Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Usaha Rumahan Yang Cocok Dan Sesuai Kondisi Lingkungan Kalian

Cara memilih dan menentukan bisnis rumahan dengan peluang keuntungan bagus

Memilih usaha rumahan menjadi awal yang baik untuk kalian dalam merintis sebuah usaha, dengan berangkat dari kegiatan kecil untuk kalian jadikan usaha rumahan tidak menutup kemungkinan dengan pengembangan dan penanganan yang serius nantinya akan menjadi bisnis besar. 

Usaha rumahan juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk mengasah ilmu dan memperkuat mental dalam berbisnis, mulai dari produksi, pengemasan, dan pemasaran/marketing. Sudah banyak contohnya bahwa mereka orang-orang yang sukses jadi milyarder, konglomerat, pebisnis handal, mereka berangkat dan memulai usaha dari hal kecil dan bahkan mereka tidak malu berjualan keliling menawarkan barang dagangannya dari satu orang ke orang lain. Dengan proses itulah mereka ahirnya menjadi orang yang kuat mental dan memperoleh pengalaman berharga dalam bidang usaha.

Usaha rumahan saat ini menjadi pilihan realistis dan banyak kalangan ibuk-ibuk yang menjalankannya. Selain untuk membantu mencukupi kebutuhan keuangan rumah, hobi juga menjadi salah satu alasan mereka memilih usaha rumahan ini. Selain fleksibel dan tidak menuntut modal banyak, ternyata usaha rumahan dipilih karena terbukanya peluang pasar yang baik.

Alasan lain banyak yang memilih membuka dan mengembangkan usaha rumahan ini juga didasari atas banyaknya pengangguran yang semakin tahun semakin bertambah banyak. Bayangkan saja setiap tahun seluruh universitas atau perguruan tinggi di Indonesia meluluskan sarjana baru,  namun disisi lain semakin sedikit perusahaan yang mencari tenaga kerja baru bahkan setiap tahun ada yang mem PHK karyawannya dengan alasan ini dan itu. Hal ini tentu membuat pengangguran di Indonesai semakin bertambah padat. Untuk itu seudah semestinya kita yang muda yang lebih memiliki tenaga banyak dan kecerdasan otak yang lebih baik mampu mengurangi pengangguran dengan menciptakan peluang usaha sendiri. Salah satu caranya yaitu membuat usaha sendiri baik usaha rumahan atau yang lainya. Dengan begitu selain mendapatkan keuntungan secara finansial kita juga akan membantu mengurangi pengangguran di Negeri ini, sebuah pekerjaan yang baik dan mulia.

Namun sebelum memilih jenis usaha rumahan sahabat harus pahami bahwa memulai usaha tidak sekedar ambil barang dan jual begitu saja, namun perlu perencanaan dan juga melihat peluang usaha mana yang cocok dan sesuai untuk dijalankan berdasarkan keadaan lingkungan usaha dan kondisi pasar yang menjadi target market kalian. Untuk itu kalin ini pandbis akan sedikit jelaskan mengenai cara memilih usaha rumahan yang sesuai dan cocok untuk sahabat jalankan dengan melihat kondisi pasar dan lingkungan tempat usaha.

Sebenarnya banyak sekali peluang usaha rumahan dan macam serta jenis usaha yang bisa sahabat jadikan pilihan untuk dikembangkan menjadi sebuah usaha yang besar dan juga mendatangkan keuntungan. Namun sekali lagi dibutuhkan kejelian dalam menentukan pilihan usaha serta kemampuan dalam menganalisa kebutuhan pasar yang menjadi target market nantinya. 

Dan juga disini pandbis kembali tekankan bahwa didalam membangun usaha agar bisa menjadi maju dan lebih besar dibutuhkan kemauan kuat, kesiapan mental, ketekunan, keuletan, kerja keras, dan pengetahuan yang cukup dalam bidang usaha yang sedang dijalankan. 

Dan yang tidak kalah penting adalah terus belajar dan mau menjadikan sebuah kesalahan menjadi bahan pembelajaran dan koreksi kedepan. Salah satu tips agar usaha bisa maju dan sukses yaitu kalian janganlah mudah puas dengan hasil yang kalian peroleh saat ini, terus kembangkan usaha kalian kalu bisa jangan berfokus pada satu lokasi usaha, jika memungkinkan bukalah cabang ditempat lain agar jangkauan pasar semakin luas, bikinlah brand yang benar-benar menarik dan mudah diingat yang mencerminkan produk usaha kalian. Selalu bikin inovasi produk yang menarik sehingga konsumen akan terus terkesan dengan produk yang kalian suguhkan.

Tips memilih usaha rumahan yang cocok dengan lingkungan dan kondisi pasar

Dunia usaha saat ini semakin ramai dengan kompetitor-kompetitor baru,  namun kondisi ini tidak menyurutkan kemauan para pemuda khususnya pebisnis pemula yang terus bersemangat dan kian termotivasi untuk terjun ke dunia bisnis. Banyak dari mereka yang membuka usaha walau usaha atau bisnis tersebut sudah dijalankan orang lain, dan dengan kepiawaiaanya tidak jarang pemuda yang masih tergolong pebisnis pemula ini mampu memenangkan persaingan karena ia dapat memberi nilai lebih pada produknya dengan berbagai inovasi yang dibuatnya. Ditambah lagi dengan teknik marketing kreatif yang ia suguhkan ke konsumen menjadi magnet kuat dalam menarik konsumen lebih memilih produk yang ia jual. 

Perkembangan teknologi yang semakin canggih juga memungkinkan para praktisi bisnis baik kelas kakap maupun hanya sebatas bisnis kalangan menengah atau UKM, bahkan hanya bisnis rumahan ikut mengembangkan usahanya dengan mampu memasarkan produknya sampai ke luar kota atau bahkan ke berbagai penjuru dunia, disini media yang sering digunakan yaitu media sosial seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, blog, dan website.

Kelebihan dari usaha rumahan selain simple dan tidak memerlukan modal besar (karena tentu sudah melalui kontrol kemampuan modal terlebih dulu sebelum memulai usaha yang kalian pilih), jenis usaha ini juga bisa dijalankan oleh siapapun termasuk untuk usaha kalangan pelajar dan mahasiswa. Untuk pelajar atau juga mahasiswa yang penting pintar-pintar mengatur waktunya saja.

Cara menentukan usaha rumahan yang gak gampang mati dan memiliki prospek bagus kedepannya

Emua orang yang membuka usaha tentu berkeinginan agar usahanya bisa terus eksis dan gak gampang mati sehingga usaha bisa terus berkembang maju serta bertahan selama-lamanya. Untuk itu sebelumnya dibutuhkan analisa usaha dan kepandaian kalian untuk menentukan pilihan usaha yang sesuai dengan harapan tersebut.

Bidang usaha seperti percetakan, usaha fotokopy, jasa,  garmen, usaha kuliner akan lebih cocok dijalankan oleh kalian yang berada di wilayah perkotaan atau padat penduduk, dan juga yang disitu banyak perkantoran seperti instansi pemerintahan, kantor perusahaan, kampus, dan lembaga pendidikan berada dekat dengan lokasi usaha kalian. Pilih juga lokasi yang dipinggir jalan raya atau mudah dilihat banyak orang serta akses kelokasi usaha mudah.

Untuk yang lokasinya dekat dengan asrama TNI/Polri, dan kos-kosan bisa membuka usaha laundry juga. Karena kebanyakan saat ini karena kesibukan mereka atau ambil praktisnya mereka anak kos atau pekerja kantor lebih memilih jasa laundry daripada mencuci pakaian sendiri.

Sedangkan untuk usaha jenis handmade seperti produk kerajinan, produk makananingan kemasan, dan lainya yang sejenis bisa kalian jalankan dirumah sendiri, namun untuk pemasarannya dibutuhkan media penunjang seperti melalui media sosial, telephone, atau menitipkannya ke toko atau warung-warung diwilayah kalian.

Sedangkan bagi kalian yang tinggal di daerah pedesaan akan lebih cocok membuka usaha dibidang pertanian dan peternakan. 

Untuk usaha dibidang peternakan bisa juga seperti ternak kambing, ternak sapi, ternak ayam, dan usaha budidaya ikan. Atau juga kalau mau buka toko juga bisa buka toko yang menjual alat-alat peternakan dan pakan ternak Sedangkan untuk pertanian kalian dapat membuka toko yang menyediakan alat-alat pertanian, bagi yang memiliki lahan luas kalian bisa mengembangkan lahan tersebut dengan menanam sayuran, padi, jagung dan lainya. Kondisi wilayah pedesaan yang masih memiliki lahan yang cukup luas ditunjang tanahnya pun subur sangat cocok dengan usaha tersebut.

Banyak sekali usaha rumahan, tidak hanya yang pandbis sebutkan diatas, sebagai referensi silahkan kalian bisa ke halaman post tentang 13 peluang usaha rumahan menjanjikan ditahun ini yang sudah pandbis share sebelumnya.

Intinya pilihlah mana usaha rumahan yang cocok dihati dan ingin kalian jalankan, namun pastikan kalian sudah memahami betul prospek kedepannya, potensi usaha, keadaan pasar, dan tentang untung rugi dalam bidang usaha tersebut.

Sedangkan bidang usaha khusus untuk para pelajar atau mahasiswa pilihlah jenis usaha mana yang bisa dijalankan tentu dengan menyesuaian waktu belajar kalian karena jelas belajar adalah hal yang lebih penting di usia kalian. Contoh saja seperti usaha les private, jasa bungkus kado dan merangkai mahar dan hantaran perkawinan, editing foto, dll.

Perlu diingat dan jadikan catatan karena ini penting, sebelum memutuskan membuka usaha rumahan sebaiknya ketahui dulu potensi usaha di lingkungan kalian. Lihatlah kira-kira jenis usaha apa, dan mana usaha paling potensial yang dapat kalian kelola dan kembangkan sesuai kondisi lingkungan di daerah kalian saat ini, upaya melihat target pasar dan menyusun strategi marketing juga penting dalam sebuah bisnis. Jika sudah ketemu mana usaha yang pas dan bisa kalian jalankan maka segera action, ingat harus tekun, ulet, mau kerja keras, dan jangan mudah menyerah. Salam sukses!