5 Bidang Usaha Paling Ramai Saat Bulan Ramadhan

Bulan suci ramadhan sebentar lagi akan tiba, bagi yang muslim kedatangan bulan ini tentu menjadi hal yang menggembirakan. Ramadhan menjadi bulan yang penuh dengan hikmah, penuh berkah dan ampunan, karena itulah umat muslim akan berlomba-lomba memperbanyak amalan baik salah satunya yaitu ibadah puasa 1 bulan penuh.

Membuka usaha dibulan ramadhan merupakan momen yang pas bagi sahabat yang ingin mendapatkan berkah serta penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau keluarga. Ramadhan menjadi bulan spesial buat kalian yang suka dengan bisnis musiman, karena dibulan kni beberapa bidang usaha sangat potensial untuk dijalankan. Bidang usaha seperti kuliner dan kue takzil akan banyak peminatnya dibulan ini, untuk itu kalian dapat ambil kesempatan baik ini untuk berbisnis sekaligus beribadah.

Usaha jajanan takjil/takzil

Banyak sekali jenis usaha cocok dijalankan saat bulan ramadhan tiba, kita semua tahu bagi yang beragama Islam tentu selain menyambut bulan ini dengan penuh suka cita, juga akan mempersiapkan segala kebutuhan yang mungkin diperlukan saat ramadhan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, bulan puasa ramadhan yang datang setiap setahun sekali ini dapat kita jadikan kesempatan untuk membuka usaha musiman dibulan suci ini. Jika sahabat berminat membuka usaha musiman ini ada banyak sekali jenis usaha yang dapat sahabat jalankan saat ramadhan.

Walau sedang puasa dan perut lapar bukan berarti kita harus malas-malasan loh. Justru dibulan yang penuh berkah ini kita harus pandai-pandai mengatur waktu dan jeli melihat peluang usaha yang dapat mendatangkan banyak rezeki melimpah.

Terkait peluang usaha bulan ramadhan tetsebut, berikut ini pandbis.com bagikan beberapa contoh bidang usaha yang mungkin cocok untuk sahabat.

1. Usaha Kue/ Takjil 

Bulan puasa selalu mendatangkan berkah, juga bagi sobat yang mau jualan takjil atau kue jajanan buat buka puasa.

Sobat bisa menjual kue takjil di pinggir –pinggir jalan tempat keramaian, pasar, atau dirumah pada waktu sore hari menjelang buka puasa. Terbukti usaha kue takjil ini laris manis dan banyak mendatangkan keuntungan.

2. Usaha Kuliner Khusus Buka Puasa dan Sahur

Selain usaha takjil diatas, sobat juga bisa membuka usaha kuliner atau warung makan spesial untuk buka puasa. Sobat bisa mmebuka usaha ini di tempat-tempat umum yang sekiranya mudah didatangi orang banyak.

Buka usaha kuliner ini cocok dibuka pas mendekati waktu berbuka. Sekitar jam 15.00 sobat harus sudag siap di lokasi. Atau bisa memilih buka pas waktu sahur. Intinya ini hanya terjadi di bulan puasa ramadhan.

Selain untuk buka puasa, sahabat juga dapat membuka usaha khusus untuk malan sahur di lokasi-lokasi yang strategis seperti terminal, dekat kos-kosan, dan lokasi lainya yang pas.

3. Usaha dibidang Fashion, Jualan Baju/Pakaian 

Sobat juga bisa memilih peluang usaha dibidang fashion ini. sudah menjadi tradisi jika saat-saat mpuasa dan menjelang har besar Idul Fitri/lebaran semua orang berbondong-bondong mencari baju baru untuk acara tersebut. Mulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa, pria dan wanita semua mencari baju baru untuk lebaran. Hal inilah yang harus sobat manfaatkan untuk membuka usaha dibidang fashion.

Sobat bisa memproduksinya sendiri atau membeli dengan harga grosir dari orang lain dan menjualnya kembali. Intinya jual pakaian atau baju lebaran adalah peluang usaha potensial dibulan ramadhan.

4. Usaha dibidang Transportasi

Peluang usaha dibulan ramadhan lainya yang dapat sobat coba jalankan yaitu usaha transportasi. Usaha yang bergerak di bidang transportasi juga mengalami peningkatan yang besar di bulan ramadhan ini, terutama di moment menjelang lebaran. Salah satu penyebabnya adalah tradisi mudik yang populer di Indonesia, dimana seluruh anggota keluarga yang bekerja atau berkegiatan di luar kota kelahirannya akan serentak kembali ke kampung halamannya masing­masing untuk merayakan lebaran bersama saudara dan keluarga.

Dengan banyaknya masyarakat yang ingin mudik/pulang kampong tersebut menyebabkan tinginya kebutuhan jasa transportasi di bulan ramadhan. Otomatis bidang usaha yang berhubungan dengan transportasi dan otomotif mengalami peningkatan. Dari sarana transportasi umum, rental hingga kendaaran pribadi akan banyak peminatnya. Jadi, sobat bisa melihat peluang ini untuk dijadikan lahan bisnis di bulan ramadhan.

Beberapa peluang usaha dibidang transportasi yang dapat sobat jalankan dibulan ramadhan yaitu:

  1. Jasa service kendaraan
  2. Tiket transportasi umum
  3. Jual beli kendaraan bekas ( mobil dan motor )
  4. Angkutan
  5. Pengiriman barang
  6. Rental mobil
5. Usaha Seni Seni Kerajinan

Waktu ramadhan saat mendekati lebaran orang akan sibuk mendekor atau menghias rumah mereka secantik mungkin, untuk itu usaha bidang seni kerajinan seperti hiasan dinding, taplak meja, pot bunga, toples hias, dan jenis kerajinan lainya menjadi usaha yang dapat sahabat jalankan saat ramadhan.

Nah itulah beberapa peluang usaha musiman dibuan ramadhan yang dapat sahabat coba jalankan. Selamat memanfaatkan usaha musiman ini sob, dan semoga informasi ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel