10 Strategi Cara Memulai Usaha Yang Benar

Sukses memulai dan membuka usaha baru tidaklah semudah seperti dalam angan, semua butuh perjuangan dan kerja keras sekligus kerja cerdas, jadi tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak dari kita begitu saja membuat sebuah usaha tanpa dibarengi dengan strategi dan perencanaan yang matang dalam mengelolanya, itulah yang sering dialami pengusaha pemula dan ahirnya macet ditengah jalan. Jadi memulai dan membuka usaha tidak cukup dengan memiliki modal secara materi dan keberanian saja, namun perlu planning dan langkah nyata untuk membuat suatu usaha bisa berkembang sesuai yang diharapkan.

Dalam memulai usaha dibutuhkan keberanian serta pengetahuan yang cukup tentang usaha yang akan dijalankan, sebab ketika semua pengetahuan tentang usaha tersebut dikuasai maka otomatis anda tidak akan kesusahan dalam mengelolanya untuk menjadi besar dan maju.

Nah sekarang pertanyaanya yaitu bagaimana jika kita ingin memulai dan membuka usaha namun belum tahu banyak tentang usaha apa yang hendak dijalankan?

Jika sahabat memiliki keinginan dan berencana membuat sebuah usaha namun belum ada ide ataupun bayangan tentang usaha apa yang musti dijalankan, mungkin halaman ini adalah materi yang tepat untuk sahabat baca dan pahami benar-benar karena kali ini pandbis akan bagian beberapa tips dan strategi cara memulai usaha khususnya untuk para pemula. Dan berikut ini setidaknya ada 10 poin penting yang kami ulas dengan penjelasannya.

Strategi cara membuka usaha untuk pemula
    1. Berdasarkan Hobi

    Ini merupakan cara paling mudah, serta enjoy untuk ngejalaninnya karena otomatis sahabat akan lebih memahami dengan bidang yang di tekuni selama ini berdasarkan hobi. 
    Contoh misalnya: bisnis kue, tanaman bunga, buka bengkel dan layanan catering.

    2. Karen Terdesak Kebutuhan

    Contoh saja seperti biaya sekolah, karena kebutuhan orang tua tak mencukupi, sehingga terpaksa sahabat jualan pakaian, kue, koran, majalah, dll. Kondisi ini memang adalah cara yang sulit, tetapi dengan kerja keras, sukses adalah hal yang sangat mungkin.

    3. Karen diajak teman, keluarga atau kolega untuk ikut MLM ( Multi level marketing). 

    Dengan modal relative kecil dan system network yang baik, sobat sangat berpeluang untuk sukses dalam bisnis ini. Untuk itu ambil peluang apapun yang ditawarkan oleh teman selagi itu bisa sahabat jalani.

    4. Inspirasi dari Koran, TV, internet, obrolan teman kantor, rumpi-rumpi tetangga atau lagi jalan-jalan sore. 

    Begitu kamu dapatkan ide atau inspirasi, dan melihatnya sebagi peluang yang “WOW” Jangan ragu, langsung sja action dan memulai langkah kalian untuk menjalankan ide tersebut. Jangan sampai didhului oleh temanmu atau orang lain. Ingat sukses selain dibutuhkan kerja eras, juga dibutuhkan langkah cepat untuk meraihnya.

    5. Melanjutkan usaha keluarga

    Jika sahabat memiliki usaha keluarga yang masih terlihat biasa-biasa saja, maka sebagai generasi penerus dengan ide-ide cerdas, bangunlah usaha keluarga tesebut kembali, berikan inovasi produk dan perluas jaringan pemasaranya. Maka pada ahirnya dengan tangan dingin sobat bisnis jadi lebih berkembang dan maju.

    6. Untuk mengisi waktu luang, seperti pensiunan, penulis, dan lainya.

    Sebuah usaha hanya untuk mengisi waktu luang memang terasa tidaklah tepat, namun maksud disini adalah ketika kita memiliki waktu luang yang terbuang sia-sia, kenapa tidak kita manfaatkan untuk berbisnis dengan membangun sebuah usaha. Misalnya saja seperti membuka toko kelontong, counter voucher HP, refill air mineral, dan bahkan jenis usaha konsultan.

    7. Melihat peluang 

    Kalian dapat melihat peluang bisnis di tempat kerja, usaha teman, dan semua hal yang berbau bisnis di sekitar rumaht, seperti usaha Laundry, rental PS (plays Stations), cleaning servis, dll.

    8. Untuk memanfaatkan ilmu dan skill sobat

    Seperti misalnya usaha penerjemahan, konsultan property, took/servis komputer, dan bimbingan belajar.

    9. Membangun usaha dari hasil mengikuti Kursus

    Misalny mengikuti coaching, diklat, training, dan lokakarya, seperti sablon, elektronika dan salon. Kemudian setelah paham dan bisa, melanjutkannya dengan action dengan usaha mandiri.

    10. Terinspirasi bisnis dri tempat kerja

    Jika sahabat awalnya adalah seorang kryawan, sahabat daapat meniru bisnis di tempat asal kerja lalu buka usaha yang serupa, namun jangan plagiat seperti memalsukan produk ya. Itu jelas perbuatan yang melanggar hukum. Maka sebaiknya pakai merk baru yang berbeda.
      Sepuluh poin diatas merupkan langkah ataupun strategi cara memulai usaha untuk pemula yang pandbis rekomendasikan. Semoga apa yang kami jelaskan kali ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi buat sahabat pandbis semuanya.

      Berlangganan update artikel terbaru via email:

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel