12 Fungsi Menu Pada Tampilan Dashboard Blogger Terbaru

Hallo sahabat pandbis, semoga hari-hari anda menyenangkan dan selalu dipenuhi dengan rasa optimisme. Postingan dengan judul belajar mengenali fungsi menu di dashboard blogger tampilan terbaru ini merupakan pembahasan lanjutan dari postingan pandbis sebelumnya yang kemarin kami publish yaitu tentang cara membuat blog hanya dalam 1 menit. Di pembahasan kemarin memanglah sudah bisa menjelaskan step by step dalam membuat blog di blogspot, namun untuk belum membahas detail tentang cara mengatur menu-menu di dashboard dan apa fungsinya, padahal hal tersebut sangatlah penting diketahui oleh blogger agar blognya bisa tampil lebih baik dan optimal nantinya.

Saat ini ada banyak layanan yang memungkinkan kita membuat dan dapat memiliki blog gratis sebagai ruang untuk mempublikasikan tulisan dan ide-ide kita baik dalam bentuk teks, gambar, video, dan lainya. Salah satu layanan untuk membuat blog gratis paling populer dengan jutaan pengguna adalah blogger.com atau yang lebih dikenal juga dengan blogspot.com.

Blogspot adalah salah satu layanaan blog gratis yang bisa anda manfaatkan dalam berbagi ide dan informasi –informasi lainya ke seluruh dunia, melalui blogpot ini kalian juga dapat mempromosikan bisnis kalian, bisa berupa produk barang atau jasa. Dan juga dengan aktif ngeblog sahabat juga bisa gabung di program jaringan periklanan yang banyak tersedia seperti program PPC, PPT, CPC, dan google sendiri memiliki program periklanan yang sudah terkenal yaitu Google Adsense. Nah dari jualan dan gabung di program periklanan tersebutlah nantinya sahabat akan mendapatkan penghasilan berupa uang. 

Untuk lebih jauh silahkan baca artikel sebelumnya terkait adsense yaitu Persiapan wajib sebelum daftar ke Google Adsense

Semua pengguna atau admin blog saat masuk masuk akan diarahkan ke dashboard blognya, nah didalam dashboard blogger tersebut terdapat beberapa menu penting yang memudahkan para penggunanya dalam mengoptimalkan blognya . menu-menu tersebut haruslah benar-benar dipahami fungsi dan cara mengaturnya agar blog bisa tampil optimal dan sesuai keinginan. 

Jika sahabat adalah seorang blogger pemula yang mungkin baru sebatas bisa membuat blog di blogspot dan masih dalam tahap belajar mengetahui tentang blogspot sebaiknya pahami dulu tentang fungsi menu dashboard yang dimiliki blogspot,  ini penting dilakukan dulu sebelum sahabat mempelajari tehnik-tehnik lainnya.

Sebenarnya posting sepertiini kelihatan sudah basi sih, namun pandbis berfikir masih banyak teman-teman yang belum memahami benar tentang hal ini, lebih-lebih mereka yang pemula atau baru pertama ngeblog dan sedang dalam proses belajar. Karena blogger sendiri selalu rajin update dengan fitur-fitur dan tampilan terbaru di dashboardnya, dengan alasan itulah pandbis bagikan penjelasan tentang cara mengatur dan setting menu dashboard blogspot terbaru walau mungkin masih belum begitu sempurna.

Baik sahabat, untuk mulai mengenal menu dashboard blogger silahkan lihat dulu gambar yang pandbis tampilkan dibawah ini. 

tampilan dashboard blogger blogspot terbaru

Gambar diatas merupakan gambar dashboard blogger dan berikut ini penjelasan singkatnya. Lihatlah menu-menu dibagian kiri gambar diatas, silahkan dilihat dulu dan mulai berfikirlah kira-kira apa fungsi dari menu-menu tersebut, baru kemudian lanjutkan dengan membaca penjelasan berikut ini:

Mulai dari paling atas yaitu merupakan logo B dengan tulisan blogger yang di dalamnya terdapat link jika di klik akan menuju dashboard home atau tampilan awal seperti saat kita pertama kali masuk /login ke blogger.com.

1. Nama blog dan Ikon panah kebawah

Merupakan nama blog sahabat dan disamping kananya yaitu gambar icon panah kebawah yang berfungsi untuk melihat jumlah blog dan untuk beralih blog lainya jika dalam satu akun sahabat memiliki lebih dari satu blog, melalui jendela tersebut juga terdapat tombol untuk membuat blog baru. 

2. Lihat Blog/View Blog

Tulisan Lihat Blog / View Blog berwarna biru digunakan untuk melihat tampilan blog sahabat yang otomatis terbuka di tab baru, selain itu sahabat juga dapat langsung mengetikkan alamat blog di tab baru untuk view tampilan blog.

3. Postingan

Yaitu dengan gambar icon halaman kertas berfungsi untuk melihat semua posting blog mulai dari postingan terbaru, draft, import post, atau postingan yang diterbitkan. Dari menu tersebut juga terdapat tombol oranye dengan tulisan "entri baru" yang gunayan untuk membuat postingan baru.

Menu ini juga untuk memudahkan kita memanage artikel/postingan di blog, meliputi penulisan artikel baru, jumlah komentar untuk setiap artikel, berapa banyak artikel tersebut ditampilkan untuk dibaca oleh pengunjung blog kita, siapa yang menulis artikel tersebut, hingga informasi tanggal kapan artikel dibuat.

4. Statistik

Menu ini berungsi untuk melihat statistik tampilan halaman blog, dan juga sahabat dapat melihat darimana sumber lalu lintas pengunjung menuju halaman blog sahabat. Dan juga melihat postingan-postingan mana yang paling banyak diminati dan dilihat pengunjung, serta di menu statistik ini sahabat juga dapat melihat dari negara mana saja orang yang melihat halaman blog.

Statistik akan menampilkan data pengunjung blog, anda dapat melihat data pengunjung menurut hari, dan bulan. Menu statistik di bagi menjadi 4 sub menu lagi, yaitu : Ikhtisar, Meliputi jumlah penayangan seluruh artikel di blog, dari penayangan hari ini, kemarin, bulan lalu, dan jumlah total penayangan artikel blog sejak pertama kali di buat. Post, Menampilkan statistik berdasarkan artikel, yaitu artikel mana saja yang sudah dilihat oleh pengunjung. Sumber lalu lintas, merupakan sub menu yang menampilkan dari mana asal pengunjung sehingga dapat menemukan dan membaca artikel kita, apakah dari mesin pencari, atau dari jejaring sosial, atau dari tempat lain. Pemirsa, Menampilkan statistik pengunjung menurut browser yan digunakan untuk mengakses blog kita, kemudian menggunakan sistem operasi apa, windows kah, atau linux,atau mac OS, juga berasal dari negara pengunjung tersebut.

Di menu Statistik ini sahabat juga dapat melihat penayangan hari ini, jumlah artikel yang paling disgemari pembaca, hingga jumlah pengikut blog sobat.

5. Komentar / Comment

Menu tersebut untuk mengatur dan melihat komentar pembaca blog yang masuk di halaman artikel sahabat. Dari sini sahabat juga dapat menghapus, mempublikasikan, atau memasukkan komentar kedalam daftar spam.

6. Penghasilan / Earning

Menu dengan logo dollar ini digunakan untuk memudahkan sahabat memonetasi blog. Sahabat dapat menghubungkan blog dengan akun Adsense yang sobat miliki. Inilah kelebihan blogspot dibanding lainya, jadi disini blogger secara langsung memberikan fasilitas kepada para blogger untuk memperoleh penghasilan dari blognya dengan cara mendaftar ke google adsense. Untuk memunculkan tombol atau menu ini sahabat harus mengatur bahasa blog ke bahasa inggris dulu.

7. Pages / Halaman

Menu ini memungkinkan sahabat untuk membuat halaman mandiri di blog. Sobat dapat membuat laman yang nantinya bisa digunakan sebagai halaman statis, Laman sering di fungsikan sebagai halaman statis untuk menu About, Contact, Site Map, Privacy Policy, Disclaimer, dll. 

8. Tata Letak / Layout

Menu tata letak/Layout berfungsi untuk memudahkan sahabat dalam mengatur tampilan widget pada blog, dalam menu ini merupakan rancangan tampilan blog sobat, mau dibentuk dengan tampilan seperti apa blog nantinya dapat diatur di tata letak ini, fitur-fitur seperti tambah dan hapus widgets, membuat artikel popular, komentar terbaru, FB like box, dirancang dimenu tata letak ini.

9. Tema/Template

Menu ini memungkinkan sahabat mengganti template blog, dan juga sahabat dapat masuk dan mengatur susunan kode script HTML pada blog.

Tema merupakan sebuah file, yang merupakan penyusun tampilan blog kita, tampilan blog dapat disesuaikan sesuai dengan kemauan kita dengan memodifikasi kode template, template blogspot biasanya disusun dengan kode HTML dan CSS.

10. Setting / Setelan

Menu setelan (Pengaturan), Dibagi menjadi tujuh sub menu yang meliputi, Dasar, Pos dan Komentar dan berbagi, Email, Bahasa dan pemformatan, Preferensi penelusuran, lainnya, dan setelah pengguna. 

menu setelah di blogspot

  1. Dasar: Disini sahabat dapat mengatur dan mengedit Judul blog, membuat deskripsi blog, mengatur privacy, alamat blog, konfigurasi https, melihat penulis dan pembaca blog.
  2. Post, Komentar, berbagi : di menu ini memudahkan admin dalam mengatur postingan yang akan ditampilkan di homepage blog, mengatur komentar, dan setting tombol berbagi postingan.
  3. Email : berfungsi untuk mengatur email, seperti notifikasi postingan terbaru, komentar, dan lainya.
  4. Bahasa dan pemformatan : Memudahkan admin dalam mengatur bahsa blog, tanggal dan waktu, serta lainya.
  5. Preferensi penelusuran : fungsinya untuk mengatur Deskripsio meta atau deskripsi penelusuran untuk homepage, kesalahan dan perayapan, perayap dan pengindekan, dan lainya.
  6. Lainya : Ini digunakan untuk mengatur hal-hal seperti penghapusan blog, impor konten, ekspor konten, dan lainya.
  7. Setelan pengguna: Menu ini berisi pengaturan dalam memilih tampilan admin blog, misalnya sahabat ingin tampilkan profil blogger atau google plus kepada pengunjung.


11. Daftar bacaan

Menu ini berisi daftar blog yang sahabat ikuti, dan akan menampilkan cuplikan artikel terbaru dari blog tersebut. Sahabat juga dapat mengatur blog mana yang ingin ditampilkan dalam daftar bacaan disini.

12. Bantuan/Help

Menu bantuan blog

Melalui menu ini sahabat dapat membaca tips-tips terkait pemecahan masalah dan pengoptimalan blog. Jadi pihak blogger sendiri sudah menyediakan halaman yang berisi artikel khusus untuk para publishernya untuk membantu mengatasi segala permasalahan yang terjadi dan kiat-kiat khusus berupa tips dan triks ngeblog agar bisa lebih optimal.

Baik sahabat, terkait belajar mengenal fungsi menu dashboard blogger di tampilan terbaru yang dapat pandbis uraikan. Semoga apa yang teruraikan dihalaman post ini dapat memberikan manfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel