INI 3 CARA PRAKTIS MENJUAL PRODUK VIA ONLINE

Menjual produk secara online sekarang ini sudah menjadi trend dan merupakan hal yang lumrah, selain alasan praktis dan efesien jualan produk di sosial media atau toko online memiliki jangkauan pasar yang luas serta lebih menguntungkan.

Banyak yang sudah membuktikan kesuksesannya dalam berjualan online ini, contoh saja seperti perusahaan startup terkemuka di Indonesia yaitu Bukalapak.com misalnya, pendirinya dulunya hanyalah pemuda biasa dengan pendapatan pas-pasan, namun dengan kegigihan dan terobosan yang dilakukannya untuk berjualan online ahirnya sekarang omzetnya mencapai milyaran rupiah perbulan.

Untuk berjualan online tidak harus memiliki produk sendiri, kalian dpat bekerjasama dengan pihak lain seperti produsen, distributor, toko penjual, atau pemasok suatu produk, kalian hanya menjual jasa  memasarkan saja atau istilahnya sebagai marketingnya, dan kalianlah yang menentukan harga jualnya dengan begitu kalian akan memperoleh keuntungan daari menjualkan produk tersebut.

Trik cepat menjual produk secara online

Lalu dimana dan bagaimana cara menjual produk tersebut via online? 

Mungkin untuk kalian yang masih pemula dan belum paham benar tentang cara mendapatkankan uang dari internet melalui bisnis online yang sekarang makin pesat perkambangannya, silahkan baca dan pahami uraian pandbis ini dan juga ketahui tentang istilah bisnis online sebagai pengetahuan dasar kalian sebelum terjun kedalamnya.

Ada banyak macam cara mencari penghasilan melalui internet, salah satunya yaitu membuka lapak untuk tempat jualan online. Penting untuk sahabat pahami bahwa setidaknya ada tiga cara menjual produk secara online yang dapat kalian jalankan yaitu dengan melalui Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing dan Marketplace. Ketiga macam tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. 

Dan sekarang mari kita pahami dulu apa itu Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing, dan Marketplace. Terlebih dahulu sebaiknya anda pikirkan dulu barang apa yang hendak anda jual secara online. Jika belum memiliki produk sendiri alangkah baiknya kalian mencari supplier yang mau diajak kerjasama, kemudian barulah memulai langkah berjualan dan memasarkan produk kalian secara online.

Oke sahabat pandbis, mari sekarang kita masuk ke pembahasan tentang menjual produk secara online dengan tiga pilihan berikut ini.

1. Memasarkan produk dengan Search Engine Marketing (SEM)

Pengertian dari Search Engine Marketing (SEM) adalah teknik pemasaran produk (website bisnis kalian) dengan membayar periklanan yang menyediakan jasa tersebut. Iklan yang akan tampil dapat berupa gambar, animasi, video, dan tulisan. Salah satunya yang merupakan Search Engine Marketing adalah Google Adwords, yang menampilkan iklan anda di hasil pencarian Search Engine dengan kata kunci tertentu. Untuk Google Adwords penempatannya akan terdapat di atas hasil pencarian atau dibilah kanan hasil pencarian, dan di paling bawah dekat dengan menu navigasi halaman hasil pencarian. Google Adwords adalah jaringan periklanan online milik google yang reputasinya sudah terbukti dan banyak perusahaan-perusahaan besar diseluruh dunia yang mempercayakan produknya di Google Adwords.

Search Engine lain selain google yang dapat anda gunakan adalah Yahoo, Bing, Yandex, Facebook, Baidu dan lainya.

Sedangkan sistem pembayaran yang dipakai dalam Search Engine Marketing (SEM) kebanyakan adalah dengan sitem PPC (Pay Per Click) atau Pay Per Impression. PPC adalah sistem pembayaran iklan dg perhitungan berdasarkan banyaknya klik yang dapat dilakukan oleh custumer yang klik ke iklan tersebut.


Sedangkan untuk sitem Pay Per Impression yaitu merupakan sistem periklanannya lebih kepada berapa kali penayangan iklan yang tampil dilaman Search Engine atau publisher.

2. Memasarkan produk melalui Social Media Marketing (SMM)

Untuk cara menjual atau memasarkan produk secara online yang kedua yaitu dengan melalui Social Media Marketing . Pengertian Social Media Marketing sendiri adalah teknik marketing yang menggunakan Social Media sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk (Link Halaman Website Bisnis Online) atau suatu jasa, atau produk lainnya secara lebih spesifik. Social Media Marketing (SMM) lebih kepada pembangunan dan pemanfaatan area Sosial Media sebagai sarana atau tempat untuk membangun target pasar dari berbagai macam bisnis online yang anda jalankan. Dalam pembangunan Social Media Marketing perlu diingat bahwa kita harus membangun kelompok dan target pasar dg sikap saling menghormati dan selalu berkomunikasi dengan target pasar yang anda bangun.

Sementara semakin banyak area Social Media Marketing yang anda bangun, maka akan semakin besar pula dampak yang dihasilkan bagi website bisnis online anda. Ada beberapa Social Media Marketing  (SMM) yang populer dikalangan masyarakat, seperti Facebook, Twitter, Wechat, WhatsApp, Google Plus, Pinterest, Reddit, Youtube, Myspace, Digg, , Instagram, Linkedin dan masih banyak medsos lainnya. Antara Medsos satu dengan lainya memiliki tata cara pemakaian yang berbeda-beda, seperti facebook dengan istagram akan berbeda, Jika di facebook dapat memuat foto beserta tulisan panjang, vieo, link, dan deskripsi tentang produk yang anda tawarkan, lain halnya di Instagram yg hanya dapat membagikan foto dan video yang dapat di isi dengan link, keterangan, tag dan hastag saja.


Teknik Social Media Marketing (SMM) biasanya menjadi pilihan utama oleh para pemilik Website dan Bisnis Online, ini karena teknik Social Media Marketing (SMM) lebih mudah, murah dan efisien.
Cara kerja Social Media Marketing (SMM) sendiri adalah dengan membangun area pasar dan link Website Bisnis Online yang dibagikan ke berbagai Sosial Media. Dengan harapan link yang telah dibagikan mampu memberikan dampak positif untuk menjaring banyak pengunjung baru yg tertarik dan mungkin saja akan menjadi pengunjung tetap dari Website Bisnis Anda, sekaligus membeli produk-produk yang ditawarkan di website atau blog tempat anda jualan.


3. Memasarkan produk dengan cara E- Marketplace

Cara ketiga untuk memasarkan produk secara online yaitu dengan cara Marketplace. E-Marketplace merupakan media online berbasis internet (web based) sebagai tempat melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara penjual dan pembeli. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak mungkin dengan kriteria yang diinginkan, sehingga memperoleh sesuai harga pasar. Sedangkan bagi supplier atau penjual dapat mengetahui perusahaan-perusahaan yang membutuhkan produk atau jasa mereka.

E-MarketPlace merupakan model E-Business yang berhubungan dengan seller dan buyyer (penjual & pembeli) E-MarketPlace di Indonesia merupakan salah satu media penggerak ekonomi nasional dalam rangka menghadapi era globalisasi. Untuk itu, perlu dikembangkan E-MarketPlace yang teratur, wajar dan efisien. Pada umumnya E-MarketPlace yang efisien dapat meningkatkan iklim investasi di perusahaan dan memudahkan arus input output barang. Contoh Marketplace populer di Indonesi seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD, dan lainya.

Baiklah sahabat, itulah sedikit uraian tentang cara berjualan produk secara online dengan tiga langkah praktis seperti yang sudah pandbis jelaskan diatas. Walau masih perlu penyempurnaan namun paling tidak dapat menjadi bahan pembuka wawasan sahabat yang merasa masih pemula dalam dunia bisnis online. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel