Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memperbaiki Kartu Memori HP Rusak, File Gak Kebaca/Terlihat

Jika kartu memori HP atau Smartphone rusak, jangan langsung dibuang dan menggantinya dengan memori yang baru dulu sob. Kartu memori biasanya dipakai sebagai memori tambahan pada HP atau smarphone agar mampu menyimpan data-data seperti foto, video, music dan sebagainya. Tentu menjadi sebuah masalah jika tiba-tiba memori yang berisi banyak file penting tiba-tiba rusak dan gak bisa kebuka di smarphone kita.

Tapi tenang saja, buat kalian yang memiliki memori rusak jangan langsung dibuang, siapa tahu itu masih bisa diselematkan. Nah, kali ini belajar kreatif akan bagikan 5 cara memperbaiki kartu memori rusak agar dapat dipakai lagi.

Tutorial cara memperbaiki memori hp rusak atau file gak kebaca

Cara ke-1

Silahkan matikan HP/Smartphone dan keluarkan kartu memori dari smarphone anda. Bersihkanlah lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan dengan menggunakan penghapus pensil. Lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai lempengan tembaga itu tambah rusak. Usahakan bagian kuning tembaga jangan dipegang atau mengenai jari kita karena dikhawatirkan nanti tambah kotor.

Jika dirasa sudah bersih, masukkan lagi kartu memori ke Smarphone dan lihatlah apakah sudah terdeteksi dan digunakan kembali. Jika masih belum lanjutkan ke langkah kedua.

Cara ke-2

Dalam langkah ini diharuskan HP/Smartphone kalian dalam keadaan hidup. Caranya masuk ke pilihan ‘Options Memory Keseluruhan Space Repair’. Jika kamu menggunakan Android pilihannya agak terbatas, masuk ke ‘Setting Storage Erase SD Card’. Namun cara ini hanya bisa memperbaiki kartu memori kamu, tidak mengembalikkan file-file kamu. Jika masih belum bisa lagi, lanjutkan dengan langkah ketiga.

Cara Ke-3

Pada langkah ketiga ini kalian harus menyiapkan PC atau Laptop. Sambungkanlah HP/Smartphone ke laptop dengan kabel data. Pastikan Hp kalian tersambung dalam mass storage model, Silahkan buka media transfer mode lewat Windows Explorer, lalu click kanan pada drive kartu memori kamu, tentukan Properties, lalu Tools, Error Checking. Jika sudah tunggulah sampai selesai, akan muncul jendela popup untuk konfirmasi, Jangan ragu centang saja semua pilihan yang ada.

Jika pada langkah ketiga ini belum berhasil juga, saya rekomendasikan lagi kalian menggunakan langkah keempat.

Cara ke-4

Langkah keempat kita akan memformat kartu memori HP. Buatlah folder baru di Hardisk Laptop kalian dengan nama apa saja yang penting kalian ingat. Folder baru ini untuk menyimpan file dari kartu memori. Backuplah file-file kartu memori kalian dengan cara copy paste kedalam folder yang sudah dibuat tadi. Jika sudah lanjtkan ke langkah memformat kartu memori.

Cara format katu mempri yaitu; Arahkan cursor mouse pada drive kartu memori, kemudian “click kanan dan tentukan format”. Pilih atau beri centang pada pilihan FAT16. “Click Start” dan tunggulah sampai benar-benar selesai. Jika sudah tekan Close.

Setelah kartu memori berhasil diformat, silahkan kembalikan file-file yang tadi di backup ke kartu memori dengan cara copy paste.

Cara ke-5

Jika cara ke-1 sampai 4 masih belum bisa juga, itu tandanya sudah waktunya anda ganti memori baru lagi. Siapkanlah uang kalian dan pergilah ke konter atau Toko penjual memori.

Lima langkah cara mudah memperbaiki kartu memori rusak diatas juga berlaku untuk kartu memori Camera, Handy Came, pane came, dan lainya.