Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Template Blog SEO Agar Visitor Naik

Template adalah bagian penting dalam sebuah blog dan website. Template/theme akan mengatur bagaimana bentuk tampilan suatu blog dan website saat dibuka di browser. Untuk itu memilih template untuk diterapkan di blog menjadi hal yang harus dilakukan dengan disesuaikan pada kebutuhan serta mau dibikin seperti apa tampilan blog itu.

Didalam dunia blogging ada salah satu istilah yaitu search engine optimation (SEO), dan salah satunya menyangkut pemakaian tentang tenplate. SEO sendiri merupakan istilah teknik yang digunakan untuk optimasi suatu situs agar terindex secara optimal dan bisa bersaing dengan situs lain untuk menempati halaman pertama di mesin penelusuran. Nah salah satu cara optimasi SEO sebuah blog adalah dengan menggunakan template dengan struktur desain dan Layout yang SEO pula. 

memilih struktur template blog yang seo

Sekarang ini banyak sekali template blog gratis ataupun premium yang menawarkan struktur desain serta layout yang keren dan sudah mendukung dari segi SEO. Untuk mendapatkannya kita tinggal mengunjungi website atau blog penyedia template gratis kemudian mendownloadnya lalu dengan mudah dapat kita pasang di blog, jangan lupa demi menjaga etika kalau bisa juga minta ijin pembuat trmplate untuk memakainya.

Namun tidak semua template itu bagus secara SEO, kenapa begitu karena menurut pakar SEO ada kriteria-kriteria khusus sebuah theme atau trmplate memenuhi kebutuhan seo. Jadi sahabat blogger khususnya para pemula jangan asal pakai trmplate begitu aja tanpa memperhatikan segi seonya. 

Dan pertanyaannya disini adalah seperti apakah template blog yang seo itu, dan bagaiman cara mengetahuinya?

Ini menarik memang, disatu sisi menggunakan template blog dengan desain keren memang terasa menyenangkan karena tampilannya indah dilihat. Namun satu sisi juga blogger harus memperhatikan segi seonya, appakah struktur template itu saja sudah cukup memenuhi standar seo yang diinginkan atau belum, ini penting.

Sebagai seorang blogger tentu akan merasa puas dan senang ketika blognya ramai pengunjung, dan artikel yang di buat serta terpostingkan dibaca banyak orang. Biasanya selain kualitas artikel yang baik faktor seo dari template itu jugalah yang ikut berperan menempatkan blog di page one google yang imbasnya dapat mendatangkan banyak visitor. Untuk itu saya ingatkan jangan sembarangan comot template dan langsung pasang begitu saja di blog. Harus kita lihat dulu apakah template tersebut sudah SEO dan sesuai dengan tema blog kita belum.

Memang untuk memilih template blog SEO dan professional pilihan tepat adalah menggunakan template premium. Keuntungannya adalah selain template premium menawarkan desain yang elegan dan keren biasanya struktur template premium juga mendukung kebutuhan SEO. Selain itu kita juga akan mendapatkan tutorial serta support berupa konsultasi dari sang pembuat template secara full.

Lalu bagaimana jika saya belum mau pake template yang premium dan hanya ingin pake yang gratisan karena lebih enak dan tidak bayar? Itu syah-syah saja dan diperbolehkan kok, yang penting jangan melanggar dari ketentuan yang ditetapkan oleh pembuat template tersebut, seperti misalnya tidak boleh menghapus credit link dll.

Memakai template gratisan tidak ada salahnya, dan banyak kok yang bagus dan sudah mendukung SEO. Dan bahkan terkadang lebih SEO dari template premium. Intinya kalian harus pandai-pandai memilih template saja. Lalu bagaimana cara memilih template blog gratis yang SEO?

Yang paling aman adalah membuat template blog sendiri. Ini khusus bagi kalian yang sudah bisa membuat template blog tentunya. Namun, jika kalian belum bisa bikin template sendiri dan ingin template gratis yang SEO, ini tipsnya.

1. Tag Title H1, H2, H3, H4 dst...

Jika kalian masih newbe seperti saya belum bisa bikin template sendiri dan maunya yang gratisan saja. Maka, pilihtemplate yang tag titlenya sudah sesuai dengan prinsip dasar SEO. Yaitu Judul blog berada di tag H1 di homepage dan H2 atau H3 di single post, Judul posting/artikel berada di H3 homepage dan beradadi tag H1 di single post. Dan untuk label usahakan berada di Tag H3 saja. Sedangkan komentar berada di H4. Untuk cara merubah dan mengatur title tag Insyaallah akan kami jelaskan dalam posting selanjutnya.

2. Layout Template

Selain title tag yang harus diperhatikan, Layout template juga berpengaruh kekualitas SEO. Pilihlah template yang halaman konten/artikel berada di sebelah kiri dan sidebar berada di sebelah kanan. Contoh saja seperti template belajar kreatif ini, walau belum sepenuhnya full SEO sih.. hehe. Untuk alasannya akankami share di post selanjutnya.

3. Kecepatan Template

Template yang memiliki loading lebih cepat dan ringan umumnya akan lebih disukai mesin telusur disbanding template yang berat dan lambat. Untuk itu pilihlah template yang ringan dan cepat serta tidak menampilkan banyak widget yang tidak perlu. Jika template anda berat dan lemot, tentu pengunjung dengankecepatan internet standart (pas-pasan) akan butuh waktu lama hanya sekedar untuk membuka satu halaman saja di blog anda. Dan ini akan membuat visitor blog beralih ke blog lain yang lebih ringan loadingnya.

4. Template Responsive

Desain template yang responsive juga penting untuk kebutuhan SEO blog Anda. Template yang responsive akan secara otomatis menyesuaikan tampilannya ketika dibuka melalui perangkat apa saja. Misalnya di Desktop, Smartphone, Tablet, dan lainya. Selain membuat pengunjung blog betah dan mudah membuka blog anda, Search Engine juga menyukai template yang responsive loh.

Terahir pilihlah template dengan desain yang sesui dengan tema blog, dan bikinlah artikel yang orisinil serta unik. Hal ini penting untuk kebutuhan SEO blog anda.

5. Mobile Friendly

Saat ini template yang mobile friendly sangat penting digunakan untuk blog atau website, sebab saat ini angka pengguna internet dari penelusuran perangkat mobile cellular cenderung lebih tinggi daripada perangkat lainya. Karena itu robot mesin telusur akan lebih memeilih tampilan situs yang sudah mobile friendly daripada yang tidak.

Okay, mungkin sementara itu dulu yang dapat kami share, dan mudah-mudahan dapat membantu kalian khususnya blogger pemula yang masih dalam tahap belajar.