8 Cara Membuat Browser Lebih Cepat Dan Ringan Saat Internetan

Membuat browser lebih cepat dan ringan memang jadi salah satu langkah tepat yang perlu dilakukan untuk menambah kelancaran aktivitas di internet. Kita semua sadar bahwa salah satu hal yang sering membuat kita rada jengkel atau kurang sabar saat browsing yaitu low loading atau lambatnya respon browser dalam menampilkan halaman yang kita cari. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor misalnya koneksi internet yang lambat ataupun dari aplikasi browser yang digunakan itu sendiri. 

Terkait browser lambat saat dipakai menelusuri suatu halaman situs, ini terpengaruhi oleh banyak faktor, namun sahabat gak perlu khawatir karena ini bisa diatasi dengan beberapa trik mudah yang akan pandbis bahas kali ini. Trik membuat browser internet lebih cepat dan ringan menjadi salah satu hal yang memang perlu kita ketahui, lebih-lebih yang kegiatan sehari-harinya tak lepas dari aktivitas di internet. Koneksi internet lambat tentu akan bikin kita jengkel dan mengurangi kenyamanan saat sedang berselancar di internet, apalagi disaat kita butuh rujukan dan harus mendapatkan informasi secara cepat sementara loading browser lelet atau lambat banget. Hanya untuk membuka satu halaman saja harus nunggu sampai satu menit lebih, bukankah ini ngebikin kesal dan esmosi..heheh.

Membuat browser jadi lebih cepat

Indonesia memang jadi salah satu Negara yang masih memiliki kecepatan internet yang tergolong lambat, untuk ukuran ASEAN saja Indonesia berada di urutan 3 terbawah. Sungguh suatu keadaan yang sedikit perlu disayangkan, padahal pengguna internet di Indonesia banyak sekali. Namun untungnya saat ini berkat adanya koneksi 4G sedikit membuat kecepatan internet lebih baik dari sebelumnya.

Internet lambat bisa disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya adalah browser yang kita pakai. Untuk terhubung dengan direktori data di internet kita harus menggunakan aplikasi browser, ada banyak sekali macam-macam browser, namun khusus pengguna internet Indonesia hanya ada beberapa browser saja yang dianggap memiliki kualitas bagus, cepat dan ringan.

remove extension browser di chrome
Mozilla Firefox dan Google Chrome adalah dua browser yang menjadi andalan pengguna internet di Indonesia. Walau didapati banyak juga pengguna Opera dan UC browser, namun pengguna chrome dan mozilla masih mendominasi.

Buat sahabat pandbis yang merasa loading internetnya jadi lambat dan ingin membuat mengembalikan ke kecepatan semula atau lebih cepat lakukan beberapa langkah berikut ini terhadap browser sahabat.

  1. Gunakan browser yang ringan, browser ringan biasanya tidak banyak terdapat tambahan aplikasi dari pihak ketiga. 
  2. Selalu lakukan update browser kalian ke versi terbaru, langkah ini juga akan membuat kegiatan browsing kalian lebih aman dari ancaman malware atau lainya.
  3. Silahkan nonaktifkan seluruh toolbar yang aktif di browser, kalau perlu hapus semua extension yang tidak diperlukan.
  4. Plugin; Jangan banyak memasang plugin tidak penting di browser
  5. Hapus semua aktivitas update yang aktif di komputer kalian, jika kalian browsing bersamaan dengan update windows yang aktif otomatis kecepatannya akan berkurang. Jadi nonaktifkan dulu auto update windows kalian.
  6. Setting Proxy dan DNS: Jika diperlukan silahkan ubah proxy, mengatur DNS dan port.
  7. Cek signal internet kalian, jika signal tidak bagus maka beralih ke layanan yang memberikan sinyal baik dengan kecepatan tinggi.
  8. Paket Internet : Jika kalian menggunakan paket internet dengan tarif bulanan, naikkan tarif paket internet kalian ke harga yang lebih mahal dengan kecepatan tinggi. Gunakan perangkat jaringan yang sudah mendukung 4G.

Nah itulah beberapa tips membuat browser lebih cepat dan ringan sehingga sahabat saat internetan tidak lagi perlu menunggu lama ketika membuka halaman suatu website atau blog. Semoga apa yang pandbis bagikan kali ini dapat membantu sahabat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel