Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 HAL INI YANG PENGARUHI KESUKSESAN BELAJAR KALIAN

Belajar merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh semua orang untuk mengetahui dan menguasai suatu pengetahuan. Kita lahir sejak dini tidak dibekali dengan ilmu pengetahuan, namun kita dibekali otak yang sempurna dari makhluk lainya untuk berfikir dan mengenal segala hal terkait alam dan sang penciptanya. Karena itulah semua harus melalui proses belajar ilmu pengetahuan lebih dulu untuk mengenal alam dan segala proses kehidupan termasuk sang pencipta. 

Disamping itu juga belajar membutuhkan metode dan cara yang benar agar nanti tidak salah dalam menerima ilmu pengetahuan, harus dari sumber, mentor, dan juga teknik belajar yang benar. Walau sejatinya manusia adalah makhluk yang sempurn karena dibekalai otak tanng komplit, namun pada dasarnya kemampuan menerima dan memahami suatu materi pembelajaran antara satu orang dan lainya berbeda-beda, ada yang cepat dan ada yang butuh waktu lebih lama, ada yang cocok dengan teknik dan metode A, namun ada juga yang lebih pas dengan teknik dan metode B. Untuk itu mulai sekarang kenalilah teknik dan metode belajar yang cocok untuk kalian.

Sukses tentu menjadi impian bagi setiap orang, semua ingin sukses dan berhasil. Begitu juga dengan kalian yang masih sebagai seorang pelajar di sekolah baik tingkat SMP/SMA atau sebagai mahasiswa di perguruan tinggi. nah, untuk itu kali ini belajar kreatif bagikan beberapa tips sukses dalam belajar bagi kalian yang masih pelajar. Disini juga akan dijelaskan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan dalam belajar kalian.silahkan simak baik-baik.

Sukses adalah keberhasilan baik dalam proses maupun hasil. Nah, faktor-faktor yang dapat mempengarhi kesuksesan dalam belajar kalian dapat dibagi menjadi tiga yaitu faktor lingkungan sekitar, faktor sarana belajar, dan cara belajar kalian sendiri.

Anak belajar sukses

Disini Pandbis.com belum dapat menguraikan tentang teknik dan metode belajar untuk kalian, namun akan kami ulas tentang faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam belajar klian yang mana akan terpengaruhi oleh tiga hal berikut ini.

1. Faktor lingkungan sekitar

Lingkungan yang paling dekat dengan kalian tentunya lingkungan sekitar, yaitu seperti orang tua, guru, dan teman-teman kalian. Meskipun kecerdasan sangat mempengaruhi kesuksesanmu, namun, faktor luar juga sangat berpengaruh terhadap hal itu. Peran orang tua dan guru juga sangat penting dalam pembentukan kepribadian, pola pikir, perilaku, maupun pendidikan seorang anak.

Faktor lain yang ikut berperan dalam kesuksesan seorang anak adalah faktor pergaulan dengan teman sebayanya. Ralph Waldo Emerson mengatakan “Saya membayar kepala sekolah tetapi anak-anak sekolah lah yang mendidik anak laki-laki saya”. Maksudnya adalah saat seorang anak terlepas dari pegawasan orang tua dan guru, saat inilah peran mereka digantikan dengan teman sepergaulanya. Jika anak salah bergaul dengan teman sebayanya maka akan berakibat tidak baik bagi anak itu. Maka sebaiknya orang tua dan guru juga harus mengetahui dengan siapa sang anak bergaul.

2. Faktor sarana belajar

Sarana belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan kalian dalam belajar. Dalam hal ini yang dimaksud sarana adalah misalnya seperti tersedianya buku-buku yang berkualitas, tersedianya tempat belajar yang nyaman dan aman dari gangguan lain yang membuyarkan konsentrasi kalian dalam belajar. Alat bantu seperti komputer dan internet juga merupakan salah satu sarana yang yang bagus buat mendukung proses belajar dan memahami sesuatu. Alat seperti komputer dan internet  tentu dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas sekolah.

3. Faktor cara belajar yang kalian lakukan

Ada begitu banyak gaya dan metode belajar yang dapat kalian gunakan. Namun, itu tentu tergantung bagaimana kalian menjalaninya. Jika kalian malas belajar tentu hasilnya juga tidak bagus bukan. Maka rajinlah belajar dan pilih metode belajar yang tepat dan nyaman untuk kalian jalankan dalam proses belajar.

Kalian tahu siap itu Bill Gates, dia adalah seorang pendiri Microsoft dan saat ini menjadi orang terkaya di dunia, di telah banyak menjadi motivator sekaligus role model nyata yang masih hidup di dunia saat ini. Dia membuat salah satu ungkapan yang terkenal kaitanya dengan proses belajar yang baik dan sukses. “You do it bit by bit”. Dia mengungkapkan itu untuk menjelaskan proses pembuatan program komputer. Pembuatan program komputer memakan waktu yang panjang yang tidak bisa dilakukan seketika. Proses itu juga memerlukan energy besar dan pikiran yang mendalam untuk menyelesaikannya. Ungkapan itu juga bisa diterapkan dalam proses belajar.

Pada umumnya para siswa masih terbiasa dengan belajar pada saat-saat akhir, sehari sebelum ulangan. Tentu tidak heran jika prestasi belajarnya juga kurrang baik. jadi belajarlah secara berkesinambungan, komplit dan konsiten. Jangan ambil cara instan seperti hanya ketika malam ujian saja. Ini tentu hasilnya juga kurang maksimal dan memuaskan.

Dalam belajar tentu tidak lepas dengan aktivitas membaca, maka cara sobat membaca juga akan berpengaruh terhadap hasil belajar kalian. Untuk itu sahabat harus dapat mengetahui juga tentang cara membaca cepat dan mudh memahami suatu materi pembelajaran dengan cepat pula. Dan untuk hal ini akan pandbis uraikan dalam artikel berikutnya, sobat tunggu saja edisi berikutnya ya.

Dan uraian terkait tiga hal yang dapat mempengaruhi kesuksesan belajar diatas, merupakan hal umum yang terjadi berdasarkan penelitian dari beberapa peneliti yang ada. Maka penting sekali sahabat mengetahuinya lebih-lebih kaliaan yang masih duduk dibangku sekolah atau kuliah. Terimakasih atas kunjungannya dan semoga apa yang pandbis bagikan kali ini bermanfaat.