Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Teknik Memotret Dengan Kamera Digital Yang Benar Agar Hasil Foto Lebih Bagus

Teknik memotret dan cara memegang kamera digital

Memotret memang pekerjaan yang kelihatannya mudah dan serasa asik banget untuk dilakukan, apalagi untuk kalian yang hobinya jeprat jepret sana sini baik dengan kamera digital ataupun phone came, jelas kegiatan tersebut terasa asik dan sangat menyenangkan buat kalian bukan.

Secara sederhana kegiatan memotret sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah saja, kalian hanya memerlukan sebuah objek sasaran dan membidikkan kamera ke objek tersebut dan memotretnya. Dengan langkah sederhana tersebut sudah jadilah hasil pemotretan yang kalian lakukan.

Namun untuk ukuran seorang fotografer memotret tidaklah sesederhana itu, ada ketentuan - ketentuan khusus dan teknik memotret yang benar yang harus dipenuhi untuk menghasilkan sebuah hasil foto yang indah dan bernilai jual tinggi. Estetika dan kualitas gambar menjadi hal yang paling dijaga oleh seorang fotografer.
Bagi anda yang ingin memulai belajar menjadi seorang fotografer. Berikut ini ada beberapa tips tentang cara memotret menggunakan kamera digital yang baik dan benar.
  1. Seorang pemula, kegiatan memotret sebaiknya dilakukan di luar ruangan dan pada pagi atau siang menjelang sore hari. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kekurangan cahaya, sehingga nantinya akan menghadirkan kesulitan baru bagi Anda. Dengan catatan kondisi tidak mendung atau hujan.
  2. Untuk pemula disarankan untuk selalu menggunakan focus otomatis, hal ini untuk menghindari gambar yang tidak focus dan kesulitan memfokuskan gambar yang dapat menyita waktu dalam kegiatan memotret.
  3. Hindari penggunaan flash/blitz, karena menggunakan flash/blitz akan membuat foto tampak terang semua, sehingga kita tidak dapat merekam sisi terang/gelap suatu objek. Selain itu flash/blitz yang terdapat pada kamera digital bila sering digunakan akan membuat battere cepat habis. Gunakanlah flash/blitz hanya pada kondisi tertentu.
  4. Sebelum melakukan kegiatan memotret, sebaiknya kosongkan dulu media penyimpan yang kita miliki. Hal ini untuk menghindari tercampurnya file-file foto yang satu dengan file-file foto yang lain/hasil pemotretan sebelumnya.
  5. Melaksanakan pemotretan pada pagi (jam 7-10) atau sore (jam 3-5) untuk mendapatkan cahaya matahari yang cukup bagus intensitasnya. Pada jam-jam tersebut cahaya matahari juga masih menyamping arah datangnya sehingga dapat membantu menciptakan komposisi gambar yang lebih indah.
  6. Melihat preview gambar menggunakan LCD ataupun menggunakan pembidik LCD akan menyebabkan tenaga dalam battere camera digital cepat berkurang.
  7. Setelah melaksanakan kegiatan memotret dan ketika kamera digital tidak akan dipakai kembali untuk waktu yang cukup lama, segera lepaskan battered an media penyimpan dari kamera digital Anda untuk menghindari terjadinya kerusakan pada battere ataupun media penyimpanan Anda.

Ketujuh teknik memotret yang benar dengan kamera digital diatas harus benar-benar kalian kuasai jika ingin hasil foto kalian terlihat lebih keren dan berbeda dari foto biasanya. Apalagi buat kalian yang masih belum paham tentang komponen kamera dan cara settignya, penjelasan tersebut bisa kalian gunakan sebagai teknik dasar fotografi pemula yang memang masih butuh belajar banyak guna memperoleh hasil pemotretan yang keren dan berkwalitas bagus.

Semoga apa yang pandbis jelaskan kali ini dapat menambah wawasan kalian yang hobi dengan dunia fotografi sekaligus sebagai pelengkap artikel pandbis lainya dengan tema serupa yang sudah lebih dulu kami publikasikan di blog ini.