Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Membangun Jaringan Dan Mitra Bisnis Potensial

Ketika kita menjalankan suatu bisnis salah satu hal yang dibutuhkan untuk membesarkan bisnis tersebut adalah dengan membangun jaringan dengan mitra bisnis potensial, karena dengan begitu bisnis kita akan cepat menyebar dn dikenal banyak orang, dan peluang untuk berkembang lebih besar terbuka lebar.

Ketika kita dapat membangun jaringan bisnis dan mendapatkan mitra potensial tentu jadi suatu langkah bisnis yang tepat dan pastinya menguntungkan. Berbisnis tidak asal melakukan tindakan yang tanpa adanya strategi bisnis secara tepat dan sesuai. Mungkin sobat sedang mengembangkan bisnis atau bahkan mau merintis dan membanguns sebuah bisnis. Sebaiknya kuasai dulu tips trik membangun jaringan bisnis berikut ini agar nanti dalam bisnis sobat tidak mengalami kesulitan dalam memasarkan mengenalkan bisnis yang sobat geluti.

Cara membangun jaringan bisnis potensial

Dalam bisnis apapun yang kaitannya dengan pemasaran tentu ada tips trik yang harus di kuasai oleh seorang pebisnis. Tanpa dukungan strategi pemasaran yang jitu, bisa dipastikan bisnis  sobat tidak bisa berkembang dengan optimal dan lambat laun akan tenggelam ditengah persaingan pasar yang semakin hari semakin padat. Karena itulah, penting bagi sobat untuk memperluas jaringan pasar yang ada guna mempromosikan keberadaan bisnis.

Kaitannya dengan membangun mitra bisnis berikut ini pandbis.com berikan beberapa tips tentang langkah tepat dalam membangun jaringan bisnis potensial secara mudah, tepat dan menguntungkan.

1. Berpenampilan yang baik dan rapi, dan selalu percaya diri

Penampilan mencerminkan kepribadian seseorang, maka menjaga penampilan itu penting, buatlah diri kalian tampil meyakinkan dihadapan orang lain. Dan jangan lupa selalu percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain untuk menjaga agar diri anda adalah orang yang baik, smart dan dapat dipercaya.

2. Jangan Merasa Malu dan Gengsi

Dalam mebangun jaringan bisnis jangan sesekali merasa gengsi dan malu dengan keadaan yang sobat lakukan. Bahkan wanita karir sekelas Karren Brady saja mengakui masih sangat sulit menemukan cara yang tepat untuk membangun network. Namun menurutnya bila kita sudah memulainya, kita akan sadar betapa produktifnya membuat network. Jadi lakukanlah, jangan malu. Bicaralah pada banyak orang dan biarkan mereka mengenal Anda.

3. Bersikaplah ramah, sopan & berikan senyum kepada orang lain jika bertemu

Ingat, disamping senyum adalah ibadah. Senyum juga menyimpan kekuatan besar yang dapat menghipnotis seseorang untuk lebih respect dan perhatian kepada kita. Jangan pernah meremehkan kekuatan "senyum". Peter Handal, pengusaha sekaligus penulis buku "How To Win Friends And Influence People" menjelaskan bahwa senyum adalah kunci dari membangun network. "Orang akan lebih terbuka bila pada kita yang murah senyum, dibandingkan dengan orang yang bermuka masam," terangnya. Maka ambil pelajaran dari Peter Handal ini. Selalu tersenyum dan bersikaplah ramah dan sopan terhadap siapapun.

4. Ingat bahwa kesempatan ada dimana-mana untuk sahabat


Ingat bahwa kesempatan itu memang ada dimana-mana dan kapanpun bisa datang. Jadi manfaatkanlah kesempatan itu sebaik mungkin. Bicaralah pada setiap orang yang sobat temui, bahkan yang tidak di kenal sekalipun. Jangan membatasi hubungan hanya di lingkungan bisnis saja. Di toko buku, supermarket, bahkan di kereta. Sobat tak pernah tahu apa yang akan sobat temui. Berbicara dengan banyak orang secara tak langsung juga membangun percaya diri sobat. Percayalah, ini akan membantu karir sobat. Yakinkan diri sobat bahwa sobat merupakan orang yang bisa berkembang dan maju untuk meraih sukses dalam bisnis.

5. Jangan Pernah Katakan Tidak Untuk Tawaran Bisnis Dari Siapapun

Jika anda menerima tawaran atau ajakan dari teman atau orang lain untuk bergabung dalam bisnisnya, jangan pernah tolak dan katakan tidak, namun pelajari dn pahami dulu sistemnya serta sejauh man prospek kedepannya. Jika cocok bergabunglah, namun jika merasa kurang cocok kasih penjelasan dengan bahas yang baik dan bersahabat kepada si pengajak tadi, dan tetap jaga hubungan baik karena siapa tahu dia atau sobat bisa menjalin kerjasama dengan bisnis lainya.

6. Tunjukkan bahwa diri kalian adalah orang yang hebat dan jadilah pemberani


untuk menjadi pemberani terkadang dibutuhkan sebuah motivasi dan spirit dalam diri seseorang. Jika sobat ingin sukses membangun network,  maka jadilah orang yang pemberani. Kebanyakan wanita Amerika tidak takut menyampaikan rasa keberatan. Ini patut dicontoh, jadilah pemberani dalam hal penyampaian isi hati dan pikiran kita.

7. Terima & hadapi penolakan

Mungkin suatu saat sobat akan menerima penolakan dari seseorang. Maka itu harus diterima dan jangan menyerah. Tetap maju dan hadapi penolakan itu dengan pembuktian yang harus sobat lakukan. Jangan khawatir terhadap penolakan-penolakan yang sobat alami selama membangun network bisnis. Anggaplah penolakan itu sebuah pengalaman. Lebih baik ditolak, daripada kehilangan kesempatan bertemu seseorang yang menarik untuk diajak berbisnis. 

8. Perbanyak teman


Terkadang rezeki datang tanpa diduga dari teman pergaulan kita. Ini jelas tidak bisa dipungkiri. Semakin orang memiliki banyak teman maka semakin mudah pula menerima informasi-informasi penting yang bermanfaat.

9. Selalu jaga hubungan baik kepada siapapun

Terkadang ketika seseorang sudah berhasil mendapatkan sesuatu keuntungan dari orang lain dia akan pergi dan menjauh dari orang tersebut. Sikap ini tidak benar dalam membangun jaringan. Jadi ketika sobat sudah berhasil membangun beberapa jaringan bisnis. Usahakan tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang tersebut. Sebisa mungkin, ingat namanya. Sebab sobat tidak tahu, suatu hari mungkin akan butuh bantuannya. Bersikaplah seperti awal ketika sobat juga membutuhkannya.

10. Butlah dan atau bergabung dengan banyak komunitas

Dengan membuat atau ikut bergabung dengan banyak komunitas, secara otomatis sahabat akan mendapatkan lebih banyak teman, dari komunitas inilah sahabat dapat mulai mengajak dan membangun jaringan bisnis yang lebih luas.

Dengan sepuluh tips membangun jaringan bisnis tersebut, semoga dapat memberikan motivasi serta inspirasi buat sahabat pandbis yang lagi butuh tips terkait mitra bisnis potensial.