3 Cara Mudah Melindungi WhatsApp Dari Penyadapan

Kemajuan bidang teknologi informasi memang memudahkan semua orang dalam berkomunikasi dengan siapapun ke berbagai Negara tanpa ribet, jarak ribuan kilometer bahkan lintas benua seklipun seakan tidak berarti karena hanya dengan bermodalkan kuota data internet dan aplikasi chat seperti Whatsapp saja dengan mudahnya kita dapat berkomkunikasi baik chat teks, gambar, Voice call, dan video call dengan biaya yang murah dan cepat. Namun kemudahan ini jika penggunanya tidak hati-hati ternyata dapat membahayakan penggunanya, masih banyaknya celah yang memungkinkan orang lain menyadap atau membobol akun medsos tersebut dapat mengancam privacy penggunanya. 

Kita tahu bahwa penyadapan akun sosial media belakangan ini marak terjadi, aplikasi chatting seperti Massangger, Line, Wechat, dan Whatsapp pun tidak luput dari aktivitas penyadapan. Motif dan bentuk penyadapannyapun berbeda-beda, namun intinya merek yang mencuri akun atau melakukan penyadapan berniat mencuri data atau konten privacy korbannya untuk kepentingannya dan tujuan tidak baik.

Untuk itu buat sahabat para pengguna sosial media khususnya whatsapp pandbis sarankan untuk lebih berhati-hati dan menhindari bentuk penyadapan ini. jangan sampai hal yang sifatnya pribadi nanti tersebar karena ulah orang yng tidak bertanggung jawab.

Khususny whatsapp yang memang menjadi topik bahasan pandbis kali ini, sebenarnya sudah memberikan opsi bagi penggunanya untuk membuat akunnya lebih aman dan tidak mudah disadap oleh orang lain. 

Dan untuk sahabat pandbis, berikut ini kami berikan tips dan trik menghindari penyadapan akun whatsapp dari orang lain yang tidak bertanggung jawab.

1. Sering Check WhatsApp Web

Salah satu celah yang sering dimanfaatkan oleh orang lain untuk mengintip data chat whatsapp kita adalah dengan melalui koneksi whatsapp web. Biasanya bisa di computer windows ataupun di perangkat smartphone yang mendukung browser versi desktop. 

Untuk mengatasi ini maka sering-seringlah mengecek aplikasi whatsapp web kalian dengan cara.
Buka aplikasi Whatsapp di Hp sobat, kemudian dipojok kanan paling atas klik tanda titik tiga, kemudian pilih atau klik >> WhatsApp Web

Check keamanan whatsApp web

Nah akan terbuka windows baru, dan jika ada gambar seperti dibawah ini maka akun whatsapp sahabat sedang dibajak atau sedang aktif di perangkat lain. Segera klik >> keluar dari semua perangkat.

Cara melindungi akun WhatsApp dari penyadapan

Sering-seringlah check whats app web kalian untuk memastikan bahwa akun whatsapp anda aman dari penyadapan.

2. Dengan Verifikasi dua langkah

Cara lain yang dapat sahabat lakukan untuk melindungi akun whatsapp kalian yaitu dengan melakukan "verifikasi dua langkah".

Dengan teknik ini orang lain tidak akan atau sulit untuk masuk ke whatsapp kalian karena harus memasukkan PIN Code khusus dan hanya sahabatlah yang mengetahuinya. Caranya yitu seperti langkah dibawah ini:
Keamanan whatsApp dengan verifikasi dua langkah
 Gb. 1

keamanan whtsApp verifikasi dua lngkah bag 2

Gb. 2

Mengamankan kun whatsapp dengan PIN
Gb. 3

Melindungi whatsapp dari penyadapan
Gb. 4

Klik >> tanda titik tiga dipojok kanan atas, pilih >> setting/setelan, kemudian pilih >> Akun, lalu klik/pilih >> verifikasi dua langkah. Di halman yang muncul klik tombol hijau bertuliskan “Aktifkan”, kemudian masukkan enam digit angka rahasia sebagai PIN kalian, klik >> Lanjut, kemudian masukkan PIN tadi sekali lagi dan klik >> lanjut, terahir masukkan email aktif kalian kemudian klik >> lanjut, selesai. 

Nah disini setiap kali sahabat akan membuka whatsapp harus memsukkan PIN Code yang tadi sahabat buat sebgai keamanan, dan jika lupa atau mau merubah PIN sahabat dapat meinta perubahan PIN melalui email yang tadi sahabat daftarkan.

Dengan langkah keamanan ini siapapun orangnya yang tidak tahu PIN Code akan sulit sekali membobol atau menyadap Whatsapp sahabat.

3. Dengan Apliksi keamanan dari Playstore

Sekarang ini sudah banyak aplikasi keamanan di playstore untuk melindungi aplikasi sosmed kita di smartphone, seperti misalnya App Lock, Chat Lock, Smart AppLock, Max App Lock, dan lainya. Sahabat tinggal pilih mana App yang cocok kemudian download dan install saja, lalu ikuti panduan dan instruksinya, Selesai.

Nah itulah tiga cara mudah untuk melindungi akun whatsApp dari penyadapan atau pembajakan oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel