7 Tips Sukses Membuat Home Schooling Secara Mandiri

Home Schooling menjadi salah satu solusi tepat buat para pelajar yang ingin lebih menguasai pelajaran sekolahnya secara mendalam dan cepat. Karena itulah para orang tua sekarang lebih memilih memasukkan anak-anaknya ke home schooling karena dilihat akan bisa membantu anaknya lebih mampu menguasai materi pelajaran dengan lebih baik sebab jika hanya mengandalkan penjelasan dari guru di sekolah yang hanya beberapa menit/jam saja dirasa kurang maksimal. Selain itu jika anak diharuskan belajar sendiri dirumah tanpa ada yang membimbing rasanya juga sulit bisa maksimal. Untuk itu memberikan home schooling ke anak akan lebih efektif dalam membantu anak menguasai lebih dalam tentang pelajaran disekolahnya.

Untuk kalian yang memiliki keerdasan serta kemampuan lebih dibidang mata pelajaran sekolah, ini tentu menjadi peluang baik untuk kegiatan dirumah dengan membuat semacam Rumah Belajar (Home Schooling) secara mandiri, dan ini pekerjaan mulia juga bukan.

Anak belajar di home schooling atau rumah belajar

Mendirikan rumah belajar menjadi salah satu terobosan yang bagus dalam dunia pendidikan, rumah belajar terbukti mampu membantu para siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran.

Secara umum rumah belajar dapat diartikan sebagai home schooling, yang berarti sekolah yang diadakan di rumah. Pengertian rumah belajar adalah perpustakaan yang juga tempat belajar kegiatan yang menyediakan informasi dari koleksi dan juga kegiatannya. Pada fungsi lebih lanjut rumah belajar dapat saja berwujud jaringan sistem informasi seperti perpuskaan elektronik, tapi lebih dari itu rumah belajar juga berwujud dalam kegiatan-kegiatan edukatif lainya.

Rumah belajar ibarat perpustakaaan hidup yang menyediakan informasi tidak hanya dari koleksi dan sistem jaringan yang di bangun tetapi juga dari semua pengguna dan terutama dari aktivitas layanan yang di ciptakan.

Sahabat yang memiliki skill dan kemampuan dibidang ini alangkah baiknya menyalurkan ilmu dan bakat sobat melalui rumah belajar, sobat bisa mendirikan home schooling di rumah sendiri. Buatlah planning yang jelas terhadap home schooling kalian serta berikan tempat yang baik dan bersih agar peserta didik bisa belajar dengan nyaman.

Untuk sahabat yang ingin mendirikan rumah belajar baik secara mandiri atau berkelompok, berikut ini pandbis bagikan beberapa tips sukses mendirikan home schooling kreatif dan efektif.

1. Awali dengan niat yang baik dan kesungguhan hati

Ketika hendak melakukan suatu kegiatan apapun, sudah semestinya dibarengi dengan niat dan kesungguhan hati yang baik. Nah begitu juga dengan home schooling ini, yang pertama dan penting untuk sahabat  dijadikan modal awal dalam mendirikan usaha rumah belajar yaitu harus dengan niat yang tulus dan bersungguh-sungguh.

2. Tentukan target usaha 

Maksud dari menentukan target usaha yaitu sahabat harus berpikir siapa yang nantinya akan jadi murid di rumah belajar sobat. 

Mungkin sebagai langkah awalan, sahabat belum memerlukan guru pembantu, jadi bisa berjalan sendiri dengan sesuai kemampuan. tentukan target tingkat usia atau jenjang anak didik kalian. Bagaimana caranya? lihat pada kompetensi atau potensi sahabat. Jika sobat lulusan SMA maka akan sangat baik fokus kepada murid SMP atau SD, dan jangan memulai pada siswa SMA karena selain lebih rumit juga untuk menjaga agar nantinya tidak terlihat meragukan dimata anak didik atau orang tua anak.

Bayangkan jika semisal sahabat di tanya tentang suatu soal matematika apalagi soal jurusan IPA, dan ketika itu tidak dapat sobat jawab, maka peserta didik tentu akan merasa ragu kepada kemampaun kalian. Jadi yang terpenting fokus pada apa yang kalian bisa agar kalian terlihat kredibel dan memang menguasai di bidang itu.

3. Memulai dari membuka bimbel

Sebagai awalan sebelum benar-benar menjadi rumah belajar yang siap menerima banyak peserta didik, sahabat dapat memulainya dengan membuka semacam bimbel (bimbingan belajar) dirumah sendiri atau ditempat lain dengan 5 –sampai 10 anak. Ini sekaligus sebagai persiapan awal sebelum benar-benar fokus pada usaha rumah belajar kalian.

4. Mulailah dari Les privat

Kalian boleh saja membuka usaha rumahan seperti bimbingan belajar langsung dengan berapa murid yang datang kerumah kalian, dan itu sedikit butuh modal. Tetapi walau hanya dengan modal kecil karena bimbingan belajar termasuk kedalam jenis usaha dengan modal kecil namun jika sobat tidak memilki modal cukup kalian bisa memulainya dengan les privat.

Alasanya karena dengan les private kalian tidak perlu membeli alat – alat seperti papan tulis, boardmarker, kursi, dan lainya, dan hanya perlu membawa alat tulis ala kadarnya saja. Bahkan kalian bisa saja tidak membawa apapun dari rumah karena pasti siswa yang ikut les privat jelas sudah memilki buku paket atau bahan ajar, alat tulis dan kursi sendiri. Dan uang dari  les privat itulah yang nantinya dapat sahabat jadikan modal untuk membuka bimbingan belajar regular di rumah kalian.

Lalu buatlah daftar absensi kehadiran kalian yang dipegang oleh si guru dan orangtua siswa. Dan ingat, kalian harus memiliki visi dari usaha ini. Les privat misalnya, tentu kalian jangan berfokus pada hasilnya, tapi pada kepuasan kalian mengajar. Mencerdaskan orang lain dan ikut membantu seseorang meraih masa depannya.

Keberhasilan si murid itulah kesuksesan kalian bukan dari seberapauang yang kalian dapat. Jika kalian memiliki visi yang bagus maka tentu akan mendapatkan kekuatan yang luar bisa dan mampu menggerakan segala hal yang kalian miliki untuk membantu siswa tersebut cerdas.

5. Buat rancangan program lalu kerjakan bimbingan belajar reguler di rumah kalian

Setelah memilki modal yang cukup dari hasil les privat kalian, silahkan merancang bimbingan belajar di rumah kalian, tak perlu membuka kelas mewah dengan bangunan super comfortable kelas A, yang terpenting ruangan belajar kalian harus nyaman meski sangat sederhana dan hanya mampu menampung beberapa murid.

Dan sebagai rferensi sahabat terkait kebutuhan modal dalam membuka rumah belajar, berikut ini pandbis bagikan itung-itungan secara sederhana yang mungkin bisa jadi rujukan sahabat terkait usaha home schooling ini.

6. Bikin regenerasi pengajar

Akan sangat bagus jika nanti usaha home schooling kalian berkembang dan kalian membutuhkan guru tambahan, maka usahakan kalian ambil dari murid kalian sendiri yang pernah kalian ajar. Itu akan lebih mudah bagi kalian mengorganisir usaha sampingan. selain itu, kalian juga bukan hanya membantu murid dalam belajar namun juga membantunya untuk mempunyai kemandirian dan tentunya mendapatkan uang tambahan untuk membiayai pendidikan siswa. Intinya kalian itu memberi pancing dan bukanlah ikannya.

7. Lakukan promosi 

Agar rumah bimbingan belajar kalian bisa ramai dan memiliki banyak siswa, maka perlu diadakannya promosi atau memperkenalkan program-program unggulan kepada orang banyak. Dengan begitu mereka akan tahu visi-misi dan program pembelajaran di rumah belajar kalian.

Beberapa cara murah dan mudah dalam mempromosikan usaha bimbingan belajar ini misalnya dengan membagikan brosur atau pamflet penawaran paket program bimbingan belajar baik itu di lingkungan sekolah, mall atau pusat-pusat perbelanjaan lainnya.

Kalian juga bisa memasang iklan di koran lokal, mengajukan proposal kerjasama dengan sekolah-sekolah bahkan memberikan ke rumah-rumah di sekitar lokasi usaha rumah belajar milik kalian.

Analisa kebutuhan modal mendirikan Home Schooling

Modal awal

Sewa tempat usaha sebesar 10-15 Juta/tahun (Jika ini dirumah kalian sendiri maka tidak butuh sewa tempat)

Sarana dan Prasarana bimbel sebesar 10 juta rupiah dibelikan untuk kursi dan white board, spidol, penghapus dan modul pelajaran siswa.

Interior ruang tunggu dan ruang belajar siswa 10-15 juta rupiah

Pemasukan Usaha bimbel target siswa bulan pertama 40 anak x  @ 150 ribu, untuk 8 pertemuan/bulan =    6 juta rupiah

Pengeluaran untuk Listrik dan internet  = 500 ribu
Fotokopi soal-soal  = 100 ribu
Gaji Pengajar 2 orang @1 juta  =    2 juta
Jumlah Pengeluaran Awal   2,6 juta
Pendapatan untuk pemilik sekitar  3,4 juta (belum dikurangi biaya penyusutan sewa usaha)

#NOTE

Agar usaha rumah belajar ini bisa sukses kuncinya yaitu metode yang diberikan harus sanggup memberikan nilai tambah kepada siswa sehingga prestasi belajarnya ada peningkatan kearah yang lebih baik.

Sedangkan sukses dalam usaha bimbel ini bisa diraih jika didukung dengan tim pengajar yang berkualitas, layanan yang profesional, tempat yang nyaman dan tentu saja terus menerus diadakan pengembangan metode dan kurikulum belajar yang semakin membuat siswa senang untuk belajar mata pelajaran sekolah.

Tips dan cara mendirikan home schooling yang pandbis uraian tersebut bisa sahabat jadikan referensi tambahan dalam membuat rumah belajar secara mandiri. Sedangkan untuk analisa kebutuhan modal yang teruraikan dalam hitung-hitungan diatas beda daerah dan wilayah lokasi usaha mungkin akan berbeda pula kebutuhan modalnya. Namun apa yang teruraikan sudah merupakan gambaran umum terkait usaha tersebut. Semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel