sayuran tersebut sangat populer dan permintaan pasar tinggi, selain itu memiliki umur panen yang singkat serta gampang ddibudidayakan. 

Lalu bagaimana saya membudidayakannya sementara saya tidak memiliki lahan pertanian?

Mungkin bagi kalian yang memiliki lahan pertanian cukup tidaklah bingung mencari tempat menanam sayuran tersebut. Namun bagi yang lahannya sempit atau bahkan tidak ada lahan sama sekali tentu akan berfikir dimana dan bagaimana cara menanam sayuran. 

Dan tenang saja, untuk yang tidak memiliki lahan pertanian masih bisa membudidayakannya kok, sebab jenis sayuran tersebut bisa ditumbuh di tempat yang sempit dan terbatas. Kalian dapat menanam sayuran di polybag atau di pot. Kalian dapat memanfaatkan lokasi belakang rumah, samping kanan kiri,dan bahkan depan rumah untuk menempatkan polybag atau pot tanaman sayuran. 
Jenis-jenis sayuran yang mudah dibudidayakan dan cepat panen serta memiliki prospek keuntungan tinggi.

usaha budidaya sayuran menjanjikan untung besar

Berikut ini pandbis akan bagikan beberapa jenis sayuran populer yang mudah untuk dibudidayakan serta memiliki prospek bisnis yang bagus. Sedikitnya ada 7 (tujuh) jenis sayuran yang pandbis rekomendasikan dan bisa kalian jadikan pilihan untuk dibudidayakan.

1. Kangkung

Kangkung merupakan sayuran yang mudah tumbuh dan dibudidayakan. Sayuran ini juga memiliki pertumbuhan yang cepat serta tinggi permintaanya. 

usaha budidaya kangkung cepat panen

Penting untuk kalian tahu jika terdapat dua jenis kangkung yang biasa dijual di pasaran. Yaitu jenis kangkung berdaun licin dan berbentuk seperti mata panah, panjangnya antara 10–15 cm. dan jenis kangkung dengan daun sempit yang memanjang, dan biasanya daunnya tersusun menyirip tiga.

Tanaman kangkung biasanya akan produksi setelah 4 – 6 minggu dari masa tanam. Dan selanjutnya bisa dipanen antara 7 – 10 hari sekali.

2. Bayam

Sayuran yang mudah dan cepat dibudidayakan yang kedua adalah bayam. Siapa yang tak kenal bayam, nama sayuran ini sudah sangat populer dan memiliki kandungan gizi tinggi serta banyak khasiatnya. Hampir semua orang menyukai sayuran ini.

Usaha tanam bayam yang cepat

Bayam salah satu tumbuhan yang biasanya ditanam dengan maksud untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Bayam sendiri awalnya berasal dari Amerika tropik namun sekarang tumbuhan ini tersebar ke seluruh penjuru dunia. Banyaknya kandungan gizi didalamnya termasuk kandungan zat besi yang penting untuk tubuh membuat bayam banyak disukai untuk dikonsumsi.

Ada dua jenis bayam yaitu bayam petik dan bayam cabut. Untuk bayam petik biasanya daunya lebar dan tingginya bisa mencapai 2 meter dan mulai tanam sampai panen biasanya antara 2 – 3 bulan. 

Sementara untuk jenis bayam cabut memiliki ukuran batang dan daun lebih kecil dan masa panen lebih singkat yaitu sekitar 25 hari saja.

3. Sawi

Sawi menjadi jenis sayuran dengan permintaan tinggi. Banyak olahan makanan yang dipadukan dengan sawi sebagai pelengkap citarasa. Memiliki daun hijau dan banyak disukai di Indonesia.

Sawi menjadi sayuran yang mudah dibudidayakan

Sawi merupakan kelompok tumbuhan dari marga Brassica yang sering dimanfaatkan daun dan bunganya untuk diolah dan dikonsumsi sebagai sayuran atau campuran makanan. 

Sawi juga mudah untuk dibudidayakan serta cepat panen. Mulai tanam sampai siap panen kira-kira membutuhkan waktu sekitar 30 – 45 hari saja.

4. Selada 

Jenis sayuran cepat panen dan mudah dibudidayakan lainya yaitu Selada. Sayuran ini sudah populer dan banyak diolah menjadi pelengkap menu masakan dan dikonsumsi sebagai sayuran untuk diet. Banyak sekali khasiat selada untuk dapat kita manfaatkan karena terdapat kandungan gizi tinggi didalamnya. 

Budidaya selada dan prospek bisnisnya

Selada menjadi sayuran yang mudah dibudidayakan baik di pot ataupun polybag. Kalian dapat membudidayakannya dirumah karena mudah perawatan dan bisa cepat panen.

Ada 4 jenis selada yaitu selada kepala renyah, selada kepada mentega, selada cos, dan selada daun longgar. 

5. Kacang Panjang

Ngomongin soal sayuran kacang panjang tentu sudah tidak asing ditelinga kita. Sayuran ini begitu populer dan memiliki kandungan gizi tinggi didalamnya.

Budidaya tanaman kacang panjang yang cepat panen

Kacang panjang sendiri merupakan jenis tumbuhan yang sering dikonsumsi dalam bentuk dibuat sayur atau lalapan begitu saja. tanaman ini tumbuh dengan cara melilit dan merambat naik (memanjat). Berbeda dengan kangung, sawi, bayam, dan selada, kacang panjang yang digunakan untuk dikonsumsi adalah buahnya yang masih muda. Sementara untuk daunnya yang sering disebut dengan lembayung dapat juga dikonsumsi untuk dijadikan sayuran hijau.

Untuk cara menanam kacang panjang yaitu dengan tanam langsung dengan memasukan 2-3 biji kedalam lubang tanah sedalam 1- 2 cm kemudian ditimbun tanah subur (kompos), bisa juga ditanam di polybag atau pot. Masa panen kacang panjang antara umur 45 hari setelah tanam.

6. Buncis

Buncis merupakan jenis kacang-kacangan yang umum dibuat sayuran, dimasak dalam bentuk tumisan atau dibuat sayur. Buncis mudah dibudidayakan dan bisa ditanam dalam polybag atau pot dilahan sempit. 

Tanaman buncis hijau

Buncis banyak digemari karena kaya dengan kandungan protein dan vitamin yang dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah, serta cocok dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes dan hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi pada buncis ampuh untuk membantu penurunan berat badan.

Untuk cara menanam buncis sendiri yaitu dapat ditanam langsung dengan memasukan 2-3 biji kedalam lubang sedalam 1- 2 cm lalu ditimbun dengan tanah subur. Tanaman buncis sendiri tumbuh melilit dan merambat, maka tanaman memerlukan tiang untuk penopang sekaligus tempat merambat.

7. Terung

Satu lagi jenis sayuran yang cepat panen dan mudah dibudidayakan yaitu terung. Sayuran ini sudah sangatpopuler di dunia dan memiliki banyak kandungan gizi penting untuk tubuh.

Usaha budidaya terung dan cara menanamnya

Terung sendiri merupakan jenis tanaman yang berbuah, dan buahnya itulah yang dijadikan sayuran dan dikonsumsi.

Secra umum ada dua jenis terung yaitu terung hijau dengan warna pohon dan buahnya hijau, serta terung ungu dengan warna buahnya ungu.

Untuk cara menanam terung yaitu dengan teknik semai, istilah lainya yang biasa dipakai yaitu bendengan, kemudian setelah tumbuh minimal 4 daun lalu dipindah di media tanam untuk pembesaran. Untuk panen terung dapat dilakukan setelah 70 – 80 hari setelah tanam, dan kemudian setelah 5 hari sekali.

Nah itulah 7 jenis sayuran cepat panen dan mudah dibudidayakan serta prospek bisnisnya bagus. Semoga apa yang pandbis share memberikan manfaat untuk sahabat semuanya. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Usaha Budidaya Sayuran Termudah, Cepat Panen Dan Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel