Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Payment Processor Global Terbaik Dan Terpercaya Untuk Bisnis Online

Payment processor kini telah menjadi solusi praktis bagi para pelaku bisnis online diseluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi secara nyata telah mengubah gaya hidup manusia keaarah digitalisasi. Jika dulu aktivitas bisnis transaksinya lebih sering dilakukan dengan metode pembayaran konvesnsional, tapi berbeda dengan kini. Saat ini semua transaksi pembayaran online baik aktivitas bisnis atau belanja di seluruh dunia dapat dengan mudah dilakukan via online melalui perusahaan payment processor terbaik dan terpercaya.

Payment processor sendiri adalah suatu perusahaan yang telah ditunjuk atau dipilih oleh pedagang untuk menangani transaksi pembayaran dari berbagai saluran seperti kartu kredit dan juga kartu debit untuk bank yang mengakuisisi pedagang. Mereka biasanya dipecah menjadi dua jenis yaitu dalam bentuk front-end dan back-end.

Payment Processor kehadirannya menjadi solusi mudah dan praktis bagi aktivitas bisnis yang dilakukan secara online di internet. Perusahaan keuangan online ini telah banyak membantu kelancaran transaksi dalam bisnis di internet serta menjamin keamanan bagi penggunaanya. 

Terkait apa itu Payment Processor untuk pemahaman mudahnya disini dapat pandbis jelaskan yaitu sebagai perusahaan yang melayani transaksi pembayaran secara online. Perusahaan keuangan ini sebagai pihak ketiga yang bekerja di belakang layar, jadi tidak berhubungan langsung dengan transaksi antara pihak yang sedang berbisnis, hanya sebagai pihak yang dipercaya untuk melakukan pembayaran saja. Dalam hal ini Payment Processor telah menyediakan semua layanan yang memang dibutuhkan oleh para pebisnis online. 

Sistem kerja Payment Processor yaitu dengan menghubungkan bentuk transaksi yang terjadi di webnya dengan pihak payment gateway. Disini perusahaan keuangan (payment processor) dapat memastikan arus keluar masuk serta semua informasi dapat berjalan dengan instan dan dijamin aman.
Para pelaku bisnis online seperti forex, perusahaan periklanan, publisher iklan, dan jenis bisnis lainya biasanya akan memakai jasa payment processor untuk melayani transaksi keuangannya. Payment processor global biasanya telah menerima pembayaran dalam bentuk mata uang seperti Dollar, Euro, Ponsterling, dan mata uang lainya yang didukungnya. Namun kebanyakan memakai mata uang dollar Amerika.

Ada banyak sekali perusahaan payment processor di dunia saat ini, namun paling tidak ada beberapa yang memang sudah populer dan terpercaya serta mudah dalam transaksinya. Buat kalian para pelaku bisnis online yang membutuhkan referensi payment processor global terbaik dan terpercaya di dunia berikut ini pandbis berikan informasinya untuk kalian.

1. Paypal

Logo paypal sebagai payment processor terbaik di dunia

Siapa yang tidak kenal dengan paypal, hampir semua pelaku bisnis online mengenal jenis PP yang satu ini. 

Paypal yaitu perusahaan keuangan dan payment processor paling populer di dunia saat ini. Dikelola oleh PayPal Inc yaitu perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. Paypal juga menyediakan jasa transaksi pembayaran untuk para pemilik website e-commerce, situs lelangan, dan jenis usaha lainnya yang dilakukan secara online.

Mata uang utama yang dipakai dalam paypal adalah dollar Amerika Serikat (USD, keunggulan paypal selain sudah mendukung berbagai bahasa di dunia termasuk bahasa indonesia, juga dapat langsung menarik uang ke rekening bank lokal yang terdaftar diakun penggunanya. Sebagai yang paling populer paypal telah dipakai di berbagai situs web jual beli populer di dunia seperti contohnya Amazon, Ebay, Alibaba, dan lainya.

Kantor Pusat: San Jose, California, Amerika
Pendiri: Elon Musk, Peter Thiel, Max Levchin, Ken Howery, Luke Nosek, Yu Pan
CEO: Daniel Schulman (Jul 2015)
Layanan pelanggan: +1 402-935-2050
Anak perusahaan: Venmo, Xoom Corporation, Braintree, iZettle, Lainya.
Situs web : paypal.com

2. Payoneer

Logo payoneer terbaik untuk bisnis online

Sama seperti paypal, payoneer juga merupakan salah satu payment processor yang paling populer dan terbaik di dunia. Payoneer adalah bentuk perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan, payoneer menyediakan layanan transfer uang online dan pembayaran digital ke berbagai negara di dunia.

Kelebihan lain dari payoneer yaitu memberikan leyanan debit card pada penggunannya yang dapat dipakai di seluruh ATM dengan jaringan mastercard sebagai penunjang kemudahan transaksi. Debit card dari payoneer ini juga dapat dipakai sebagai credit card untuk verifikasi akun paypal.

Saat ini selain paypal payoneer menjadi pilihan utama untuk pembayaran online di seluruh dunia.

Kantor Pusat: Kota New York, New York, Amerika
Pendiri: Yuval Tal
Didirikan: 2005
Layanan pelanggan: +1 646-658-3695
Anak perusahaan: Armor Payments, Inc.
CEO: Scott Galit (Okt 2010)
Situs web : Payoneer.com

3. Payza

Logo Payment Processor PAYZA

Sama seperti paypal dan payoneer, payza juga menjadi yang paling banyak dipakai sebagai jasa pembayaran dalam bisnis online. 

Payza adalah perusahaan dengan jasa sistem pembayaran online yang memang hampir sama dengan Paypal, Perusahaan ini (Payza) sebelumnya Kanada sebagai basisnya dan saat itu dikenal sebagai AlertPay, kemudian pada tahun 2012 perusahaan ini dbeli oleh MH Pillars.LTD dan berganti nama menjadi Payza.

Mata utama yaitu Dollar Amerika Serikat (USD) dan Euro (EU).

Kantor Pusat: London, Britania Raya
Didirikan: Montreal, Kanada
Pendiri: Firoz Patel
Organisasi induk: MH Pillars Ltd.
Situs web : payza.com

4. WebMoney (WMZ)

Logo Webmoney sebagai payment processor populer dan aman

WebMoney adalah perusahaan keuangan asal Rusia yang melayani jasa pembayaran online seperti payment processor lainya. Perusahaan ini didirikan pada bulan November 1998 di Rusia sebagai sistem pengiriman uang untuk dolar Amerika Serikat, karena setelah terjadi krisis keuangan di Rusia pada tahun 1998 lalu yang telah menyebabkan peningkatan penggunaan dolar Amerika (USD) di Rusia.

Dan saat ini Webmoney menjadi salah satu PP populer di dunia dengan banyak penggunanya. Website bisnis yang berbasis online sudah banyak yang menggunakan WebMoney untuk melakukan pembayaran online di seluruh dunia.

Mata uang utama : USD, Euro, & Rubel 
Nama : WebMoney (WMZ)
Kantor Pusat: Moskwa, Rusia
Didirikan: tahun 1998, Moskwa, Rusia
Situs web : wmtransfer.com

5. Perfect Money

Perfect Money logo terbaik di dunia

Sama dengan keempat payment processor diatas yang memang sebagai media transaksi pembayaran online. Perfect money juga menjadi salah satu yang terbaik dan populer saat ini. 

Perfect Money adalah perusahaan dengan layanan keuangan yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan pembayaran secara instan dan juga melakukan transfer uang ke berbagai negara dengan aman serta mudah melalui online di websitenya dengan akun masing-masing pengguna. 

Dalam Perfect Money, akun normal yaitu akun yang ditugaskan untuk semua pelanggan yang baru mendaftar di website PerfectMoney. Kelebihannya dibanding PP lainya yaitu disini akun normal tidak memberikan batasan apapun. Jadi pengguna yang baru mendaftar di PM sudah dapat melakukan transaksi tanpa batas.

Mata uang utama : USD, & Euro
Website : perfectmoney.is


Kelima payment processor tersebut menjadi yang terbaik dan populer serta terjamin keamanannya. Jelas masih banyak payment processor lain yang setara dan bahkan lebih baik, namun kenapa admin sebutkan hanya kelima nama diatas, karena kelima paymen processor tersebutlah yang sudah pernah admin pakai dan terbukti aman serta bisa diandalkan.