Cara Sukses Membuka Usaha Salon Kecantikan Dan Spa

Saat ini usaha salon kecantikan menjadi salah satu peluang usaha yang memiliki prospek bagus dan tidak ada matinya. Dizaman modern seperti saat ini pola kehidupan msyarakatpun mulai bergeser dari yang tradisional menjadi modern, dan masyarakat lebih suka hal yang smart serta elegan. Begitu juga dengan gaya fashion dan perawatan kecantikan khususnya kaum hawa. Wanita sekarang harus bisa tampil cantik dan trendi, mereka akan merasa malu jika belum bisa berdandan cantik dengan tampil trendi dan menawan. Itulah mengapa banyak para wanita lebih memilih perawatan kecantikan ke salon kecantikan yang lebih professional dan hasilnya juga dirasa memuaskannya.

Membuka usaha jasa bisnis salon perawatan kecantikan

Seiring berkembangnya gaya hidup di masyarakatpun mulai berubah dari yang tadinya perempuan yang datang ke salon hanyalah mereka dari kalangan atas seperti golongan selebritis dan pejabat, namun sekarang ini kalangan menengahpun sudah mulai melakukan perawatan ke salon kecantikan.
Pergeseran gaya hidup dimasyarakat ini membuat pasar salon kecantikan semakin luas,  keadaan ini juga membuat usaha salon kecantikan bisa bertahan lama dan terus berkembang dari waktu kewaktu.
Perawatan kecantikan bukan hanya seputar perawatan rambut dan kulit saja, namun kenyataanya lebih dari sekedar itu. Misalnya saja perawatan tubuh dengan cara pijit refleksi, totok wajah, dan spa. Dan umumnya spa merupakan jasa yang sering ditawarkan bersamaan dengan perawatan kecantikan lainnya.

Berdasar alasan tersebutlah mengapa sekarang ini bisnis salon kecantikan merupakan usaha dengan prospek bagus, yang potensial sekali untuk meraih penghasilan tinggi dengan modal yang tidak begitu besar dan sangat terjangkau oleh kita.

Itulah mengapa saya bilang usaha ini merupakan salah satu usaha modal kecil dan memiliki prospek baik serta tidak ada matinya dan akan terus berkembang kedepan. Ini telah terbukti dimana saat ini banyak pengusaha salon kecantikan yang sukses menjalankan usahanya dan rata-rata memiliki memiliki penghasilan bersih antara 10 – 20 juta perbulan.

Persiapan dan langkah awal membuka usaha salon kecantikan

Memperdalam Ilmu dan Skill

Sudah barang tentu saat mau membuka usaha awal harus memperhitungkan segala macam kemungkinan agar usaha bisa berjalan sesuai rencana. Mengetahui tentang strategi berbisnis dibutuhkan sebagai bekal awal.

Ketika sahabat ingin membuka usaha salon, pertama yang perlu sahabat persiapkan yaitu ilmu atau skill tentang perawatan kecantikan, harus juga menguasai dulu ilmu tentang usaha salon kecantikan. Jadi menyiapkan skill yang mumpuni dan memperdalam ilmu dibutuhkan sekali agar nanti hasil pelayanan sahabat juga bagus dan cocok dihati pelanggan, dan ketika itu terjadi maka salon sahabat dipastikan tidak akan sepi pelanggan.

Menentukan Target Market

Usaha apapun termasuk jasa salon kecantikan pastilah membutuhkan pelanggan yang banyak, untuk itu sebelum memulai buka usaha tersebut sobat haruslah bisa melihat atau menentukan target market potensial diwilayah usaha sobat. 

Pilihlah target market utama yang ingin sahabat bidik, misalnya pelajar dan mahasiswi, masyarakat umum, atau kalangan masyarakat tertentu misalnya di kompleks perumahan kedinasan ataupun lainya. Setelah mengetahui target market yang ingin dibidik,kemudian tentukan lokasi usahanya.

Memilih tempat usaha

Tempat usaha yang strategis dan cocok dengan usaha sahabat tentu menjadi hal penting yang harus diperhitungkan. Sebab lokasi atau tempat usaha akan berpengaruh besar terhadap ramai dan sepinya pelanggan nantinya. Kemudian tentukanlah lokasi usaha yang strategis dan mudah dilihat orang serta aksesnya lancar.

Untuk lokasi tempat usaha yang strategis biasanya berada di lokasi yang ramai dekat pasar atau pusat perbelanjaan seperti mall, dan lainya.bisa juga didekat kos-kosan anak kampus jika target market sahabat adalah para mahasiswi.atau juga di pinggir jalan raya di daerah keramaian dekat kota sobat. Jadi intinya untuk lokasi usaha sahabat haruslah jeli dan pandai memilih lokasi yang pas dengan melihat beberapa pertimbangan tentunya.

Desain tempat usaha salon kecantikan

Mendesain tempat usaha

Desainlah tempat usaha sahabat semenarik mungkin dan senyaman mungkin. Siapkan ruang tunggu dan ruangan lainya yang nyaman. 

Untuk tempat service atau pelayanan, sediakan sebuah ruangan yang sesuai, yang nyaman dan bersih serta memungkinkan sahabat melakukan kegiatan perawatan kecantikan dengan baik. Hal ini bertujuan agar konsumen merasa nyaman dengan tempat yang ada. Setelah itu harus segera mencari alat­alat yang dibutuhkan untuk usaha salon kecantikan ini.

Jika sahabat juga membuka layanan spa, sediakan juga ruangan khusus yang nyaman dan bersih serta bebas dari gangguan. Usahakan kehadiran pelanggan lain tidak mengganggu kenyamanan pelanggan lainya yang sedang spa atau perawatan kecantikan lainya. Ini untuk menjaga privacy juga menjamin keamanan dan kenyamanan pelanggan dalam menerima service yang ada.


Memilih karyawan yang sesuai

Jika sahabat harus mengambil karyawan untuk membantu kerja di usahanya, pastikanlah mengambil  karyawan yang sudah memiliki keterampilan cukup tentang perawatan kecantikan seperti potong rambut, lulur, hair mask, creambath, smoothing, dan sebagainya. Dengan bimbingan dan pengawasan dari sahabat, nanti hasilnya juga akan sesuai dengan yang diharapkan.

Desain ruangan Layanan lulur dan spa

Memilih Peralatan yang dibutuhkan

Peralatan cukup merupakan hal wajib yang harus sahabat miliki dalam bisnis salon kecantikan ini. Sebaiknya carilah alat-alat salon kecantikan yang berkualitas tinggi agar sahabat bisa memastikan konsumen mendapatkan hasil yang baik sesuai harapan. Setelah itu baru menganalisa kebutuhan modal serta peluang keuntungan yang didapat dari usaha salon sobat.

Set Makeup perlatan kecantikan

Pelayanan 

Ketika kita menjual jasaapapun, hal pertama yang dilihat pelangganadalah pelayanannya. Jadi selain tempat nyaman, kualitas pelayanan yang baik  juga harus sahabat berikan. Selalu bersikaplah ramah terhadap semua pelanggan, turuti kemauaanya dan jelaskan dengan baik memakai bahsa yang santun dan ramah ketika suatu permintaan tidak ada dalam produk layanan dalam salon sahabat, dengan begitu pelanggan akan dapat menerima. Jangan sungkan minta saran dan masukan dari pelanggan untuk kebaikan dan kemajuan usaha salon sahabat.

Cara memberikan pelayanan ke pelanggan salon

Promosi usaha

Ketika sahabat sudah membuka usaha salon kecantikan, diawal-awal lakukanlah promosi layanan jasa perawatan kecantikan di salon sobat kepada banyak orang, utamanya yaitu kepada target market yang sahabat bidik dari awal. Pintar-pintarlah mempromosikan jasa sobat dan juga pandailah mengambil simpati kepada pelanggan agar nantinya pelanggan bisa cocok layanan sobat. Berilah pelayanan yang ramah dan santun serta jangan sungkan-sungkan untuk meminta tanggapan pelanggan tentang layanan service yang sudah sobat lakukan.


Kebutuhan Modal Usaha Salon

Untuk membuka usaha salon kecantikan dan spa ini, hal penting yang harus sahabat siapkan selain skill adalah modal usaha, maka siapkanlah modal yang cukup agar usaha juga maksimal. 

Untuk modal awal sahabat membutuhkan dana sekitar 20 – 25  juta. Kebutuhan modal ini meliputi kebutuhan sarana dan prasarana umum yang dibutuhkan dalam usaha, meliputi penyiapan tempat usaha, peralatan, dan lainya. 

Dan dari modal awal tersebut rinciannya adalah sebagai berikut:

Modal Usaha Awal
  • Sewa ruko /rumah/ tempat usaha : Rp. 8.0000.000,- 
  • Renovasi tempat usaha : Rp. 3.000.000,-
  • Paket peralatan salon kecantikan komplit : Rp.10.000.000,-
  • Modal promosi : Rp. 1.500.000,-
Jumlah modal : Rp. 22.500.000,-

Analisis Usaha Bisnis Salon Kecantikan


Modal Usaha awal : Rp. 22.500.000,-

Operasional bulanan

Rinciannya yaitu;
  • Untuk beli bahan /produk kosmetik ; (vitamin rambut, cat rambut, shampo, masker, facial, creambath,dll.) = Rp. 2.000.000,-
  • Kosmetik wajah dan perawatan tubuh = Rp 1.500.000,-
  • Kebutuhan listrik dan air = Rp 800.000,-
  • Kebutuhan gaji untuk karyawan = Rp 1.600.000 X 2 = Rp. 3.200.000,-
  • Biaya lain-lain = 500.000

Total untuk biaya operasional bulanan Rp 8.000.000,-

Secara umum analisis usaha salon kecantikan dapat kami gambarkan sebagai berikut;

Asumsi pemasukan, dengan target konsumen sehari 10 orang dengan total transaksi rata­rata minimal @50 ribu sehari = 500 ribu/hari atau minimal 15 juta sebulan. 

Selanjutnya tinggal dikurangi biaya operasional bulanan (15% - 30 %) maka dalam sebulan kita bisa mendapatkan income 50­70% dari omset usaha salon sahabat. Mantap bukan?

Ilustrasinya :

Rp. 50.000.000,- X 10 X 30 = Rp. 15.000.000,- 

Jadi total pendapatan kotor perbulan dengan asumsi perhitungan tersebut yaitu : Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah)

pendapatan kotor / bulan – Operasional bulanan = Laba bersih
Rp. 15.000.000  - Rp. 8.000.000,-   = Rp. 7.000.000,- 

Jadi pendapatan bersih yang sahabat dapatkan setiap bulannya yaitu berkisar Rp. 7.000.000,00 (tujuh juta rupiah)

Jika diakumulasikan dalam satu tahun berarti : Rp. 7.000.000,- X 12 = Rp. 84.000.000,- (delapan puluh empat juta rupiah)

Jadi taruhlah dalam tiga sampai empat bulan sahabat sudah balik modal semuanya dan tinggal memanen keuntungannya saja. 

*** Namun perlu menjadi catatan bahwa perhitungan atau analisis usaha salon kecantikan tersebut terkait harga modal dan barang bukanlah angka yang pasti,  karena disini saya berpatokan dengan wilayah saya, jadi mungkin berbeda daerah akan berbeda pula harganya. Namun untuk perbedaanya jelas tidak akan jauh melenceng dari harga perkiraan diatas.

Alangkah lebih efesien sekali jika sahabat usahanya dirumah sendiri yang sudah strategis lokasinya, jadi tidak perlu lagi mengeluarkan biaya sewa tempat usaha.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel