10 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Dana Pendidikan anak menjadi salah satu kebutuhan yang harus disiapkan oleh para orang tua, ini agar anak dapat terjamin pendidikannya hingga ahir dengan lancar tanpa adanya kendala terkait masalah biaya.

Salah satu tujun berumah tangga adalah memiliki keturunan (anak), dan ketika kita sudah berumah tangga dan memiliki anak, salah satu hal penting yang perlu disiapkan adalah dana pendidikan anak, ini karena pendidikan anak sangatlah penting sekali dibuat perencanaan sejak awal.

Dalam penyelenggaraan pendidikan, biaya menjadi salah satu unsur penting yang tidak dapat ditawar. Biaya pendidikan ini yaitu mencakup keseleruhan biaya yang berasal bisa dari masyarakat, dari orang tua, dan juga pemerintah baik yang berwujud uang ataupun dalam wujud atau bentuk lain seperti jasa dan peralatan.

Dari adanya biaya pendidikan itulah maka muncul istilah yang disebut dengan pembiayaan pendidikan,  yang pengetiannya yaitu suatu proses untuk mengalokasikan sumber-sumber dalam kegiatan atau program-program dalam pelaksanaan operasional pendidikan. 

Menyiapkan dana pendidikan

Jenis-Jenis Pembiayaan Pendidikan


Sebelum masuk ke langkah menyiapkan dana pendidikan, alangkah baiknya kita bahas dulu tentang jenis pembiayan pendidikan menurut perundangan dan tata aturan yang berlaku di Indonesia.

Seperti yang tertuang dalam PP. No.19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan pada Bab IX yaitu Standar Pembiayaan, dan Pasal 62 disebutkan bahwa:
  1. Pembiayaan pendidikan terdiri atas biaya investasi, biaya operasi, dan biaya personal.
  1. Biaya investasi satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) meliputi biaya penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan sumberdaya manusia, dan modal kerja tetap.
  1. Biaya personal sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) meliputi biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh peserta didik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.
  1. Biaya operasi satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) meliputi:
  • Gaji pendidik dan tenaga kependidikan serta segala tunjangan yang melekat pada gaji.
  • Bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan
  • Biaya operasi pendidikan tak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, asuransi, dan lain sebagainya.

Terkait dana pendidikan ada banyak pilihan cara menyiapkannya, misalnya memilih melalui ikut produk investasi, asuransi pendidikan, tabungan pendidikan dan produk lainya yang legal dan dapat menjamin keaamanan dana kalian.

Merencanakan dana pendidikan anak menjadi sebuah hal yang penting dilakukan, ini agar pendidikan anak dapat terjami dan berjalan sesuai target yang diharapkan. 

Bagaimana caranya menyiapkan dana pendidikan anak?

Seperti yang dijelaskan oleh situs parenting.co.id, bahwa ada beberapa tips mudah menyiapkan dana khusus untuk pendidikan anak-anak seperti berikut ini:

  1. Berifikirlah bahwa anak mutiara yang harus selalu dijaga dan dirawat dengan penuh kasih perhatian. 
  2. Rencanakan dan alokasikan dana untuk kebutuhan pendidikan anak bersama istri/suami.
  3. Usahakan setiap anak memiliki rekening yang berbeda memakai nama orang tua atau nama masing-masing anak.
  4. Lakukan mulai mencicil dana tabungan/investasi pendidikan sejak anak lahir, bila perlu lakukan sebelum anak lahir. Karena semakin lama jangka waktu menabungnya akan semakin baik dan besar pula nilai investasinya.
  5. Harus konsisten mencicil di depan saat terima gaji (maksudnya bayar dulu dana pendidikan, baru belanja Rumah Tangga).
  6. Beli asuransi jiwa murni (term life) bagi pencari nafkah tak terkecuali ayah atau ibuk.
  7. Naikkanlah cicilan dana pendidikan jika terjadi kenaikan gaji.
  8. Jika ada rejeki tambahan, sisihkanlah dan masukkan ke dalam rekening dana pendidikan untuk anak-anak.
  9. Sebaiknya tempatkan dana pendidikan dalam beberapa produk investasi, ini agar dan pendidikan dapat berkembang.
  10. Hindarilah asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan karena return yang rendah, dan pakailah instrumen investasi di atas sesuai dengan jangka waktu, dan proteksi jiwa sang pencari nafkah.


Dengan mengikuti beberapa tips praktis menyiapkan dana pendidikan anak diatas diharapkan para orang tua dapat memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel