5 Tips Membuka Usaha Jajanan Gerobak Dan Sukses

Banyak cara yang dapat sahabat lakukan untuk membuat sebuah usaha mandiri yang bisa mendatangkan uang cepat. Usaha-usaha kaki lima dipinggir jalan memang kecil, namun nyatranya usaha ini memiliki omset yang lumayan besar loh. Salah satu bentuk usaha kaki lima yang memiliki prospek bagus yaitu usaha jajanan gerobak. 

Dalam dunia usaha memang selalu dibutuhkan ide kreatif dan konsep yang tepat agar usaha bisa semakin berkembang. Ide kreatif dan konsep matang dibutuhkan juga untuk menjaga usaha agar selalu kompetitif atau bisa bersaing dengan yang lain karena jelas pedagang kaki lima banyak sekali jumlahnya contohnya penjual jajanan gerobak tersebut. 

Usaha jajanan gerobak ini memang tergolong usaha kecil dan tidak banyak membutuhkan modal tinggi. Namun jika kalian menjalankannya dengan konsep yang matang serta management yang baik tentu usaha ini bisa menjadi usaha yang menghasilkan keuntungan tinggi dengan omset yang besar pula. Jika sahabat tertarik untuk membuka usaha serupa, berikut ini pandbis bagikan beberapa langkah dan ide usaha jajanan gerobak yang dapat sahabat jadikan masukan positif untuk memulai usaha tersebut.

Cara sukses usaha jual jajanan gerobak mandiri dipinggir jalan

1. Tentukan ide usaha/buat konsep yang tepat

Penting sahabat menentukan ide dan konsep usaha jajanan yang tepat lebih dahulu, buat konsep terbaik sesuai dengan keinginan sahabat. Disini sahabat di tuntut kreatif dan inovatif dalam menawarkan bentuk jajanan yang akan di jual. Akan lebih bagus lagi jika belum pernah ada di lokasi jualan sobat. Namun, walau sudah ada juga tidak menutup peluang usaha sobat lebuh laris dan mengutungkan, syaratnya harus menawarkan keunikan dan citarasa yang lebih dari pesaing sobat. Contoh saja missal sobat jual bakso, maka akan kelihatan biasa-biasa saja jika bakso yang sobat jual bulat seperti bakso pada umumnya. Dan akan lain jika sahabat memasukkan unsur keunikan dan kekreatifan dalam bakso tersebut, misalnya bakso bentuk bintang, kotak, segi tiga dan laninya.

2. Buat rencana usaha yang pas

Langkah membuat rencana usaha ini perlu sahabat lakukan untuk menindak lanjuti hasil konsep usaha yang tadi dibuat. Catatlah rencana dan hal-hal yang diperlukan usaha sesuai dengan konsep yang dibuat. Hall penting yang perlu direncanakan adalah lokasi, segmen yang dituju, menu makanan, kebutuhan bahan baku, kebutuhan peralatan dan perlengkapan, kebutuhan fasilitas, tenaga kerja, strategi pemasaran, perkiraan harga jual, target pendapatan kerja dan hal-hal lain sesuai dengan kebutuhan usaha sobat. Tujuannya adalah agar usaha lebih focus dan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.



3. Lakukan survey hasil perencanaan usaha

Dalam langkah ini sahabat harus lebih jeli karena memang menjadi bagian yang penting untuk dilakukan ketika hendak memulai usaha. Setelah melakukan perencanaan usaha sahabat harus lakukan survey berbagai hal penting sebelum membuat keputusan. Tujuannya adalah agar pemilik usaha dapat membandingkan perlengkapan dan kebutuhan usaha sebelum memutuskan sehingga mendapatkan sesuai dengan yang diharapkan. 

Sahabat dapat melakukan survey dengan datang langsung mengamati keadaan dan mencatat hasil terutama mengenai kelebihan dan juga kekurangan objek survei. Survei ini antara lain menyangkut Survei lokasi, survey keramaian, parasarana dan fasilitas, operasional usaha, keamanan dan lokasi rawan banjir gak, survey pesaing, survey usaha terlaris, segmen pembeli, harga jual dan lainya.



4. Melakukan persiapan usaha

Jika langkah-langkah diatas sudah sahabat lakukan dan cocok maka segera lakukan action untuk memulai membuat usaha jajanan gerobak sesuai dengan rencana atau konsep usaha yang sudah sahabat buat sebelumnya.

Persiapan usaha ini meliputi penyiapan tempat, penyiapan gerobak, jajanan yang akan dijual, dan kebutuhan lainya.

5. Bersikap baik dan selalu Optimis

Sikap optimis dan percaya diri dibutuhkan dalam sebuah usaha, jadi jangan pernah patah semangat karena pasti dalam usaha ada rintangan-rintangan, namun itu pasti bisa teratasi dengan sikap yang baik dan selalu optimis untuk meraih sukses dalam usaha tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel