7 Kesalahan Dalam Bisnis Online Yang Sering Dilakukan Tanpa Disadari

Bisnis online atau bisnis di internet memang sedang marak-maraknya. Perkembangan teknologi khususnya dibidang teknologi internet, serta mudah dan murahnya akses internet membuat banyak orang lebih memilih internet sebagai media sosialisasi, media promosi, dan mencari informasi-informasi penting. Dengan biaya yang murah serta akses yang mudah jangkauan internet juga lebih luas dan bisa menembus keseluruh penjuru dunia.

Jika dulu tahun 2000 an, internet belum banyak dikenal oleh masyarakat indonesia, namun beda dengan sekarang ini. Sekarang dari usia remaja, dewasa, dan orang tua baik laki-laki maupun perempuan sudah pada mengenal internet. Bahkan anak-anak SD sekarang ini sudah diperkenalkan dengan internet. Inilah yang membuat perkembangan teknologi informasi khususnya jaringan internet semakin luas jangkauannya dan terus bertambah penggunannya.

Kesalahan dalam bisnis online di internet

Keadaan yang demikian banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis yang lebih memilih berbisnis melalui internet. Ada banyak sekali bisnis internet yang bermunculan muali dari bisnis trading, toko online, berjualan online via medsos, referal/afiliasi, jasa advertiser, dan publisher serta bisnis lainnya yang masih banyak lagi macamnya.

Berbagai tanggapan dan kesan muncul tentang bisnis online di internet ini. Ada yang memanh cepat sukses dan jadi kaya mendadak, ada yang mulai merangkak dan ada pula yang gagal. kesemuanya itu tergantung dari bagaimana cara kita melakukannya, seberapa pandai kita menjalankan bisnis tersebut, sejauh mana keseriusan kita, serta bagaimana kita melihat peluang yang bagus dalam bisnis internet.

Berbicara masalah kegagalan dalam bisnis di internet, tentu ada faktor yang menyebabkan kegagalan tersebut terjadi. Umumnnya orang lebih terobsesi dengan cara instant dan malas untuk membangunnya dari bawah, dan itu adalah sebuah kesalahan. Nah, berikut ini pandbis bagikan beberapa kesalahan umum dalam bisnis online yang sering dilakukan  dan ini sering tanpa disadarinnya dan kemudian baru nyadar ketika dia sudah terlihat gagal.

1. Kebanyakan belajar menguasai teori dari pada action


Kesalahan pertama yang dilakukan dalam bisnis di internet yaitu kita lebih bersemangat dalam belajar tentang teori bisnis tersebut daripada melakukannya. Umumnya ini terjadi bagi seorang pendatang baru di internet. Mereka terjebak oleh nafsu belajar tinggi untuk menguasai sebuah teori yang ahirnya lupa untuk menlakukan action. Semua teori bisnis internet dari semua pakar di pelajarinya mulai dari master A, Master B, C dan seterusnya.


Ketika ini terjadi maka yang ada hanyalah pemahaman-pemahaman dari para pakar yang berbeda yang di dapat. Mungkin dari master A kalian sudah cocok dengan metodenya dan bersemangat tetapai setelah membaca teori dari master B, C dan seterusnya akan terjadi pemahaman yang berbeda karena masing-masing ahli tentu memiliki caranya sendiri.

Keadaan inilah yang akan membuat kalian bingung dan bimbang untuk melakukan action dalam bisnis internet.

2. Ketagihan mencoba berbagai ide bisnis yang lain

Kesalahan kedua ini juga sering menjebak para pelaku bisnis internet, khususnya pemula. Poin ini ada hubungannya dengan poin nomor satu diatas. Memang semua pebisnis pasti ingin mengembangkan dan memperbesar bisnisnya. Begitu pula internet marketer. Ya, keinginan macam ini memang perlu anda miliki. Tapi sayangnya, banyak yang tidak tahu kapan saatnya mengembangkan bisnis.

Karena saking inginnya memajukan bisnis, semua ide dan uneg-uneg anda jalankan sekaligus. Dan inilah yang justru jadi bumerang bagi seluruh bisnis anda.

Menjalankan bisnis internet harus fokus dan serius. Ini berlaku dalam bisnis apapun. Jika memiliki banyak ide, sebaiknya selesaikan dulu ide bisnis pertama yang menjadi pilihan untuk dijalankan. Sebelum selesai jangan ditinggalkan untuk menjalankan ide bisnis yang lainnya. Pebisnis kurang menganggap bahwa bisnisnya adalah sebuah bisnis yang harus disikapi dengan serius.

Umumnya pelaku bisnis online melakukan bisnis tersebut hanya sebagai sampingan belaka. Mereka melakukan action hanya sebentar-sebantar dan kemudian berhenti, dan mulai lagi ketika sedang ada mood.

Kita perlu memahami bahwa, tidak ada kesuksesan yang didapat secara instant hanya dengan waktu singkat. Tidak ada bisnis besar yang dijalankan secara sampingan. Jadi ketika sudah memutuskan untuk action dalam bisnis ternetu, maka jalanilah bisnis tersebut dengan serius dan tekun.

3. Lebih suka menunggu untuk tahu segalanya

Intinya kata yang tepat dalam penjelasan di poin ini yaitu, jangan banyak menunggu dan menunda untuk melakukan action  dengan alasan klasik yaitu belum paham caranya, belum menguasai teorinya secara mendalam dll. Ingat, pengalaman itu di dapat ketika seseorang sudah melakukannya. Jangan terjebak oleh perasaan takut akan tidak paham, tidak berani mencoba, dan kurang pengalaman.

Segera ambil peluang dan jalankan ide. Jika masih kurang memahami caranya maka sambil berjalan kalian bisa bertanya kepada ahli atau orang yang memahaminya.

4. Kurang percaya diri

Perasaan ini sering terjadi pada para pebisnis online. Khususnya para pemula. Mereka kurang berkembang dan maju dalam bisnisnya karena kurang poercaya diri. Bahkan ada yang tidak melakukan apapun karena dihantui rasa minder dan tidak PD dalam dirinya.

Banyak alasan mereka umunya karena kurang menguasai bisnis tersebut, kurang pengetahuan, dan lainnya. Sebaiknya stop! Perasaan seperti ini, jangan biarkan ini menunda langkah kalian untuk maju dalam bisnis online. Kalian harus percaya diri dan menjadi diri kalian.



5. Tidak adanya tujuan dan rencana yang jelas


Tidak adanya tujuan dan rencana yang jelas dalam bisnis juga akan menjadikan sebuah hambatan tersendiri. Setiap bisnis butuh rencana kerja yang tepat dan benar. Butuh strategi untuk mencapai tujuan kesuksesan.

Seperti bisnis offline, internet marketing juga perlu planning dan target. Jadi anda punya pegangan, “apa yang harus saya lakukan selanjutnya?” Misal, hari ini anda berpartisipasi dalam affiliate program. Dua minggu lagi situs web affiliate anda harus sudah jadi. Dan, promosi-promosi produk harus anda gencarkan. Nah, setelah sukses jadi affiliate marketer, anda bisa beralih menjadi blogger. Selanjutnya, silakan membuat produk sendiri dan pasarkan di situs web anda sendiri!

Jadi, buat perencanaan dan patuhi! Sisihkan waktu untuk menuliskan perencanaan bisnis yang baik. Menulis perencanaan bisnis memang bukan jaminan kesuksesan, tetapi pasti memperbesar peluang anda!.

6. Takut bertanya pada orang lain atau ahlinya

Kurang betanya maka akan sesat di jalan, banyak bertanya maka akan tahu segalanya. Itulah kira kita ungkapan yang cocok dalam poin ini. Sebagai seorang pebisnis yang ingin terus berkambang dan maju, maka janganlah kalian malu, malas atau takut untuk bertanya kepada orang laian yang lebih paham dan lebih dulu sukses.

Dengan bertanya pada orang yang mengerti atau lebih dulu sukses dalam bisnis internet, maka selain menambah pengetahuan, kalian akan memiliki mitra yang menambah kepercayaan diri. Selain itu juga kalian akan dijelaskan kelemahan-kelamahan, kekurangan serta langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendongkrak bisnis kalian. Jadi bertanyalah kepada orang yang memang sudah ahli dibidang suatu bisnis online dan kalian percaya yang sudah membuktikan keberhasilan bisnis internet. Jadikan dia seorang mentor yang bijak dan mau membimbing kalian.

7. Kurang fokus dengan bisnis yang ia jalani, dan terkesan malas 

Menjalankan sebuah bisnis haruslah fokus dan selalu bersemangat untuk membuat perubahan dalam bisnis yang ia jalani. Menjalankan suatu busnid haruslah all out, serius, dan jangan midah puas dengan hasil hari ini, bersyukur atas hasil hari ini itu wajib, namun dengan berpuas diri atas hasil tersebut serta tidak berusaha meningkatkannya esok hari itu sama juga dengan malas-malasan dan tidak mau berubaj maju.

Itulah beberapa poin penting yang harus kalian tahu menghindari kesalahan dalam bisnis internet. Penjelasan singkat diatas semoga bisa bermanfaat dan membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel