Teknik SEO Dasar Yang Penting Untuk Blogger Pemula Kuasai

Dasar-dasar SEO (Search Engine Optimation) menjadi ilmu yang harus dikuasai oleh seorang blogger, khususnya para pemula yang memang belum paham tentang teknik optimasi blog agar dapat bersaing di mesin pencari seperti google, bing, yandex, dan search engine lain.

Disamping membuat konten yang berkualitas dan unik, tentu dibutuhkan usaha lain agar halaman blog bisa menempati halaman satu google. Nah usaha yang digunakan untuk melakukan optimasi tersebut biasa disebut dengan istilah teknik SEO

Teknik SEO ini memanglah penting sekali dikuasai seorang blogger atau pemilik website yang ingin mengoptimalkan situsnya agar terindex dengan baik dan dapat bersaing untuk menempati page one di search engine, dan imbasnya tentu meningkatnya visitor blog karena salah satu tujuan ngeblog adalah menarik banyak pengunjung dan membaca semua postingan yang terpublish.

Optimasi SEO merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari sebuah blog/website jika ingin berada dihalaman pertama, karena situs yang memiliki SEO bagus maka tentu akan menjadi pemenang di pencarian serta akan banyak pengunjung yang datang kehalaman situs.

Perlu sahabat pahami bahwa disini saya bukanlah ahli dibidang SEO, namun merujuk pengalaman pribadi dan hasil baca-baca dari teknik master SEO selama ini yang banyak share di situsnya membuat saya memiliki beberapa kesimpulan terkait teknik SEO dasar ini. Mungkin para master yang memang sudah ahlinya dibidang SEO, artikel ini akan kelihatan basi dan sudah diluar kepalanya. Jadi seo dasar ini sudah bukan hal yang sulit dan membingungkan lagi karena memang sudah biasa dilakukannya, namun untuk teman-teman pemula mungkin ini akan bermanfaat sebagai panduan untuk optimasi situsnya agar lebih optimal dari sebelumnya. Dan kalian yang masih pemula tidak perlu terobsesi dulu dengan teknik SEO tinggi karena memang belum waktunya kesitu, ketahuilah dasar-dasarnya dulu.

Search engine optimation (SEO) bagi yang masih awam memang terasa sulit dan membingungkan, apalagi jika membaca beberapa tutorial di internet dengan pakar berbeda-beda dan teknik yang diajarkannya pun berbeda pula. Pasti sahabat pemula bukannya paham justru akan tambah mumet lagi karena bisa jadi master Seo 1 dan master Seo 2 berbeda teknik dan caranya dalam menjelaskan tentang cara optimasi SEO blog. Jadi akan lebih bagus sebagai pemula yang ingin belajar seo untuk memahami dulu teknik dasar-dasarnya terlebih dahulu sebelum masuk ke tingkatan yang lebih tinggi nantinya.

Untuk sahabat para blogger pemula setelah sebelumnya kalian pahami cara membuat blog gratis secara cepat hanya dalam 1 menit, berikut ini pandbis bagikan beberapa uraian khusus sebagai dasar kalian dalam belajar SEO sebagai langkah awal dalam membangun serta upaya memaksimalkan blog sahabat sebelum masuk ke tahapan teknik yang lebih tinggi.

dasar-dasar cara optimasi seo blog

SEO sendiri terbagi kedalam dua kategori yaitu on page dan off page. Mari agar lebih paham tentang itu semua kita pahami dulu dua istilah tersebut.

Optimasi SEO On Page

SEO secara umum terbagi menjadi dua bentuk yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Dalam SEO dasar kalian harus tahu tentang optimasi on page. Optimasi On Page sendiri merupakan langkah optimasi yang dilakukan di dalam website/blog itu sendiri. SEO On page optimation dimaksudkan agar search engine mengenali dan mengindex website/blog kita dengan sangat bagus. lalu, apa hal paling pokok yang harus dilakukan dalam Optimasi On Page ini. Kalian bisa baca cara membuat blog SEO dimata search engine.

1. Konten 

Dalah blog, konten adalah raja. Jadi tanpa konten yang berkualitas dan unik semua yang sahabat upayakan untuk nenbuat blog diperingkat satu adalah hal sia-sia. Ibarat sawah konten adalah benih bibit padinya, jika bibit padinya berkualitas bagus maka dengan perawatan yang cukup serta penanganan yang pas hasilnya akan lebih bagus lagi. Ini berbeda dengan kalian menggunakan benih yang biasa dan murahan, walau kaalain pupuk sebanyak apapun hasilnya juga tidak akan maksimal. Itulah mengapa dalam kegiatan ngeblog konten menjadi faktor utama mesin pencari menilai blog itu berkualitas atau tidak. Maka buatlah konten blog yang unik dan berkualitas serta memberikan manfaat untuk pembaca. 

Untuk cara bagaimana bisa menulis konten berkualitas dan cepat silahkan baca Tips menulis artikel secara cepat dan berkualitas.

2. Penggunaan Keyword di Judul blog

Keyword adalah senjata utama yang akan dibaca oleh search engine, dengan memberi penekanan terhadapkeyword kita, yang diletakan di judul website, memberiakan andil tersendiri di mata spider google. Jelasnya keyword adalah kata kunci yang kita gunakan pada judul blog sebagai identitas blog sobat. Judul blog yang bagus adalah yang berkaitan dengan deskripsi dan isi konten blog yang akan di postingkan.

Namun saat ini yang terpenting adalah keunikan judul blog, atau bahasa sederhananya membangun brand sendiri yang unik dan mudah diingat itu akan lebih baik menurut saya disbanding harus membuat judul blog yang sudah banyak dipakai orang lain atau banyak kompetitor. Karena untuk blog baru dan lebih lagi yang masih pemula rasanya akan kesulitan jika harus bersaing dengan blog-blog lama milik master yang memang sudah rangkingnya tinggi.

Intinya bikin judul blog yang unik dan belum dipakai orang lain, kasih deskripsinya yang jelas dan sesuai dengan fokus topik konten yang akan sahabat publishkan.

3. Penggunaan Tag H1 dan H2, H3, H4, dst..

Tag H1 dan H2 menjadi sangat penting bagi blog jika sudah berbicara dengan SEO. Biasanya Tag H1 adalah judul, dan Tag H2 adalah sub atau deskripsi. Letakan keyword utama kita di antara tag H1 dan letakan sub keyword diantara H2. Dalam banyak kasus tag H2 digunakan untuk judul artikel. Usahakan tag H1 yang telah diisi keyword tadi diletakan paling kiri atas halaman.

4. Gunakan jenis Bold, italic, atau underline di kata kunci

Sebagian ada yang menggunakan teknik ini untuk lebih mengoptimalkan index artikel mereka. Sebagai penekanan untuk keyword, gunakan bold, italic, atau underline pada beberapa keyword di artikel, masing-masing satu kali saja. Saya tidak menganjurkan sahabat untuk menggunakan teknik ini, karena saya sendiri juga belum begitu sepaham terkait hal ini, namun beberapa teman blogger ada yang menggunakan teknik ini. Namun untuk sekarang dengan semakin canggihnya robot crawl mesin pencari seperti google, teknik seo ini kayaknya sudah gak ngaruh lagi, dan bahkan jika berlebihan akan berdampak buruk terhadap blog itu sendiri.

5. Penempatan keyword Utama yang tepat dan sesuai

Letakanlah keyword utama pada awal halaman dan pada dekat-dekat akhir halaman. Untuk keyword pada akhir halaman letakanlah dibagian copyright. Hati-hati, jangan menumpuk keyword secara berlebihan, berdekatan dan berulang-ulang. Kondisi ini justru akan mengakibatkan penilaian buruk oleh search engine.

6. Mengatur tata letak navigasi

Salah satu yang sobat harus urus dalam optimasi SEO adalah tata letak navigasi yang ada di blog/website sobat. Tata letak juga berpengaruh dalam hasil pencarian. Spider google membaca halaman dari pojok kiri atas ke kekolom sebelah kiri kemudian ke body halaman sebelah kanan. Maka disarankan untuk penempatan link navigasi seperti menu atau kategori disebalah kiri. Sehingga google akan membaca halam konten sobat terlebih dahulu sebelum link navigasi di blog/website sobat.

7. Gunakan keyword pada Alt Image dalam setiap gambar artikel yang ada di postingan.

Alasan penggunaan Alt Image ini yaitu untuk mempertegas kata kunci kita dimata mesin pencari.

8. Permalink

Permalink digunakan untuk mempermudah pengunjung membaca link judul artikel kita di address bar. Selain nilai keindahan yang didapat, permalink juga digunakan sebagi penguat keyword. Google membaca link-link yang terdapat pada sebuah halaman kemudian mengindexnya. 

Jika permalink blog sahabat berbentuk seperti ini : https://www.nama_blog.com/dd/mm/yyyy/54321.php?post=21, Maka akan lebih baik di mata google jika berbentuk seperti ini: https://www.nama_blog.com/teknik_dasar_seo.html.

9. Anchor Link

Karena google membaca link, dalam penggunaan Anchor link ada beberapa ketentuan. Untuk Situs-situs yang kita masukkan linknya di artikel kita, sebaiknya menggunakan tambahan tag rel=nofollow pada link tersebut. Namun sebagian blogger ada yang menambahkan link artikel blognya di artikel untuk memperkuat kata kuncinya.

10. Template Blog

Template blog juga akan berpengaruh terhadap seo blog, karena jika template kalian memilik struktur kode yang error dan berat, search engine otomatis akan mengabaikannya. Untuk itu gunakan template yang responsive, ringan, dan valid HTML 5. Lebih bagus lagi jika template sahabat adalah template yang memang legal bukan hasil cloning dari blog lain. gunakan juga template yang mobil friendly dan ramah terhadap semua browser yang ada seperti Crome, Firefox, Eksplorer, dan browser populer lainya.

Saat ini sudah banyak template-template responsive yang bagus dan sudah mobile friendly serta sudah SEO Friendly. Sahabat dapat meminta izin pemilik template untuk memakai template tersebut dan cantumkan juga link credit dan jangan menhapusnya. Atau jika ingin menghapus link credit pada template maka beli secara premium.

11. Daftarkan dan submit situs ke webmaster Google, Bing, Yandex, Ask, Baidu, dll.

Mendaftarkan situs ke webmaster seperti google, bing, yandex, dan lainya merupakan hal wajib yang harus blogger lakukan. Dengan mendaftarkan blog ke webmaster tersebut akan membuat blog cepat diindex dan dikenali oleh mesin penelusuran. Selain itu submit juga sitemap blog sahabat agar proses index bisa cepat serta optimal.


Optimasi SEO Off Page

Setelah optimasi On Page maka selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah optimasi Off Page . teknik yang nomor dua ini adalah optimasi seo yang tidak berhubungan lansung secara teknik terhadap blog/website kita. Optimasi Off page sangat penting terhadap peringkat kita di mata mesin pencari disamping optimasi On Page di atas. Lalu, bagaimana cara dan teknik optimasi Off Page ini? Akan kami jelaskan sedikit dibawah ini.

Menurut saya yang terpenting dalam optimasi Off Page adalah Backlink. Backlink adalah link blog kita yang secara aktif terpasang di blog/website lain dan yang secara langsung terhubung ke blog kita. baik di home page atau di halaman artikel. Blog yang memiliki backlink banyak, bagus dan berkualitas tentu akan menjadi pemenang di search engine dan banyak pengunjung. 

 Namun untuk backlink disini harus benar-benar yang berkualitas ya, backlink yang berkualitas adalah dari situs yang memang berkualitas juga. usahakan cari backlink dari situs dengan rating lebih tinggi dan satu topik dengan blog sahabat.

Perkenalkanlah situs blog sahabat kepada teman, kerabat, dan saudara, mintalah dia mengunjungi blog sahabat dan memberikan komentarnya agar blog sahabat, dengan begitu mesin pencari akan melihat kalau blog sobat memang dibutuhkan oleh banyak orang. 

Lakukan promosi blog melalui sosial media atau lainya seperti membuat souvenir dengan mencantumkan domain blog sobat. Bagikan souvenir itu kepada teman-teman, saudara, atau komunitas sahabat, dengan begitu secara tidak langsung nama blog sahabat akan banyak dikenal dan bukan tidak mungkin teman-teman tersebut penasaran dan tertarik mengunjungi blog sahabat.

Teknik seo dasar yang pandbis jelaskan diatas bisa sahabat jadikan acuan dalam optimasi blog khususnya kalian para pemula, semoga apa yang pandbis share kali ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel