Solusi Saat Kehabisan Ide dan Bahan Artikel Blog

Ada saat dimana seorang blogger mengalami kehabisan bahan materi atau ide dalam menulis artikel blog, sementara agara blog bisa tetap eksis harus sering diupdate dengan informasi-informasi terbaru, inilah yang menjadikan seorang blogger harus kreatif serta pandai mencari bahan materi yang sesuai dengan tema blognya.

Bagi seorang blogger, menulis artikel yang informatif merupakan kegiatn yang menyenangkan, lebih-lebih jika artikel kita mendapatkan respon baik dari pengunjung / pembaca tentu menjadi kebanggaan tersendiri, rasanya ada kepuasan tersendiri karena artikel yang kita tulis ternyata memberikan manfaat untuk orang lain. Namun pada suatu kondisi misalnya sedang tidak mood blogger terkadang mengalami semacam kebuntuan idea tau kehabisan bahan artikel, nah disini pandbis akan sedikit berbagi semacam solusi untuk sahabat blogger yang mungkin sedang mengalami hal tersebut.

Mungkin untuk membuat blog saja cukuplah mudah dan dalam beberapa menit saja blog sudah bisa tayang, namun terkadang kita lupa akan persiapan awal sebelum blog kita buat seperti menyiapkan tema, topik apa yang akan disajikan, sebarapa jauh kemampuan dalam menyajikan topik tersebut, dan lainya. Banyak juga blogger yang membuat banyak blog namun tidak terurus dan ahirnya sia-sia saja karena gak ada yang jadi fokus utamannya. Maka disini diperlukan konsistensi, agar bisa tetap rutin menulis artikel untuk diposting pada blog setiap harinya sehingga blog terus berkembang, informatif, dan tidak terbengkalai seakan tidak ada tuanya. Dan salah satu penyebab banyak blog terbengkalai dan tak terurus adalah admin/pemilik blog lagi malas nulis karena kebingungan akibat kehabisan Ide bahan artikel. 

Jika sahabat blogger sedang kehabisan ide membuat artikel untuk diposting kedalam blog sobat, maka sobat janganlah menyerah dulu, ada banyak solusi yang dapat sahabat lakukan agar mendapatkan kembali ide kreatif dan sebagai bahan membuat artikel blog yang menarik dan informatif.

Blogger Mencari ide dan bahan materi menulis artikel

Pada dasarnya menulis itu pekerjaan mudah dan menyenangkan, namun itu buat mereka yang sudah terbiasa atau sudahmahir serta menguasai banyak materi yang cukup. Tetapi pekerjaan ini tentu akan terasa susah sekali untuk sahabat yang masih dalam tahap belajar menjadi penulis blog dengan berbekal penguasaan materi yang seadanya dan kurang dalam. 

Menulis akan terasa lebih asik dan menyenangkan jika dasarnya memang sejak awal menyukainya atau sudah menjadi hobi, namun akan terasa berat jika ini bukanlah bidang atau kegiatan yang tidak sahabat sukai. Jadi bagi sahabat blogger yang kurang suka menulis perlu pembiasaan serta kemauan untuk menyukai kegiatan tulis menulias artikel sehingga nantinya akan menjadi suatu kegiatan yang terasa menyenangkan.

Untuk tahap awal buat sahabat yang masih belajar menulis artikel, menulislah sesuka hati sobat, topiknya apa aja bebas yang penting bisa sahabat buat kedalam bentuk tulisan yang informatif, jangan terbebani dengan aturan-aturan menulis seperti menulis di buku, novel, cerpen, makalah, dan sebagainya yang memang membutuhkan teknik menulis yang baik dan benar. Tetapi sebagai awaln sekligus untuk bahan pembelajaran, menulislah dengan topik dan gaya tulisaan sesuai yang sahabat bisa, jadi bebas aja dan jangan merasa minder atau apa. Selanjutnya sahabt harus mau belajar dan terus mengasah kemampuan serta meningkatkan dalam penguasan pembendaharaan kata dan bahasa sahabat. Dan juga secara pelan-pelan perbaikilah penggunaan dan penempatan tanda baca dalam tulisan yang sahabt buat, maka lama kelamaan nanti sobatjuga akan terbiasa dan semakin mahir dan mudah menulis artikel secara cepat.

Baiklah, mungkin salah satu kendala yang sering membuat kita berhenti menulis adalah kurangnya ide dan bahan untuk membuat artikel. Maka langkah tepat perlu dilakukan dan ini harus segera di antisipasi sebelum itu terjadi, dan salah satu cara mencari ide untuk bahan artikel blog adalah dengan melakukan tips kreatif sebagai langkah-langkah tepat yang solutif sebagai berikut:

1. Perbanyak membaca buku, Majalah, dan Surat Kabar

Dengan membaca buku kalian diharapkan menemukan ide-ide segar untuk membuat artikel blog. Ini karena membaca buku akan menambah pengetahuan kalian sekaligus memperbaiki pembendaharanaan bahasa kalian.

2. Menonton Acara Televisi Dengan Tem Yang Sama

Menonton trelevisi seperti acara-acara yang mendidik serta menginspirasi juga akan membuka pikiran kita dalam menemukan ide kreatif untuk bahan artikel. Pilihlah acara yang memang banyak memberikan inspirasi dan membuka kreatifitas sahabat, kemudian pahami dan buatlah semacam catatn ringkas terkait poin-poin penting sebagai bahan pengembangan dalam menulis artikel nanti.

3. Lakukan blogwalking 

Ini yang biasa dilakukan banyak blogger selama ini. Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain di search engine. Sobat bisa meluhat dan membaca artikel di blog/website yang sobat kunjungi dan mencari ide-ide segar disitu. Tetapi ingat ! jangan copas artikelnya. Cari saja inti dari pokok bahasanyang ada kemudian rewrite atau tulis ulang dengan gaya bahasa sobat agar artikel kelihatan fresh.

4. Refresing - jalan-jalan ke tempat wisata

Gak ad salahnya meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat wisata baru yang ada. Dengan pergi ke tempat wisata tersebut mungkin sahabat akan menemukan hal-hal baru yang dapat dibuat sebagai bahan artikel. Selain itu pergi berwisata juga akan membuat diri kalian senang dan pasti mood juga akan kembali segar.

5. Temukan teman baru atau cari pergaulan baru

Banyak teman merupakan hal yang baik, maka manfaatkanlah itu dengan menggali ilmu dn informasi baru, dengan mendapatkan teman dan pergaulan yang baru sahabat harus dapat menimba informasi dan pengetahuan dari mereka, dengan begitu sahabat akan bisa menemukan ide-ide kreatif terbaru untuk bahan tulisan.

6. Gabung di forum atau group facebook

Dengan bergabung di forum-forum terkenal dan grup facebook mungkin sobat akan menemukan ide untuk bahan artikel. Jangan malu bertanya di forum atau grup, jadilah anggota aktif disitu. Dari beberapa tread dan bahan diskusi disitu secara tidak langsung akan memancing kalian ikut berfikir. Nah dari situ mungkin sobat akan dapatkan ide dan pengetahuan baru.

7. Gabung atau membuat komunitas Blogger di derah sahabat

Dengan bergabung atau membuat komunitas blogger di derah sahabat, tentu nantinya sahabat dpat bertukar pikirn dan wwasan terkait kegiatan ngeblog. Dari situ pengalaman dan ilmu baru akn sahabat dapatkan dan tentu bis jadi bahan dalam membuat tulisan yang bagus.

Penting buat kita semua bahwa jika ingin menjadi seorang blogger yang sukses, maka jangan pernah menyerah sob, ketika kondisi mood menulis sedang ngedrop lakukanlah segera langkah antisipatif dengan solusi tepat dan segera beri motivasi diri sendiri agar semangat kembali berkobar.

Dan tulisan ini memang sebagai solusi berupa tips mecari ide utuk menulis artikel blog jika sahabat sedang kehabisan bahan materi untuk update artikel.

Seorang blogger yang sukses dalah mereka yang selalu konsisten dan terus memberikan informasi yang bermanfaat dan tanpa adanya path semangat. Sukses disini bukan berarti harus diukur dari segi materi tetapi bisa bermacam-macam bentuknya. Jadi teruslah berkarya dan berikan ide dan gagasan, serta informasi terbaik untuk banyak orang, dengan begitu akan ada imbalan nyata yang akan sahabat dapatkan atas jerih payah yang sudah sahabat lakukan dalam memberikan informasi berupa artikel/tulisan yang baik dan berkualitas pada blog sahabat. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel