Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Berfikir Orang Sukses Yang Menginspirasi

Terkadang kita dibuat tercengang dengan orang lain di sekitar kita yang berbeda dengan orang kebanyakan. Kita selalu terpesona dengan orang-orang mampu meraih kesuksesan dalam hidupnya.  

Kehidupan orang sukses selalu menarik untuk dicontoh, apakah mereka seorang penulis best-seller, seorang pembicara dan motivator ulung, seorang pebisnis hebat, seorang negarawan, atau seorang presiden, seorang artis terkenal, seorang pelajar dengan segudang prestasi. 

Umumnya karena keberhasilannya dalam bisnis, dalam karirnya, atau prestasinya kita menyebut mereka sebagai orang yang sukses, ini untuk membedakan mereka dengan orang-orang dengan kehidupan biasa-biasa saja.

Cara berfikir orang sukses

Apa yang membuat orang-orang sukses berbeda dengan orang-orang kebanyakan. Kita bisa menyebutkan apa yang menjadi kelebihan mereka apakah prestasinya, kepopuleranya, dan segala macam atribut lainya. Satu kesimpulan yang pasti kita sepakati adalah orang-orang yang sukses selalu mempunyai pola piker yang positif. Sikap mereka yang sangat positif untuk meraih apapun yang mereka inginkan adalah pertanda bahwa mereka mempunyai kebiasaan berpikir yang positif. 

Untuk mengetahui bagaimana pemikitan orang-orang sukses, berikut ini adalah contoh sebuah realita tentang cara berfikir orang sukses yang berbeda dari kebanyakan orang dan patut di contoh.
  1. Bila kita berkata, “ini bisa, tapi sulit”, maka orang-orang sukses selalu berkata, “memang ini sulit, tetapi ini bisa”. 
  2. Bila kita berkata, “nanti saja mengerjakan ini, mumpung masih muda enjoy aja”, maka orang-orang sukses berkata, “kerjakan sekarang, jika memang perlu dikerjakan sekarang”.
  3. Bila kita berkata, lakukanlah pekerjaan yang disenangi”, maka orang-orang sukses berkata,  “ senangi semua pekerjaan yang dilakukan”.
  4. Bila kita berkata, “masalah adalah bagian dari hambatan”, maka orang-orang sukses berkata, “masalah adalah bagian dari tantangan”.
  5. Bila kita berkata, “sudahlah kita berhenti saja, tak ada harapan lagi kita untuk sukses”, maka orang-orang sukses berkata, “jangan berhenti dulu, siapa tahu keberhasilan itu akan datanag sebentar lagi”.
  6. Bila kita berkata, “lingkungan telah membuat saya menjadi seorang pemalas”, maka orang-orang sukses berkata, “meskipun lingkunagn saya malas, saya tetap menjadi seorang yang rajin, saya adalah Tuan bagi diri saya sendiri”.
  7. Bila kita berkata, “tak ada harapan lagi disini”, maka orang-orang sukses berkata, “jika disini tidak ada harapan, maka harapan tersebut ada di tempat lain”.

Tujuh poin yang disebutrkan diatas menandakan bahwa terdapat perbedaan pola pikir orang-orang sukses dari kebanyakan orang, dan itulah yang menunjukkan mereka orang sukses memiliki mental kuat. Dalam masyarakat kita juga sudah terlihat jelas terkait mental ini, ada perbedaan mental antara orang kaya dan miskin. Orang-orang sukses selalu bisa menghadapi semua permasalahan dalam hidupnya dengan sikap positif. Mereka sama-sama dilanda masalah seperti orang kebanyakan, tetapi dengan mental dan kecerdasannya menunjukkan kemampuan mereka melihat masalah dengan cara yang berbeda, membuat mereka menjadikan masalah sebagai jembatan kesuksesan. Orang yang sukses, mencari celah agar masalah yang datang justru membawa keuntungan bagi mereka. Orang sukses selalu berbeda dalam menghadapi masalah, bahkan ketika mereka menanggapi masalah-masalah kecil yang kadang menjadi masalah besar pada orang kebanyakan.

Mari sama-sama kita berpikir positif, semoga ulasan realita tentang cara berfikir orang sukses yang berbeda dari kebanyakan orang tersebut dapat menjadi motivasi dan inspirasi kepada diri kita semua, salam sukses.