Keuntungan dan Kerugian Custom Domain Blogspot Ke TLD

Custom domain blog ke TLD sudah lumprah dilakukan oleh para blogger untuk menjadikan blog lebih terlihat profesional, menarik, serta mudah diingat. Namun apakah custom domain ini selalu menguntungkan untuk dilakukan? Itulah mengapa dikesempatan ini pandbis akan memberikan ulasan terkait hal tersebut.

Salah satu tujuan ngeblog yaitu memberikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain, informasi ini diberikan dalam bentuk tulisan teks, gambar dan video yang di publishkan di blog. Agar setiap artikel yang kita postingkan dibaca banyak orang tentu seorang blogger harus berupaya bagaimana agar blognya banyak visitor/pengunjung setiap harinya. Teknik tersebut sering disebut dengan istilah SEO (search engine optimation).

Salah satu teknik SEO onpage yang dilakukan blogger untuk blognya yaitu membuat domain yang unik dan menarik sesuai dengan topik bahasan utama blognya. Alasan logis kenapa melakukan costom domain ke TLD yaitu blog akn terlihat lebih keren, unik dan profesional. Domain sendiri ibarat sebuah produk adalah brand/merek, jadi harus dibuat bener-bener menarik serta mudah diingat orang. Dengan begitu orang akan mudah ingat nama domain dan topik pembahasan utamanya dan akan kembali lagi mengunjungi blog kita suatu saat. Imbasnya blog akan banyak visitor dan mampu bersaing dengan kompetitor lainya.

Blogspot merupakan salah satu platform blog gratis yang dimiliki google dan saat ini menjadi salah satu layanan membuat blog gratis dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Banyaknya pengguna blogspot ini karena disamping gratis dan mudah menggunakannya, blogspot juga menawarkan layanan lain yaitu custom domain langsung dengan domain milik kita sendiri. Nah pandbis kali ini akan mengulas tentang keuntungan dan kerugian custom domain blogspot ke domain TLD sendiri seperti blog pandbis.com ini.

kelebihan custom domain TLD

Custom domain di blogspot sangatlah mudah dilakukan dan kita tidak perlu repot-repot membeli hosting sendiri karena kita bisa ndompleng di hosting blogspot secara langsung dan tidak terbatas besaranya. Enak bukan!.

Ada banyak situs yang memberikan layanan pembelian domain sendiri yang sering disebut dengan domain TLD seperti namakamu.com, namakamu.net, namakamu.info, namakamu.web.id, namakamu.co.id dsb. Sobat bisa search langsung di google  dengan kata kunci, layanan domain, beli domain, pesan domain dan lainya  dan akan banyak bermunculan situs penyedia domain yang bisa sobat pesan.

Namun, untuk custom domain blogspot ke domain sendiri ada beberapa keuntungan dan kerugian yang harus sobat ketahui. Keuntungan dan kerugian custom domain blogspot ini berkaitan dengan traffic dan pagerank baik GP atau Alexa.

#Apa saja keuntungan custom domain blogspot ke domain TLD

Ada beberapa keuntungan atau kelebihan yang sobat terima jika melakukan custom domain. Diantara keuntungan itu adalah:
  1. Blog/website kelihatan lebih unik dan berbeda
  2. Blog/Website terlihat lebih personal dan profesional  (karena tidak ada embel-embel blogspot) contoh : namakamu.blogspot.com akan lebih kelihatan professional jika URLnya namakamu.com.
  3. Nama domain blog/website mudah diingat karena lebih pendek namanya.
  4. Blog lebih brandalbe
  5. Domain TLD akan lebih ramah terhadap mesin pencari dan tentunya lebih SEO
  6. Domain tld bisa dipakai daftar google adsense non hosted sementara domain blogspot tidak bisa.
  7. Domain yang sahabat miliki bisa dijadikan jenis investasi domain. Ini karena dengan top level domain, domain bisa diperjual belikan dengan harga yang tinggi karena page rank dan alexa yang tinggi. ini tentu berbanding terbalik dengan masih menggunakan domain blogspot. Jika masih menggunakan blogspot, setinggi apapun page ranknya akan tetap milik blogspot selaku pemilik domain utama. Ini jelas menguntungkan bagi pemilik domain TLD. Dan masih banyak lagi keuntungan lain dari custom domain.
Setelah membaca keuntungan custom domain diatas tentu sobat pemilik blog langsung tetarik untuk melakukannya bukan. Tapi perlu sobat ingat selain keuntungan diatas ada beberapa kelemahan yang di dapatkan setelah mengcustomisasi domain blogspot ke domain sendiri.

#Apa kerugian yang di timbul setelah custom domain

Custom domain ke blog lama yang sudah mempunyai traffic dan pagerank ada beberapa kerugian yang akan di dapat yaitu:
  1. Kehilangan Pagerank, dan backlink ke blog kita.
  2. Kehilangan Alexa Rank, karena Alexa rank akan kembali  keawal seperti kita mendaftarkan blog baru ke alexa.
  3. Terjadi penurunan traffic yang drastis, serta penurunan proses index oleh mesin pencari karena mesin pencari seperti melihat blog baru yang belum dikenalnya.
Hanya sekedar saran saja untuk sahabat blogger dan khususnya para pemula sebaiknya jika mau melakukan custom domain pakailah atau buat blog baru karena tentu blog baru tidak banyak kerugian yang akan kita dapatkan. Sobat bisa membangun blog baru tersebut dengan domain milik sendiri. Jika sahabat bisa membeli domain TLD milik orang lain yang sudah memiliki pagerank dan alexa rank yang tinggi itu sebuah keuntungan tentunya. Karena domain yang memiliki PR/AR  tinggi akan disukai dan ramah terhadap mesin pencari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel