Asuransi Pendidikan Vs Tabungan Pendidikan, Mana Yang Terbaik?

Banyak yang bertanya terkait mana yang terbaik antara Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, jika dilihat dari tujuannya semua baik karena memang berbentuk investasi dengan tujuan untuk mendapatkan proteksi secara finansial terkait pendidikan. Memang beberapa orang masih belum memahami benar tentang perbedaan kedua produk investasi tersebut, dan kali ini pandbis akan uraikan penjelasannya dalam artikel ini.

Asuransi pendidikan menjadi salah satu jenis produk asuransi yang ada di Indonesia. asuransi Pendidikan menawarkan solusi buat para orang tua dalam menjamin pendidikan anak-anaknya sampai batas yang ditentukan.

Pendidikan anak menjadi bagian yang sangat penting yang harus selalu diperhatikan oleh para orang tua. Sebagai orang tua yang baik tentu akan berusaha menyiapkan dana pendidikan guna memberikan jaminan pendidikan yang terbaik buat anak-anaknya agar menjadi pintar dan kelak memiliki masa depan yang cerah dengan berbagai kesuksesan yang akan diraihnya.
 Cara terbaik memilih program asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan

Dalam usahanya, Para orang tua dalam menjamin pendidikan anaknya dimasa datang biasanya menggunakan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan sebagai langkah terbaik yang dipilihnya. Kedua istilah ini tentu tidak asing bagi Anda.

Asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan sama-sama memberikan jaminan solusi terbaik untuk mengatasi masalah pendidikan. Kedua cara ini memiliki manfaat yang sama, namun memiliki sistem dan alur yang berbeda.

Banyak dari mereka yang kurang tahu menganggap bahwa tabungan pendidikan sama dengan asuransi pendidikan. Ini jelas pemahaman yang keliru karena Asuransi Pendidikan dikelola dan dikeluarkan oleh perusahaan, sementara tabungan pendidikan dikelola dan dikeluarkan oleh bank.

Mana yang terbaik antara Asuransi Pendidikan dan 
Tabungan Pendidikan?

Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan silahkan baca uraian berikut:

Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan diartikan sebagai salah satu jenis asuransi  yang memberikan jaminan dana untuk pendidikan anak. Asuransi pendidikan memiliki dua manfaat yaitu memberikan manfaat  investasi dan manfaat perlindungan ekonomi.

Asuransi pendidikan dapat memberikan manfaat Investasi karena perusahaan asuransi akan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang anda bayarkan. Dan perusahaan asuransi akan memberikan dana yang jumlahnya telah disepakati dalam polis asuransi, dana tersebut akan dibayarkan kepada anda sesuai dengan waktu dimana anak akan masuk sekolah.

Produk ini dikeluarkan oleh perusahaan asuransi (lembaga keuangan non bank) sehingga tidak mendapat perlindungan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS ). Untuk menjadi nasabah produk ini, calon nasabah harus mengikuti serangkaian tes kesehatan. Karena asuransi ini juga bersifat investasi maka hasil yang akan di dapatkan tidak pasti, bergantung pada kinerja investasi yang dipilih dan risiko investasi. Biasanya dana dari nasabah ditempatkan pada reksadana, karena itulah terkadang hasil yang di terima akan lebih besar dibandingkan dengan tabungan pendidikan. Terkait hal ini sebagai bekal agar sahabat lebih paham, silahkan baca di kamus asuransi biar lebih mengerti tentang istilah-istilah umum yang ada di asuransi dan memang penting untuk dipahami.

Pentingnya asuransi pendidikan tentu sangat tepat untuk memudahkan dalam merencanakan pendidikan dalam jangka panjang. Jika nasabah meninggal dunia sehingga tidak mampu melanjutkan pembayaran premi, maka ahli waris akan menerima dana sesuai dengan dana pertanggungannya yang tercantum di polis beserta hasil investasinya.

Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan cocok dipilih oleh orang tua yang merencanakan dana pendidikannya dalam jangka pendek, sekitar dua hingga lima tahun. Karena dana nasabah tidak di investasikan, sehingga hasil yang diterima akan lebih jelas. Untuk menjadi nasabah produk ini, calon nasabah tidak perlu mengikuti berbagai tes kesehatan.

Berbeda dari Asuransi Pendidikan, tabungan pendidikan dikelola dan dikeluarkan oleh bank sehingga mendapatkan jaminan keamanan dari LPS. Biasanya produk ini dilengkapi dengan asuransi jiwa dan yang membayar premi asuransi jiwa adalah pihak Bank.

Jadi sekarang anda yang menilai mana yang terbaik antara Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan. Jika sudah yakin kira-kira jenis investasi seperti apa yang ingin anda pakai untuk menjamin pendidikan anak anda, segera lakukan action.

Ini penting untuk anda pahami, sebagai orang tua yang bijak tentu anda tidak ingin anaknya putus sekolah dan mendapatkan pendidikan terbaik gara-gara kurang dana akibat tidak adanya perencanaan serta persiapan yang matang sebelumnya.  Jika anda lebih memilih ke Asuransi pendidikan, maka saran saya ketahui juga track record perusahaan asuransi yang anda ikuti agar tidak ada kekecewaan yang datang dibelakang hari.

Sementara itulah penjelasan singkat tentang Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan yang dapat pandbis bagikan, semoga dengan penjelasan tersebut menjadi sebuah informasi yang berguna untuk sahabat. Selamat memproteksi diri dan keluarga anda dengan pilihan program investasi pendidikan terbaik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel