6 Teknik Mencuci Lensa Kamera Secara Benar Dan Aman

Teknik mencuci lensa kamera secara benar dan aman perlu diketahui oleh seorang fotografer. Dengan mencuci lensa dengan benar ini agar kualitas kamera tetap terjaga dengan baik.

Mencuci lensa kamera adalah salah satu dari langkah perawatan kamera anda. Tetapi  mencuci lensa kamera juga tidak boleh asal-asalan, harus dengan teknik dan cara yang benar.

Dengan perawatan lensa menggunakan teknik dan cara yang benar dan aman akan membuat kamera lebih awet dan terjaga kualitasnya.

camera lens cleaning tutorial

Lensa merupakan bagian terpenting dalam sebuah kamera. Tanpa adanya lensa tentu kamera tidak bisa menangkap gambar objek yang dibidik. Lensa kamera juga menentukan kualitas bagus tidaknya hasil gambar yang kita foto. Karena fungsi pentingnya itulah kenapa lensa kamera memiliki harga yang sangat  mahal.

Bayangkan untuk sebuah lensa kamera DSLR harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Ini berbeda dengan kamera digital biasa yang harganya hanya kisaran ratusan ribu saja.


Harga lensa kamera yang begitu mahal membuat kita harus berhati-hati dalam pemakaian dan rajin mencuci lensa kamera. Untuk menjaga kualitas dan keawetan lensa kamera, kita harus melakukan pembersihan di bagian lensa kamera secara benar.

Lalu bagaimana cara mencuci lensa yang benar? Ada beberapa teknik yang harus anda kuasai kaitannya dengan cara mencuci lensa kamera. Anda yang belum paham munkin tips dari belajar fofografer kali ini bisa membantu.

Ada banyak teknik merawat kamera, salah satunya yaitu dengan mencuci lensa kamera. Jangan sampai bersihkan lensa kamera dengan cara ditiup, karena bisa membuat berkembangnya jamur pada lensa. Sebelum dimulai tutorialnya, kami jelaskan dulu peralatan apa saja yang digunakan untuk mencuci kamera ini. Peralatan yang digunakan yaitu:

  • Blower
  • Lenspen (Kalau tidak punya lenspen, boleh pakai kain yang biasa orang pakai untuk lap cermin mata. Tapi harus kain khusus untuk lap lensa ini saja, jangan dipakai untuk lap yang lainnya)

Dan selanjutnya silahkan pahami teknik mencuci lensa kamera berikut ini:

1. Bersihkan tangan Anda

Cuci terlebih dahulu tangan hingga bersih dan keringkan dengan handuk sampai benar-benar kering.

2. Siapkanlah tempat untuk cuci kamera

Siapkan tempat untuk cuci lensa nya. Disarankan agar tempat nya di atas meja dan diterangi dengan sebuah lampu meja.

3. Hilangkan debu yang menempel

Gunakan blower untuk menghilangkan debu dan kotoran yang ada pada lensa kamera

4. Buang debu kecil pada kamera

Buang debu kecil yang masih melekat pada lensa nya dengan menggunakan berus yang ada pada lenspen. Caranya dengan membuat gerakan memutar yang dimulai dari bagian tengah lensa.

5. Bersihkan lensa lagi

Bersihkan lagi lensa dengan menggunakan bagian yang satu lagi. Bersihkan dari minyak, air, pasir atau cap jari yang mungkin ada di kamera.

6. Bersihkan bagian belakang lensa

Gunakan step yang sama dengan cara membersihkan lensa kamera depan yang di atas.

Uraian tentang cara mencuci lensa kamera secara benar kali ini mudah-mudahan dapat membantu anda para fotografer pemula. Selamat belajar dan semoga sukses dengan impian anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel